Juli 18, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Penjualan Tesla rebound setelah penurunan harga yang tajam

Penjualan Tesla rebound setelah penurunan harga yang tajam

Penjualan Tesla melonjak selama tiga bulan terakhir tahun 2023 setelah produsen mobil tersebut memangkas harga dan pelanggan bergegas memanfaatkan keringanan pajak mobil listrik – tunjangan yang akan sulit dicapai pada tahun 2024.

Perusahaan Dia mengatakan pada hari Selasa Tesla menjual 484,500 mobil pada kuartal keempat, naik dari 435,000 pada kuartal ketiga dan 405,000 pada kuartal keempat tahun 2022. Selama setahun penuh, Tesla menjual 1,8 juta mobil. Keuntungan tersebut menempatkan Tesla di jalur yang tepat untuk menjual lebih dari dua juta mobil pada tahun 2024, yang dapat menyalip produsen mobil mapan seperti Mercedes-Benz dan Renault.

Peningkatan penjualan selama kuartal keempat akan membantu menghilangkan kekhawatiran investor tentang apakah Tesla mampu mempertahankan dominasinya di pasar kendaraan listrik karena menghadapi persaingan yang semakin ketat dari produsen mobil tradisional.

Selama setahun terakhir, Tesla telah kehilangan pangsa pasarnya karena pesaingnya seperti General Motors, Hyundai, Ford Motor Company, dan Volkswagen karena mereka memperkenalkan lebih banyak kendaraan listrik. Tesla menyumbang setengah dari seluruh kendaraan listrik yang dijual di Amerika Serikat. Pada tahun 2022, Tesla menguasai dua pertiga pasar.

Pembuat mobil listrik Rivian mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka menjual hampir 14,000 mobil dalam tiga bulan terakhir tahun ini. Jumlah ini meningkat secara signifikan dibandingkan tahun sebelumnya namun turun sekitar 10 persen dibandingkan kuartal ketiga.

Di Tiongkok, pasar mobil listrik terbesar, Tesla menghadapi persaingan ketat dari BYD dan produsen mobil Tiongkok lainnya. BYD menjual 526.000 kendaraan listrik sepenuhnya di seluruh dunia pada kuartal keempat, melampaui Tesla, suatu prestasi yang diperkirakan banyak analis otomotif mengingat pertumbuhan pesat perusahaan Tiongkok tersebut.

READ  Black Friday tidak seperti dulu lagi

Produsen mobil Tiongkok telah bergerak lebih cepat untuk menawarkan berbagai model mobil listrik dengan harga terjangkau seiring dengan berkembangnya pasar di luar kelompok kaya yang merupakan pengguna awal teknologi ini. Mereka adalah pelanggan inti yang telah membeli Tesla sepanjang keberadaan perusahaan.

“Pelanggan yang membeli kendaraan listrik saat ini adalah pengguna kedua, yang memiliki kebutuhan berbeda secara mendasar,” kata Shai Natarajan, mitra Mobility Impact Partners, sebuah dana ekuitas swasta yang berfokus pada investasi pada transportasi berkelanjutan. “Mereka peduli terhadap pengurangan total biaya kepemilikan yang nyata dan dapat segera dicapai, serta peduli terhadap kenyamanan.”

Di Eropa, Volkswagen dan divisinya Audi dan Skoda menjual lebih banyak kendaraan listrik daripada Tesla, meskipun Tesla Model Y sejauh ini merupakan model terlaris di benua itu, menurut data yang dikumpulkan oleh perusahaan riset otomotif Schmidt.

Di Amerika Serikat, masyarakat yang tertarik membeli mobil listrik memiliki insentif yang kuat untuk menerima pengiriman sebelum akhir tahun ini karena adanya peraturan baru yang bertujuan untuk mengeluarkan Tiongkok dari rantai pasokan.

Tesla telah memperingatkan di situs webnya bahwa dua versi sedan Model 3 yang lebih murah tidak akan memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit pajak federal sebesar $7.500 setelah 31 Desember. Mobil-mobil itu berisi baterai buatan China. Jerman dan beberapa negara Eropa lainnya juga telah membatalkan subsidi yang diberikan kepada pembeli mobil listrik.

Untuk mempertahankan penjualan, Tesla memangkas harga, menawarkan Model 3 di situs webnya dengan harga di bawah $30.000 setelah memperhitungkan kredit pajak. Pada akhir bulan Desember, jumlah mobil murah yang terdaftar di situs tersebut tampaknya telah berkurang, yang menunjukkan bahwa strategi tersebut berhasil. Namun pemotongan harga tersebut mengurangi keuntungan Tesla, yang turun 44% pada kuartal ketiga dibandingkan tahun sebelumnya.

READ  Gugatan tersebut mengklaim bahwa soda prebiotik Poppi yang trendi tidak "menyehatkan usus".

Tesla mengatakan akan mengumumkan pendapatan kuartal keempat 2023 pada 24 Januari.

Meskipun lebih sedikit kendaraan Tesla yang memenuhi syarat untuk kredit pajak federal pada tahun 2024, perusahaan tersebut berada dalam posisi yang lebih baik daripada sebagian besar pesaingnya. Edisi Kinerja Model 3, yang mencakup peningkatan roda dan rem, masih memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi, seperti halnya semua versi SUV Model Y, menurut Situs web pemerintah federal. Tesla memproduksi baterai untuk mobil-mobil tersebut di pabrik di Nevada yang dioperasikan oleh Panasonic, sehingga dapat memenuhi persyaratan manufaktur lokal.

Hal ini memberi Tesla keunggulan signifikan dibandingkan pesaing seperti Ford, yang mengatakan mobil sport Mustang Mach-E-nya tidak akan memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit di tahun baru.

Ford dan perusahaan lain bergantung pada pabrikan di Tiongkok untuk komponen penting. Ford sedang membangun pabrik baterai di Amerika Serikat, tetapi pabrik tersebut baru akan memulai produksinya pada tahun 2025.

General Motors sedang membangun baterai di pabrik baru di Ohio, namun kesulitan untuk membuat pabrik tersebut beroperasi pada kapasitas penuh. GM mengatakan pada bulan Desember lalu bahwa hanya Chevrolet Bolt yang berhak mendapatkan kredit pajak pada awalnya. Cadillac Lyriq dan Chevrolet Blazer listrik tidak lagi memenuhi syarat.

GM mengatakan pihaknya sedang menyesuaikan rantai pasokannya sehingga kendaraan tersebut dan kendaraan lainnya, termasuk versi listrik dari pikap Chevrolet Silverado dan kendaraan sport Equinox, dapat memenuhi syarat di awal tahun.

Tesla dan produsen mobil lainnya juga dapat memperoleh manfaat dari suku bunga yang lebih rendah di tahun baru. Investor bertaruh bahwa Federal Reserve dan bank sentral lainnya akan mulai menurunkan suku bunga seiring penurunan inflasi.

READ  F, MRVL, PARA, GPS, dan lainnya