April 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Perusahaan-perusahaan AS dan Vietnam membicarakan bisnis selama kunjungan Biden; Kesepakatan AI dan Boeing terungkap

Perusahaan-perusahaan AS dan Vietnam membicarakan bisnis selama kunjungan Biden;  Kesepakatan AI dan Boeing terungkap

HANOI (Reuters) – Para eksekutif dari perusahaan-perusahaan besar AS dan Vietnam di sektor semikonduktor, teknologi, dan penerbangan bertemu pada hari Senin untuk mencari kemitraan bisnis selama kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Hanoi yang menghasilkan kesepakatan baru di bidang pesawat terbang dan kecerdasan buatan.

Para eksekutif puncak dari Google (GOOGL.O), Intel (INTC.O), Amcor (AMKR.O), Marvell (MRVL.O), GlobalFoundries (GFS.O), dan Boeing (BA.N) menghadiri Konferensi Vietnam-AS. untuk berinovasi. Dan KTT investasi sesuai agenda pertemuan.

Dari Vietnam, terdapat eksekutif dari enam perusahaan, termasuk pembuat mobil listrik yang terdaftar di Nasdaq VinFast, Vietnam Airlines (HVN.HM), perusahaan teknologi FPT (FPT.HM), dan MoMo, dompet elektronik terbesar di negara… oleh pengguna. , selain perusahaan Internet VNG, yang pada bulan Agustus mengajukan penawaran umum perdana di Amerika Serikat.

Dalam pertemuan tersebut, Biden menegaskan bahwa kedua negara berupaya memperdalam kerja sama di bidang komputasi awan, semikonduktor, dan kecerdasan buatan, serta menekankan bahwa Vietnam mempunyai peran yang sangat penting dalam penyediaan pasokan mineral yang vital.

Negara ini memiliki cadangan logam tanah jarang terbesar kedua di dunia, yang digunakan dalam mobil listrik dan turbin angin.

Pertemuan tersebut, yang diadakan setelah peningkatan bersejarah hubungan diplomatik yang disepakati pada hari Minggu, menekankan keinginan Amerika Serikat untuk memperkuat peran Vietnam di dunia. Hal ini terutama berlaku untuk industri chip karena Washington berupaya mengurangi paparan sektor ini terhadap risiko yang terkait dengan Tiongkok, termasuk perselisihan perdagangan dan ketegangan terkait Taiwan.

Kesepakatan yang diungkapkan oleh Gedung Putih selama perjalanan tersebut termasuk Vietnam Airlines yang membeli 50 pesawat Boeing 737 MAX, dalam perjanjian yang dikatakan bernilai $7,8 miliar, sejalan dengan laporan Reuters sebelumnya.

READ  Naksir Halloween di Seoul: Pihak berwenang Korea Selatan mengatakan mereka tidak memiliki pedoman untuk kerumunan Halloween

Presiden AS Joe Biden menghadiri pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong, di markas besar Partai Komunis Vietnam di Hanoi, Vietnam, pada 10 September 2023. REUTERS/Evelyn Hochstein/File Foto Memperoleh hak lisensi

Gedung Putih juga mengumumkan rencana Microsoft untuk menawarkan “solusi berbasis AI yang dirancang khusus untuk Vietnam dan pasar negara berkembang.”

Nvidia (NVDA.O) juga akan bekerja sama dengan FPT Vietnam, Viettel dan Vingroup (VIC.HM), perusahaan induk VinFast, dalam bidang kecerdasan buatan di negara tersebut, katanya.

Gedung Putih juga menyoroti sejumlah investasi terkait chip oleh perusahaan AS di Vietnam, termasuk rencana Marvell dan Synopsis (SNPS.O) untuk membangun pusat desain chip di negara tersebut.

Dia menambahkan bahwa pabrik baru Amcor senilai $1,6 miliar di dekat Hanoi, yang akan merakit, mengemas dan menguji chip, dijadwalkan mulai beroperasi pada bulan Oktober.

Investasi tersebut setara dengan pabrik perakitan chip Intel senilai $1,5 miliar di selatan negara tersebut, yang merupakan pabrik terbesar perusahaan di dunia. Sumber mengatakan awal tahun ini bahwa hal itu mungkin diperluas.

Gedung Putih juga mengatakan bahwa konglomerat AS Honeywell akan bekerja sama dengan mitra Vietnam untuk meluncurkan proyek percontohan pengembangan sistem penyimpanan energi baterai pertama di Vietnam.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Investasi Vietnam Nguyen Chi Dung memimpin pertemuan tersebut, yang dilanjutkan dengan diskusi dengan Biden dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh.

Dung juga mengatakan pada pertemuan tersebut bahwa ia berharap perusahaan-perusahaan Vietnam dapat berekspansi ke Amerika Serikat dan bergabung dalam rantai pasokan global, menurut pernyataan pemerintah.

(Laporan oleh Phong Nyogen, Nandita Bose dan Francisco Guarascio @fraguarascio – Persiapan oleh Mohammed untuk Buletin Bahasa Arab – Persiapan oleh Mohammed untuk Buletin Bahasa Arab) Penyuntingan oleh Edwina Gibbs

READ  Korea Utara menembakkan rudal balistik yang mencurigakan, sehari setelah mengklaim 800.000 orang secara sukarela melawan AS

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru

Francesco memimpin tim reporter di Vietnam yang meliput berita keuangan dan politik paling penting di negara Asia Tenggara yang berkembang pesat dengan fokus pada rantai pasokan dan investasi industri di beberapa sektor, termasuk elektronik, semikonduktor, otomotif, dan energi terbarukan. Sebelum Hanoi, Francesco bekerja di Brussel untuk urusan Uni Eropa. Ia juga merupakan bagian dari tim inti global Reuters yang meliput pandemi COVID-19 dan berpartisipasi dalam penyelidikan pencucian uang dan korupsi di Eropa. Dia adalah seorang yang rajin bepergian, dan selalu membawa ransel untuk menjelajahi tempat-tempat baru.