Maret 4, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pemilihan Presiden Indonesia: Dapat Berdampak pada Hubungan Luar Negeri

SayaPemilihan presiden Indonesia akan diadakan pada tanggal 14 Februari 2024 – hari dimana acara kampanye terakhir tiga kandidat berlangsung. Februari 10 Agustus 2024. Tiga kandidat Menteri Pertahanan saat ini, Prabowo Subianto, 72 tahun – kandidat pemimpin Indonesia Partai Demokrat India (PDI-P)Kanjar Pranovo, 55 – Mantan Gubernur Jawa Tengah (2013-2023), sebelumnya anggota DPR dari PTI-P (2004-2013), dan mantan Gubernur Jakarta Adas Busved54 (Batewan juga bekerja Menteri Pendidikan di bawah Presiden Joko Widodo – disebut sebagai Jokowi – dari tahun 2014–2016). Sebuah langkah pemilihan, Subianto mengungguli dua kandidat lainnya. Kehadiran Subianto disebut-sebut sangat luar biasa Mendukung Dari generasi muda Indonesia. Putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, saat ini menjabat Wali Kota Surakarta di Jawa Tengah.

Fokus Jokowi pada perekonomian dan infrastruktur Indonesia

Presiden Indonesia berikutnya jelas mempunyai pekerjaan yang cocok untuknya, dan Indonesia telah berkembang sedikit demi sedikit 5% (5,04%) pada triwulan terakhir tahun 2023. PDB Indonesia sepanjang tahun 2023 5,05% Turun 5,30% dari tahun 2022.

Pada tahun 2023, Indonesia Ekspor Turun lebih dari 11%, belanja untuk proyek infrastruktur meningkatkan perekonomian. Selama satu dekade masa jabatannya, Jokowi telah banyak berinvestasi di sektor infrastruktur dan berhasil menyelesaikan beberapa proyek infrastruktur penting. Dia juga disebutkan Infrastruktur Babak” (“Tuan Infrastruktur”).

Politik luar negeri Indonesia di bawah pemerintahan Jokowi

Kemajuan ekonomi Indonesia tidak terlepas dari hubungannya dengan dunia luar. Jokowi bisa mengikuti salah satunya “Gratis dan Aktif” kebijakan luar negeri dan ketiga kandidat bersikukuh bahwa tidak akan ada penyimpangan besar dari kebijakan tersebut.

Selama masa jabatannya, Jokowi berhasil mencapai keseimbangan yang baik antara Tiongkok dan AS. Tiongkok telah berinvestasi dalam proyek infrastruktur sebagai bagian dari Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) – termasuk Jakarta-Bandung. Kereta api berkecepatan tinggi (HSR) (yang diluncurkan pada Oktober 2023). Biaya proyek diperkirakan sudah berakhir $6 miliar. Termasuk kredit dari China Development Bank 75% dari biaya proyek.

READ  Para petani di Timor-Leste khawatir Indonesia akan mengambil alih tanah mereka seiring dengan memuncaknya perselisihan yang sudah berlangsung berabad-abad

Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang menyampaikan janji investasi selama kunjungannya ke Indonesia pada September 2023. $20 miliar.

Sambil memperkuat hubungan dengan Tiongkok, Jokowi berhasil mempertahankan hubungan yang kuat dengan Tiongkok Jepang dan AS Indonesia adalah bagian dari strategi Indo-Pasifik. Indonesia juga merupakan salah satu penandatangan IPEF (Indo Pacific Economic Framework) – dengan tujuan utama mendapatkan akses ke pasar AS untuk mineralnya. Indonesia juga berupaya untuk menandatangani FTA dengan AS – Memungkinkan untuk nikel dan penting lainnya bahan Digunakan untuk memberi manfaat pada produksi kendaraan listrik (EV). Kredit pajak AS Di dalam Undang-Undang Pengurangan Inflasi (IRA) untuk Kendaraan Listrik (EV).

Saat kunjungan Jokowi ke AS pada November 2023, A “Kemitraan Strategis Komprehensif” Ditandatangani antara Indonesia dan Amerika Serikat. Bahkan presiden Indonesia dikatakan:

“Sebagai negara yang memiliki potensi mineral dan energi hijau yang penting, Indonesia dapat menjadi mitra penting bagi Amerika Serikat”

Ketika berupaya membangun hubungan dengan Amerika Serikat, Jokowi menegaskan kembali fakta bahwa Jakarta tidak akan mengambil jalur independen dalam konflik Rusia-Ukraina.

Seperti negara-negara kekuatan menengah lainnya – seperti India – india mengambil posisi seimbang dalam perang Rusia-Ukraina. Jokowi mengunjungi Rusia dan Ukraina pada Juni 2022 dan mengatakan Indonesia bersedia bertindak sebagai perantara antara keduanya. Negara. Jokowi mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menghadiri KTT G20 di Bali (Indonesia) pada bulan November 2022 – yang membuat negara-negara Barat kecewa (Indonesia memegang jabatan presiden G20 pada tahun 2022). Putin tidak menghadiri KTT tersebut dan Rusia diwakili oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Berbicara pada KTT G20, Presiden Indonesia mengatakan dunia harus menghindari perang dingin. dikatakan Jokowi: “Kita tidak boleh membiarkan dunia terjerumus ke dalam perang dingin lagi.”

READ  Indonesia, Amerika Serikat berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama melalui IPEF

Pertemuan Biden-Xi

Patut dicatat bahwa Presiden AS Joe Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping bertemu selama KTT G20 yang diadakan di Bali. Ini adalah pertama kalinya Biden bertemu langsung dengan Xi sejak menjabat Presiden Amerika Serikat. Meskipun kedua belah pihak menyatakan keprihatinan mereka terhadap isu-isu ekonomi dan geopolitik, mereka sepakat untuk bekerja sama dalam isu-isu utama seperti perubahan iklim.

Calon presiden Indonesia dan kebijakan luar negerinya

Meskipun ketiga calon presiden sejauh ini menyarankan kesinambungan kebijakan luar negeri, Baswedan mengkritik kebijakan luar negeri transaksional Jokowi dan mengatakan dia akan mengikutinya. “Kebijakan Luar Negeri Berbasis Nilai” Jika dia menjadi presiden. Ia juga mengatakan, jika dirinya menjadi presiden, maka ia akan memastikan Indonesia menjadi pemimpin yang penting Masalah dunia. Meskipun Baswedan mengatakan bahwa ia akan melanjutkan hubungan baik dengan Tiongkok, ia juga menggarisbawahi perlunya Indonesia memainkan peran yang lebih aktif dalam memastikan kawasan Indo-Pasifik yang damai dan stabil.

Tidak ada keraguan bahwa Indonesia telah mampu menavigasi perubahan lanskap geo-politik global dalam beberapa tahun terakhir. Presiden Indonesia berikutnya tidak hanya harus menerapkan kebijakan luar negeri yang seimbang, tetapi juga yang menguntungkan perekonomian negara Asia Tenggara.

[Photo by General Elections Commission, Indonesia, via Wikimedia Commons]

Pandangan dan pendapat yang diungkapkan dalam artikel ini adalah milik penulis.