April 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Perang antara Israel dan Hamas: Pembicaraan gencatan senjata diperkirakan akan dilanjutkan

Perang antara Israel dan Hamas: Pembicaraan gencatan senjata diperkirakan akan dilanjutkan

KAIRO (AP) — Pembicaraan yang bertujuan untuk mencapai gencatan senjata di wilayah tersebut tersendat Perang antara Israel dan Hamas Pembicaraan diperkirakan akan dilanjutkan dengan sungguh-sungguh di Qatar pada hari Minggu, menurut pejabat Mesir.

Pembicaraan tersebut akan menjadi yang pertama kalinya para pejabat Israel dan para pemimpin Hamas bergabung dalam perundingan tidak langsung sejak awal bulan suci Ramadhan. Mediator internasional berharap bisa mencapai gencatan senjata enam minggu sebelumnya Ramadhan dimulai awal pekan iniNamun Hamas menolak perjanjian apa pun yang tidak mengarah pada gencatan senjata permanen di Gaza, permintaan yang ditolak Israel.

Namun dalam beberapa hari terakhir, kedua belah pihak telah mengambil langkah-langkah yang bertujuan untuk mengembalikan perundingan, yang belum sepenuhnya terhenti, kembali ke jalurnya.

Warga Palestina melaksanakan salat Jumat pertama bulan suci Ramadhan di dekat reruntuhan masjid yang hancur akibat serangan udara Israel di Rafah, Jalur Gaza, Jumat, 15 Maret 2024. (AP Photo/Fatima Shbair)

Hamas mengajukan proposal baru kepada mediator mengenai rencana tiga tahap yang akan mengakhiri pertempuran, menurut dua pejabat Mesir, salah satunya terlibat dalam perundingan dan yang lainnya diberi pengarahan mengenai hal tersebut. Para pejabat tersebut berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang mengungkapkan isi diskusi sensitif tersebut.

Fase pertama adalah gencatan senjata selama enam minggu, yang akan membebaskan 35 sandera – wanita, orang sakit dan orang tua – yang ditahan oleh militan di Gaza dengan imbalan 350 tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel.

Hamas juga akan membebaskan setidaknya lima tentara wanita untuk setiap 50 tahanan, termasuk beberapa yang menjalani hukuman jangka panjang atas tuduhan terorisme. Pasukan Israel akan mundur dari dua jalan utama di Gaza, sehingga memungkinkan warga Palestina yang kehilangan tempat tinggal untuk kembali ke Gaza utara. Hancur karena pertempuranPara pejabat mengatakan mereka akan mengizinkan aliran bantuan bebas ke wilayah tersebut.

READ  Tiga kota di India termasuk dalam 10 kota paling tercemar di dunia setelah Diwali

Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) mengatakan pada hari Jumat bahwa hampir satu dari tiga anak di bawah dua tahun di wilayah utara yang terisolasi menderita kekurangan gizi akut.

Pada tahap kedua, kedua belah pihak akan mengumumkan gencatan senjata permanen dan Hamas akan membebaskan sisa tentara Israel yang disandera dengan imbalan lebih banyak tahanan, kata para pejabat.

Dalam foto yang diambil oleh militer Israel ini, sebuah kapal yang membawa bantuan kemanusiaan dari World Central Kitchen (WCK) yang dipimpin oleh Uni Emirat Arab, tiba di ruang maritim Jalur Gaza, Jumat, 15 Maret 2024. (Pertahanan Israel Pasukan melalui AP)

Dalam foto yang diambil oleh militer Israel ini, sebuah kapal yang membawa bantuan kemanusiaan dari World Central Kitchen (WCK) yang dipimpin oleh Uni Emirat Arab, tiba di ruang maritim Jalur Gaza, Jumat, 15 Maret 2024. (Pertahanan Israel Pasukan melalui AP)

Pada tahap ketiga, Hamas akan menyerahkan jenazah yang mereka pegang sebagai imbalan bagi Israel untuk mencabut blokade di Gaza dan mengizinkan dimulainya rekonstruksi, kata para pejabat.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggambarkan usulan tersebut sebagai “tidak realistis.” Namun, dia setuju untuk mengirim perunding Israel ke Qatar untuk pembicaraan lebih lanjut.

