Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pengadilan Swedia memutuskan menentang Tesla dalam perselisihan perburuhan; Federasi Finlandia ikut melakukan pemogokan

Pengadilan Swedia memutuskan menentang Tesla dalam perselisihan perburuhan;  Federasi Finlandia ikut melakukan pemogokan

Emma Hanson, presiden IF Metall Stockholms lan, melakukan pemogokan di luar pusat layanan Tesla di Segeltorp, tempat pekerja bengkel di perusahaan mobil listrik Tesla melakukan pemogokan menuntut perusahaan menandatangani perjanjian bersama, di Stockholm, Swedia, 27 Oktober. 2023. Jessica Zhao/Kantor Berita TT/melalui Reuters/File foto Memperoleh hak lisensi

STOCKHOLM (Reuters) – Tesla Inc (TSLA.O) kalah satu babak dalam perselisihan hukum dengan Layanan Pos Swedia pada hari Kamis ketika perselisihan dengan serikat pekerja di negara-negara Nordik meningkat, dengan serikat pekerja Finlandia bergabung dengan blokade pelabuhan yang akan mencegah pembuat mobil dari beroperasi. Mengimpor mobilnya ke Swedia.

Pengadilan Swedia telah memutuskan bahwa PostNord saat ini tidak perlu menyerahkan pelat nomor Tesla yang diblokir oleh pekerja layanan pos, dalam perkembangan terbaru dalam perebutan perjanjian perundingan bersama.

Tesla menghadapi tekanan yang meningkat di negara-negara Nordik dari serikat pekerja yang kuat yang mendukung mekanik IF Metall Swedia yang melakukan pemogokan pada 27 Oktober untuk menuntut kesepakatan bersama dengan perusahaan tersebut.

Serikat pekerja transportasi Finlandia, AKT, pada hari Kamis memutuskan untuk bergabung dalam aksi mogok simpati terhadap Tesla, dengan mengatakan bahwa mereka akan memulai blokade mobil Tesla tujuan Swedia di semua pelabuhan Finlandia mulai tanggal 20 Desember.

Artinya kendaraan atau komponen Tesla yang ditujukan untuk pasar Swedia tidak dimuat oleh pekerja dermaga, kata AKT dalam pernyataannya.

Pengumuman AKT mengikuti keputusan serupa yang dibuat oleh pekerja pelabuhan di Swedia, Denmark, dan Norwegia, yang berarti Tesla akan dilarang mengirimkan mobilnya ke Swedia.

“Merupakan bagian penting dari model pasar tenaga kerja Nordik bahwa kita memiliki kesepakatan bersama dan serikat pekerja saling mendukung,” kata Presiden AKT Ismo Kuku dalam sebuah pernyataan.

READ  Dow Jones berjangka naik: Produksi Apple iPhone 14 Pro terpukul; Pemotongan besar untuk pos meta terlihat

Negara-negara Nordik adalah pasar utama bagi Tesla, yang memiliki kebijakan untuk tidak menyetujui perundingan bersama dan mengatakan bahwa karyawannya menikmati kondisi yang sama baiknya atau lebih baik daripada yang diminta oleh IF Metal.

Dana pensiun besar Denmark mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka telah menjual kepemilikannya di Tesla karena penolakannya untuk melakukan kesepakatan tersebut.

“Kami menjual saham Tesla kami pada 6 Desember, ketika nilai pasarnya mencapai 476 juta kroner Denmark” ($68,9 juta), kata PensionDanmark kepada Reuters melalui email.

Beberapa dana pensiun Swedia juga mendesak Tesla untuk menandatangani perjanjian dengan serikat pekerja tersebut, namun sejauh ini mereka menahan diri untuk tidak menjual sahamnya.

Keputusan pengadilan pada hari Kamis muncul setelah Tesla mengajukan gugatan terhadap PostNord karena para pekerja berhenti mengirimkan pelat nomor untuk mobil barunya dalam aksi mogok simpati, sebuah keputusan sementara sebelum keputusan akhir pengadilan.

“Pengadilan distrik memutuskan bahwa PostNord tidak boleh dipaksa melakukan pengiriman ke Tesla sebelum kasusnya ditutup,” kata Pengadilan Distrik Solna dalam sebuah pernyataan.

Buruh pelabuhan, pengemudi, tukang listrik, dan petugas kebersihan adalah pekerja lain yang menolak, atau mengancam untuk menolak, layanan Tesla karena bersimpati dengan IF Metall.

Serikat pekerja Sekou, yang mengorganisir para pekerja PostNord di balik aksi mogok simpati, menyambut baik keputusan pengadilan terbaru.

“Hal ini terkait dengan model perjanjian kolektif Swedia, dan terdapat konsensus mengenai hal ini secara politik dan antar pihak di pasar tenaga kerja,” kata presiden SICO Gabriella Lavecchia kepada Reuters melalui email.

Tahun lalu, Norwegia merupakan pasar Tesla terbesar keempat dalam hal penjualan mobil baru. Swedia adalah perusahaan terbesar kelima di negara itu, dan Tesla Model Y adalah mobil terlaris di Swedia tahun ini.

READ  Pasar Asia jatuh karena ketegangan meningkat antara Ukraina dan Rusia

Dalam kasus yang melibatkan PostNord, pengadilan memutuskan pada 27 November bahwa Otoritas Transportasi Swedia harus menemukan cara untuk mendapatkan pelat nomor Tesla. Agensi mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Tesla dan IF Metall tidak segera menanggapi permintaan komentar.

“Ini gila,” kata CEO Tesla Elon Musk dalam komentarnya di media sosial

($1 = 6,9101 Krone Denmark)

(Laporan oleh Anna Ringström dan Marie Maness di Stockholm – Persiapan oleh Muhammad untuk Buletin Arab) Anne Kuranen di Helsinki; (Laporan oleh Johan Ahlander dan Jacob Gronholt Pedersen) Penyuntingan oleh Kirsten Donovan dan Nick Zieminski

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru