Maret 5, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pemilu Indonesia, peluncuran roket H3 Jepang, pendapatan kakao

Selamat datang di minggu Anda di Asia.

Indonesia mengadakan pemilihan presiden minggu ini untuk menentukan pemimpin berikutnya Lima tahun. Sehari kemudian, Jepang akan merilis angka PDB periode Oktober-Desember. Negara dengan ekonomi terbesar kedua di Asia ini akan meluncurkan roket generasi berikutnya H3 pada hari yang sama.

Beberapa pasar keuangan tutup selama liburan Tahun Baru Imlek, namun pasar saham di Hong Kong dan Taipei akan dibuka kembali.

Dapatkan liputan terbaik di Asia dan banyak lagi dengan mengikuti kami di X di Twitter. @NikkeiAsia.

Rabu

Masyarakat Indonesia memberikan suaranya dalam pemilihan presiden

Masyarakat Indonesia akan memilih presiden berikutnya pada hari Rabu, yang akan menentukan arah negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia untuk lima tahun ke depan. Tiga kandidat – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranovo dan mantan Gubernur Jakarta Anis Baswedan – bersaing untuk menggantikan Presiden dua periode Joko “Jokowi” Widodo. Pemungutan suara pada hari Rabu ini akan menjadi yang kelima sejak negara Asia Tenggara tersebut memulai reformasi demokrasi pada tahun 1998.

Bursa Hong Kong dibuka kembali setelah liburan Tahun Baru Imlek

Pendapatan: Sony

Kamis

Indonesia menjadi tuan rumah International Motor Show

Lebih dari 20 produsen mobil berpartisipasi di Indonesia International Motor Show (IIMS). Acara di Jakarta dimulai pada hari Kamis. Peserta pameran dari Jepang antara lain Toyota, Honda, Mitsubishi, Nissan dan lain-lain. Pabrikan Jepang menguasai sekitar 80% pangsa pasar di Asia Tenggara, namun terus berjuang dalam perlombaan untuk memasok kendaraan listrik dengan pesaing mereka dari Korea Selatan, Hyundai, yang telah memiliki pabrik kendaraan listrik di Indonesia, serta BYD Tiongkok dan VinFast dari Vietnam, yang juga akan memamerkan mobilnya di pameran tersebut.

READ  Liga sepak bola dilanjutkan setelah bencana stadion Indonesia

PDB: Jepang

Pertumbuhan PDB Jepang diperkirakan sebesar 1,1% tahun-ke-tahun pada periode Oktober-Desember, menurut survei singkat. Hal ini menyusul revisi kontraksi tahunan sebesar 2,9% pada kuartal sebelumnya, yang mengakibatkan penurunan belanja swasta di tengah persistennya inflasi dan lesunya investasi korporasi di negara dengan perekonomian terbesar kedua di Asia. Pemulihan yang diharapkan mungkin tidak terlalu besar, namun akan semakin memperkuat keinginan Bank of Japan untuk melakukan normalisasi kebijakan moneter.

PDB: Singapura (Revisi)

Jepang meluncurkan roket H3

Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) akan meluncurkan roket H3 generasi berikutnya dari Tanekashima Space Center. Peluncuran ini dilakukan 11 bulan setelah kegagalan penerbangan pertama H3 pada bulan Maret, dan merupakan upaya badan antariksa Jepang untuk memulihkan diri. Jepang berharap peluncuran yang sukses akan membuka jalan bagi H3 untuk memulai operasi skala penuh dan mempercepat program luar angkasa negaranya.

Bursa Efek Taipei dibuka kembali setelah liburan Tahun Baru Imlek

Pendapatan: Kakao

Kakao melaporkan pendapatan kuartal keempat seiring dengan upaya pemimpin barunya untuk mereformasi raksasa internet Korea Selatan. Analis memperkirakan laba operasional Kakao naik sekitar 40% pada periode Oktober-Desember dibandingkan tahun sebelumnya, berkat penjualan yang lebih tinggi dari periklanan dan pemotongan biaya di bisnis non-inti.

Jumat

Produk Domestik Bruto: Malaysia

anggaran Singapura

Saat Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Singapura Lawrence Wong memaparkan anggaran pemerintah tahun 2024, beberapa pengamat memperkirakan kebijakan baru bertujuan membantu masyarakat mengatasi inflasi, yang meningkat tajam pada tahun lalu. Ini juga bisa menjadi kali terakhir Wong mengajukan anggaran saat ia mengambil alih jabatan Perdana Menteri Lee Hsien Loong untuk memimpin Partai Aksi Rakyat yang berkuasa pada tahun ini.

READ  Forum Perempuan G20 Dituduh Mengecualikan Penduduk Asli Indonesia | Bisnis dan Ekonomi