Desember 1, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pembaruan Langsung: Inflasi Turki melambat karena harga minyak turun

Pembaruan Langsung: Inflasi Turki melambat karena harga minyak turun

Pembeli menelusuri barang dagangan di mal di Orchard Road Singapura © Isabel Kua / Reuters

Pertumbuhan ekonomi Singapura melebihi ekspektasi pemerintah tahun lalu karena jasa tumbuh meskipun terjadi penurunan industri.

Produk domestik bruto tumbuh sebesar 3,8 persen pada tahun 2022, mengalahkan perkiraan resmi sebesar 3,5 persen, tetapi jauh di bawah pertumbuhan tahun 2021 sebesar 7,6 persen.

Ekonomi negara kota tumbuh 2,2 persen tahun ke tahun pada kuartal keempat 2022, turun dari pertumbuhan 4,2 persen pada kuartal sebelumnya, catat Kementerian Perdagangan dan Industri. Disesuaikan secara musiman, ekonomi tumbuh 0,2 persen setiap tiga bulan.

“Kami pikir pertumbuhan kemungkinan akan melemah lebih lanjut,” kata Shivan Tandon, ekonom Asia yang baru muncul di Capital Economics. Dia mengatakan, ekspor Singapura kemungkinan akan menurun jika ekonomi global memasuki resesi pada 2023.

“Suku bunga yang lebih tinggi, tabungan rumah tangga yang lebih rendah, dan tingkat inflasi yang lebih tinggi cenderung mempengaruhi permintaan domestik,” tambah Tandon. “Kami tidak mengharapkan pengetatan moneter lebih lanjut dari Otoritas Moneter Singapura.”

Sektor manufaktur di negara Asia Tenggara mengalami kontraksi 3 persen tahun ke tahun di kuartal keempat, kebalikan dari pertumbuhan 1,4 persen di kuartal sebelumnya.

“Ini terjadi dengan latar belakang kontraksi produksi dalam kelompok manufaktur elektronik, kimia dan biomedis, yang melebihi perluasan produksi dalam kelompok rekayasa presisi, teknik transportasi dan manufaktur umum,” kata kementerian itu.

Sektor konstruksi tumbuh 10,4 persen tahun ke tahun di kuartal keempat, meningkat dari 7,8 persen di kuartal sebelumnya. “Produksi konstruksi di sektor publik dan swasta terus pulih,” kata kementerian tersebut.

Layanan tumbuh 2,3 persen dari tahun ke tahun di kuartal keempat, lebih lambat dari pertumbuhan 5,7 persen di kuartal sebelumnya.

READ  Saham berjangka naik jelang data inflasi