Mei 24, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Perusahaan Burung Listrik menyatakan bangkrut

Perusahaan Burung Listrik menyatakan bangkrut

Kredit gambar: Gambar Philip Lopez/Getty

burung kaki Untuk Bab 11 kebangkrutandi penghujung tahun yang penuh gejolak bagi perusahaan skuter listrik.

di dalam jumpa pers Bird hari ini menegaskan bahwa mereka telah memasuki “proses restrukturisasi keuangan yang bertujuan untuk memperkuat neraca,” dan perusahaan terus beroperasi seperti biasa dalam mengejar “pertumbuhan berkelanjutan jangka panjang.”

Didirikan pada tahun 2017 oleh mantan CEO Lyft dan Uber Travis VanderZanden, Bird adalah salah satu dari banyak perusahaan rintisan yang menawarkan platform mobilitas mikro tanpa dok di seluruh dunia, yang memungkinkan penduduk kota membayar akses jangka pendek ke skuter listrik atau… Sepeda. Perusahaan ini go public pada akhir tahun 2021 melalui merger SPAC, namun di tengah pasar yang ramai yang dibangun berdasarkan kondisi ekonomi yang dipertanyakan, sahamnya merosot secara permanen, dengan kapitalisasi pasarnya turun dari lebih dari $2 miliar pada debutnya di New York Stock Exchange (NYSE) . Hanya $70 juta Setelah 12 bulan. Penurunan ini menyebabkan Bursa Efek New York mengeluarkan peringatan bahwa harga saham Baird terlalu rendah.

Segalanya tidak membaik, dan dengan harga saham yang terus menurun, CEO VanderZanden akhirnya keluar pada bulan Juni bersama perusahaannya. Dihapus dari Bursa Efek New York di bulan September.

Secara terpisah, Bird juga mengumumkan serangkaian PHK tak lama setelah membeli saingannya Spin seharga $19 juta.

Bird mendarat di Bursa Efek New York Kredit gambar:Spencer Platt/Getty Images

Bab 11

Kebangkrutan Bab 11 akan memungkinkan Baird untuk merestrukturisasi keuangannya tanpa mengganggu operasi sehari-hari, dengan divisi MidCap Financial milik Apollo Global Management di antara pemberi pinjaman yang ada menyediakan pembiayaan sebesar $25 juta melalui proses kebangkrutan.

READ  G20 bergerak maju dengan kerangka kripto internasional

Tujuan utamanya adalah untuk menjual aset Bird, melalui apa yang disebut perjanjian “kuda penguntit” yang memulai proses penawaran yang dirancang untuk mendapatkan nilai sebanyak mungkin dari Bird, dengan pemberi pinjamannya menetapkan tawaran dasar sebelum membukanya kepada pelamar dari luar. Selama empat bulan ke depan.

CEO sementara Michael Washinouchi akan melanjutkan posisinya sebelum dan sesudah restrukturisasi, menurut pernyataan itu.

“Pengumuman ini merupakan tonggak penting dalam transformasi Baird, yang dimulai dengan penunjukan kepemimpinan baru awal tahun ini,” kata Washinouchi. “Kami membuat kemajuan menuju profitabilitas dan bertujuan untuk mempercepat kemajuan tersebut dengan menyesuaikan struktur modal kami melalui restrukturisasi ini. Kami tetap fokus pada misi kami untuk menjadikan kota lebih layak huni dengan menggunakan mobilitas mikro untuk mengurangi penggunaan mobil dan lalu lintas.” Dan emisi karbon.

Perlu juga dicatat bahwa operasi Baird di Kanada dan Eropa bukan bagian dari pengajuan kebangkrutan ini, dan akan “terus beroperasi seperti biasa,” kata perusahaan itu.

Berita terbaru ini muncul hanya satu hari setelah pesaing Micromobility.com dihapuskan dari Nasdaq karena jatuhnya harga sahamnya, dan tiga tahun setelahnya juga go public melalui merger SPAC. Di Eropa, startup skuter dockless Tier telah memberhentikan 22% tenaga kerjanya, menyusul proses kebangkrutan startup e-bike asal Belanda, VanMoof.

Secara keseluruhan, ini bukanlah tahun yang baik bagi dunia mobilitas mikro.