Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pentagon mengatakan tidak ada satu pun bantuan yang diturunkan dari dermaga AS di lepas pantai Gaza yang disalurkan ke masyarakat Palestina secara luas.

Pentagon mengatakan tidak ada satu pun bantuan yang diturunkan dari dermaga AS di lepas pantai Gaza yang disalurkan ke masyarakat Palestina secara luas.

Pusat Angkatan Darat AS/Reuters

Sebuah truk yang membawa bantuan kemanusiaan melewati Dermaga Trident, dermaga sementara untuk pengiriman bantuan, di lepas pantai Jalur Gaza, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas, dekat pantai Gaza, pada 19 Mei 2024.



CNN

Tidak ada satu pun bantuan yang diturunkan Dermaga sementara yang didirikan Amerika Serikat di lepas pantai Gaza Bantuan tersebut telah dikirim ke masyarakat Palestina yang lebih luas, kata Pentagon pada hari Selasa, ketika Amerika Serikat bekerja sama dengan PBB dan Israel untuk mengidentifikasi rute pengiriman yang aman di wilayah kantong tersebut.

Beberapa warga Gaza yang putus asa memblokir truk yang membawa bantuan dari dermaga pada akhir pekan, sehingga mendorong PBB untuk menunda pengiriman sampai tantangan logistik terselesaikan.

Amerika Serikat bekerja sama dengan Israel dan PBB untuk menciptakan “rute alternatif” bagi pengiriman 569 ton bantuan yang aman yang telah ditransfer ke Gaza sejak pekan lalu, kata juru bicara Pentagon Mayjen Pat Ryder pada Selasa.

Ketika ditanya apakah ada bantuan yang diberikan kepada masyarakat Gaza, Ryder berkata: “Sampai hari ini, saya rasa belum.” Dia menambahkan bahwa bantuan tersebut disimpan di area persiapan di pantai, namun pada hari Selasa bantuan tersebut mulai diangkut ke gudang untuk didistribusikan ke seluruh Gaza seiring dengan ditetapkannya rute alternatif.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa Departemen Pertahanan dan PBB masih bekerja untuk menentukan berapa banyak bantuan yang dapat disimpan di wilayah Gaza pada waktu tertentu.

Jumlah bantuan yang mencapai pantai Gaza dari lokasi awal di Siprus kurang dari perkiraan awal Pentagon.

READ  Perang antara Rusia dan Ukraina: Zelensky menuduh Tiongkok membantu Rusia mengganggu pembicaraan perdamaian yang akan datang

Sejak Jumat, lebih dari 569 metrik ton bantuan kemanusiaan telah dikirimkan melalui dermaga sementara, yang disebut JLOTS, atau Joint Logistics Across the Shore, ke pantai Gaza untuk didistribusikan oleh mitra kemanusiaan, kata Ryder. Namun Laksamana Brad Cooper, komandan Komando Pusat Angkatan Laut AS, mengatakan pekan lalu bahwa AS pada awalnya berharap untuk memindahkan 500 ton bantuan per hari melalui dermaga tersebut, dan memperluasnya seiring berjalannya waktu.

Pada akhir pekan, ketika truk mulai mengangkut bantuan yang dikirimkan di dermaga apung, CNN melaporkan bahwa sekelompok pria di Gaza mencegat bantuan tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka tidak percaya bantuan tersebut benar-benar ditujukan untuk rakyat Palestina.

“Saya ragu,” kata Mounir Ayyad, seorang warga Gaza, kepada CNN di dekat dermaga. “Saya tidak mengerti dermaga apung ini, apa maksudnya, dan apa tujuannya. Mereka bilang itu untuk membantu, tapi orang-orang khawatir. Apakah ini bantuan atau yang lainnya? Kita tahu bahwa Amerika Serikat tidak pernah mendukung perjuangan Palestina, jadi tidak masuk akal jika Amerika memberikan bantuan tanpa mendapat imbalan apa pun.

Ryder mengakui pada hari Selasa bahwa beberapa bantuan awal yang dibawa ke Gaza “dicegat oleh beberapa orang yang mengambil bantuan tersebut dari kendaraan tersebut.”

“Kami sepenuhnya menghargai keputusasaan ini, namun juga sepenuhnya menghargai kenyataan bahwa sangat penting bahwa bantuan ini sampai kepada orang-orang yang paling membutuhkan, dan hal ini akan terus menjadi fokus. Jadi saya mengerti, Anda tahu, fokus pada mengapa hal ini tidak terjadi tidak berhasil, atau Mengapa tidak berhasil, namun yang menjadi fokus kami adalah bagaimana kami dapat berupaya memastikan rakyat Palestina mendapatkan bantuan.

