Juni 21, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Polandia menangkap 18 orang atas tuduhan merencanakan permusuhan atas nama Rusia dan Belarus

Polandia menangkap 18 orang atas tuduhan merencanakan permusuhan atas nama Rusia dan Belarus

WARSAW, Polandia (AP) — Polandia telah menangkap 18 orang selama enam bulan terakhir atas berbagai tuduhan terlibat dalam kegiatan permusuhan atau merencanakan tindakan subversif atas nama Rusia dan negara tetangga Belarus, dan setidaknya satu orang terlibat dalam dugaan komplotan. Untuk membunuh presiden UkrainaSeperti yang dikatakan Menteri Dalam Negeri, Senin.

Menteri Dalam Negeri mengatakan bahwa sepuluh dari mereka yang ditahan sejak bulan Desember terlibat langsung dalam perencanaan berbagai bentuk sabotase, seperti pembakaran, di seluruh Polandia. Thomas Simoniak Katanya dalam konferensi pers.

Di antara mereka yang ditahan adalah warga negara Polandia, Belarusia, dan Ukraina Selama beberapa bulan terakhir, menurut laporan dari Layanan Keamanan Internal.

Seorang pria Polandia ditangkap April lalu atas tuduhan bersiap menjadi mata-mata intelijen militer Rusia dalam dugaan rencana pembunuhan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, kata jaksa Polandia. Pria tersebut diduga berusaha menghubungi orang-orang Rusia yang terlibat dalam perang di Ukraina, dan diharapkan menyampaikan informasi rinci tentang lapangan terbang strategis Rzeszow-Jasionka di dekat perbatasan Polandia dengan Ukraina.

Secara terpisah, seorang pria Ukraina dan seorang pria Belarusia diadili bulan lalu untuk mengetahui kehadirannya Anggota jaringan mata-mata Rusia Yang sedang mempersiapkan sabotase kereta api di Polandia pada tahun 2023 dan memantau jalur kereta api yang digunakan untuk mengangkut senjata dan bantuan kemanusiaan ke Ukraina.

Orang-orang tersebut mengakui tuduhan tersebut, termasuk memantau keamanan pelabuhan Gdansk dan Gdynia di Laut Baltik, menurut kantor berita negara. Jika terbukti bersalah, mereka bisa menghadapi hukuman delapan tahun penjara.

Kata Menteri Dalam Negeri Tindakan sabotase Tampaknya itu adalah bagian dari rencana yang lebih luas yang juga mencakup… serangan kafe,Pembayaran imigran di Belarus Untuk menyeberang ke Polandia dan mengancam keamanan negara yang mendukung Ukraina selama invasi besar-besaran Rusia.

READ  Korea Utara mengizinkan warganya yang berada di luar negeri untuk kembali ke negaranya, sebagai tanda pelonggaran lebih lanjut pembatasan pandemi

“Kami yakin atas permintaan negara asing, Rusia, ada beberapa orang aktif yang siap mengancam nyawa, kesehatan, dan harta benda warga Polandia,” kata Szymoniak.