Para pejabat Mesir mengatakan perundingan tersebut diperkirakan akan dilanjutkan pada Minggu sore, meskipun mungkin ditunda hingga Senin.

Pemerintahan Netanyahu menolak seruan untuk melakukan gencatan senjata permanen, dan bersikeras bahwa mereka harus terlebih dahulu mencapai tujuan yang dinyatakan untuk “menghilangkan Hamas.”

Kantor Netanyahu juga mengatakan pada hari Jumat bahwa ia telah menyetujui rencana militer untuk menyerang kota Rafah, yang terletak di ujung selatan Jalur Gaza, di mana sekitar 1,4 juta pengungsi Palestina – lebih dari separuh populasi Jalur Gaza – berlindung.

Banyak warga Palestina melarikan diri ke Rafah ketika Israel menyerang Gaza setelah perang Serangan Hamas 7 Oktober Di Israel selatan, 1.200 orang tewas dan 250 lainnya disandera.

Amerika Serikat dan negara-negara lain telah memperingatkan hal itu kepada militer Operasi di Rafah bisa menjadi bencanaNamun Israel mengatakan pihaknya berencana untuk melanjutkan penghancuran brigade Hamas yang ditempatkan di sana.

Kantor Netanyahu tidak memberikan rincian atau jadwal operasi di Rafah, namun mengatakan operasi tersebut akan mencakup evakuasi warga sipil. Kata tentara Berencana untuk mengarahkan warga sipil ke “pulau kemanusiaan” Gaza Tengah.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada hari Jumat bahwa Amerika Serikat belum melihat “rencana yang jelas dan dapat diterapkan” untuk melindungi orang-orang yang tidak bersalah di Rafah dari serangan Israel.

Dalam foto yang diambil militer Israel ini, bantuan kemanusiaan yang diangkut dari kapal milik World Central Kitchen (WCK) pimpinan Uni Emirat Arab, tiba di ruang maritim Jalur Gaza, Jumat, 15 Maret 2024. ( Pasukan Pertahanan Israel) melalui AP)

Dalam foto yang diambil militer Israel ini, bantuan kemanusiaan yang diangkut dari kapal milik World Central Kitchen (WCK) pimpinan Uni Emirat Arab, tiba di ruang maritim Jalur Gaza, Jumat, 15 Maret 2024. ( Pasukan Pertahanan Israel) melalui AP)

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan pada hari Sabtu bahwa setidaknya 31.553 warga Palestina telah tewas dalam perang tersebut. Kementerian Tidak ada perbedaan Antara warga sipil dan pejuang dalam hitungannya, tapi katanya Wanita dan anak-anak Mereka merupakan dua pertiga dari korban tewas.

Serangan Israel pada Sabtu pagi menghancurkan sebuah rumah di kamp pengungsi Nuseirat di Jalur Gaza tengah, menewaskan sedikitnya 19 orang, termasuk sembilan anak-anak, menurut catatan Rumah Sakit Martir Al-Aqsa. Seorang jurnalis Associated Press melihat mayat-mayat itu di sana.

Serangan Israel menyebabkan sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza mengungsi dari rumah mereka. Seperempat penduduk Gaza menderita kelaparanMenurut PBB

Sebagai bagian dari upaya menyalurkan bantuan yang sangat dibutuhkan ke Gaza, sebuah kapal dibuka Rute laut dari Siprus Jumat Mereka menurunkan 200 ton pasokan kemanusiaan Dikirim oleh kelompok bantuan global World Central Kitchen kepada warga Gaza utara.

Kelompok tersebut mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka sedang mempersiapkan kapal lain di Siprus yang membawa ratusan ton bantuan menuju Gaza.

Juga pada hari Sabtu, Jerman bergabung dengan sekelompok negara, termasuk Amerika Serikat dan Yordania, dalam melakukan operasi ini Bantuan dari udara Di atas Gaza. Ia juga mendeklarasikan Amerika Serikat yang terpisah Berencana membangun dermaga Untuk mendapatkan bantuan.

___

Penulis Associated Press Bassem Marwa di Beirut dan Jack Jeffrey di Yerusalem berkontribusi pada laporan ini.

___

Versi ini mengoreksi nama kelompok bantuan menjadi World Central Kitchen.

___

Temukan lebih banyak cakupan AP di https://apnews.com/hub/israel-hamas-war