Segi lima katanya pada bulan April Tujuannya adalah untuk menyalurkan sekitar 500 ton bantuan – setara dengan 90 truk – per hari kepada warga Gaza yang kelaparan, dengan tujuan mengoperasikan hingga 150 truk per hari. Trotoar akhirnya sampai di sana Menuju ke Gaza Pekan lalu, situasi kemanusiaan di wilayah kantong tersebut memburuk.

READ  Perang Ukraina: Serangan udara Rusia menewaskan dua orang saat kapal kargo gandum Ukraina kedua tiba di Turki

Sonali Korde, asisten direktur Kantor Bantuan Kemanusiaan USAID, mengatakan pekan lalu bahwa kondisi di Gaza “belum membaik, dan dalam dua minggu terakhir kita telah menyaksikan penutupan perbatasan penting, pada saat sangat penting bagi kita untuk melakukan hal yang sama. lihat lebih banyak gerakan bantuan.” Di seluruh Gaza, 2,2 juta orang, total populasi, menghadapi kerawanan pangan akut.

Saya menghadapi Amerika Serikat Sejumlah tantangan dan dermaga tersebut, termasuk perencanaan operasi Israel di Rafah, yang mungkin menimbulkan kekhawatiran keamanan; Permasalahan awal mengenai siapa yang akan memindahkan bantuan dari dermaga ke Gaza, dimana Amerika Serikat telah berulang kali mengatakan tidak akan ada pasukan Amerika di sana; dan tantangan logistik seperti cuaca dan kondisi laut yang terus membatasi kemampuan untuk menggunakannya.

Ryder mengatakan pada hari Selasa bahwa Amerika Serikat terus mendorong agar bantuan disalurkan melalui cara lain, termasuk melalui darat. Ia menambahkan, Menteri Pertahanan Lloyd Austin terus melakukan pembicaraan dengan timpalannya dari Israel mengenai upaya penyaluran bantuan melalui penyeberangan darat, termasuk melalui penyeberangan Rafah.

Ketika Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan bertemu dengan para pejabat Israel sebagai bagian dari perjalanannya ke Timur Tengah pada akhir pekan, pihak Israel menyampaikan pemikiran terbaru mereka mengenai potensi serangan ke Rafah di mana pihak AS mengajukan banyak “pertanyaan sulit.” Menurut seorang pejabat senior pemerintahan. Orang ini mengindikasikan bahwa kedua belah pihak akan melanjutkan diskusi tersebut, namun Israel masih memasukkan komentar dan kekhawatiran Amerika saat mereka terus mengerjakan rencana tersebut. Pejabat itu menambahkan bahwa kedua belah pihak mempunyai tujuan yang sama untuk menghancurkan Hamas.

Sebagai bagian dari diskusi dengan Israel, para pejabat AS juga mengajukan serangkaian “permintaan khusus” mengenai bantuan kemanusiaan, yang mereka setujui untuk dilaksanakan, menurut pejabat tersebut.

READ  Pepohonan kuno membuka pandangan baru yang mengkhawatirkan terhadap pemanasan global

“Saya pikir perundingan tersebut sangat konstruktif, dan sekarang kami menantikan beberapa hal yang telah disepakati di sini dalam beberapa hari mendatang,” kata pejabat itu.

Pada hari Selasa saja, menurut orang ini, lebih dari 370 palet bantuan telah didistribusikan di Gaza.

Amerika Serikat juga melakukan sejumlah pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui kemitraan dengan Angkatan Udara Kerajaan Yordania. Tidak jelas seberapa sering hal ini akan berlanjut; Rader mengatakan pada hari Selasa bahwa ini adalah “pilihan yang tersedia bagi kami” namun menolak mengatakan apakah upaya tersebut akan terus berlanjut “di masa depan.”

Pengiriman bantuan kemanusiaan terakhir yang diumumkan oleh Komando Pusat AS dilakukan pada 9 Mei.

“Ini bukan upaya militer Amerika, ini adalah upaya antarlembaga. Ini adalah upaya internasional. Kami memahami kebutuhan yang sangat mendesak bagi rakyat Palestina saat ini,” kata Ryder tentang upaya untuk mengirimkan bantuan ke Gaza terus bekerja untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan.”

Cerita ini telah diperbarui dengan informasi tambahan.

Sam Fossum dari CNN, Kayla Tosh dan MJ Lee berkontribusi pada laporan ini.