Januari 31, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pembakaran Alquran di Swedia membuat marah Turki dan mengancam jalur keanggotaan NATO

Swedia dan Finlandia telah mengambil langkah lain untuk bergabung dengan NATO, yang berarti bahwa sekarang tidak ada yang tersisa selain ratifikasi resmi perjanjian aksesi.

Anadolu Agensi | Anadolu Agensi | Gambar Getty

Sekarang sudah delapan bulan sejak Swedia dan Finlandia mengumumkan niat mereka untuk bergabung dengan NATO, sebuah langkah yang membalikkan kebijakan non-blok lama kedua negara setelah invasi Rusia yang hampir habis-habisan ke Ukraina.

Sementara sebagian besar anggota organisasi ingin mempercepat laju keanggotaan pendatang baru, ketegangan dan keretakan baru antara Swedia dan Turki mengancam untuk memperpanjang waktu tunggu – mungkin tanpa batas.

Semua 30 negara NATO yang ada diharuskan untuk menyetujui anggota baru. Turki, pemain geopolitik utama dan rumah bagi tentara terbesar kedua aliansi itu, berdiri sebagai penentang utama keanggotaan Nordik.

Alasan oposisi Ankara sangat komplekstetapi fokusnya terutama pada dukungan Swedia untuk kelompok Kurdi yang dianggap Turki sebagai teroris, dan pada embargo senjata yang diberlakukan Swedia dan Finlandia, bersama dengan negara-negara Uni Eropa lainnya, pada Turki karena menargetkan milisi Kurdi di Suriah.

Swedia dan Finlandia berusaha membalikkan keadaan dalam hubungan mereka dengan Turki, tetapi peristiwa dalam beberapa pekan terakhir telah mengancam harapan akan kemajuan.

Rasmus Paludan memegang Alquran yang dibakar di luar Kedutaan Besar Turki pada 21 Januari 2023 di Stockholm, Swedia. Otoritas Swedia telah memberikan izin untuk serangkaian protes yang mendukung dan melawan Turki di tengah upayanya untuk bergabung dengan NATO.

Jonas Gratzer | Berita Getty Images | Gambar Getty

Pada hari Sabtu, pengunjuk rasa sayap kanan membakar Alquran dan meneriakkan slogan-slogan anti-Muslim di depan kedutaan Turki di Stockholm, Swedia. Ankara segera mengecam tindakan ini, serta Swedia memberikan izin kepada kelompok sayap kanan untuk mengorganisir demonstrasi. Turki juga membatalkan kunjungan mendatang Menteri Pertahanan Swedia yang akan berfokus pada keanggotaannya di NATO.

READ  ConocoPhillips sedang dalam pembicaraan untuk menjual minyak Venezuela di Amerika Serikat untuk mendapatkan kembali miliaran yang dimilikinya

Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan, “Kami mengutuk dengan keras serangan keji terhadap kitab suci kami… Membiarkan tindakan anti-Islam ini, yang menargetkan umat Islam dan menghina nilai-nilai suci kami, di balik kedok kebebasan berekspresi, sama sekali tidak dapat diterima. “

Pembakaran Al-Qur’an dipimpin oleh Rasmus Paludan, yang memimpin partai politik sayap kanan Denmark Garis Keras. Pihak berwenang Swedia mengatakan protes itu legal di bawah undang-undang kebebasan berbicara negara itu, tetapi para pemimpin Swedia mengutuk tindakan itu sebagai “mengerikan”.

Beberapa media dan jurnalis independen berkumpul untuk menyaksikan Rasmus Paludan mempersembahkan Alquran yang terbakar di luar Kedutaan Besar Turki pada 21 Januari 2023 di Stockholm, Swedia.

Jonas Gratzer | Berita Getty Images | Gambar Getty

Protes oleh orang Turki terjadi sebagai tanggapan atas pembakaran di depan kedutaan Swedia di Ankara dan konsulatnya di Istanbul selama akhir pekan.

Dalam acara terpisah awal bulan ini, Turki memanggil duta besar Swedia setelah sebuah video dirilis oleh kelompok pro-Kurdi di Swedia yang memperlihatkan patung Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tergantung terbalik di tali.

Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson dilaporkan mengecam protes itu sebagai “tindakan”.sabotaseMenentang upaya negara itu untuk bergabung dengan NATO.

“Jika terus seperti ini, Turki tidak akan pernah setuju Swedia bergabung dengan NATO,” kata Numan Kurtulmus, wakil ketua Partai Keadilan dan Pembangunan Erdogan, Minggu.

“Hal-hal yang tidak bisa kita lakukan”

Swedia, Finlandia dan Turki tahun lalu menandatangani perjanjian trilateral yang didedikasikan untuk mengatasi perbedaan dan penentangan mereka terhadap keanggotaan NATO.

Tetapi Kristersson dari Swedia mengatakan awal bulan ini bahwa Stockholm tidak dapat memenuhi semua tuntutan Turki, termasuk ekstradisi jurnalis Kurdi yang tinggal di Swedia, permintaan yang ditolak oleh mahkamah agung negara itu.

Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson berbicara selama konferensi bersama dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel (tidak ditampilkan) di Stockholm, Swedia pada 16 Januari 2023.

Attila Altuntas | Anadolu Agensi | Gambar Getty

“Turki menyatakan bahwa kami melakukan apa yang kami katakan akan kami lakukan, tetapi mereka juga mengatakan bahwa mereka menginginkan hal-hal yang tidak dapat atau tidak ingin kami berikan kepada mereka,” kata Kristerson pada konferensi 8 Januari.

Namun, dia menyatakan keyakinannya bahwa Turki akan menyetujui permintaan NATO negaranya. Hongaria, yang pemimpin populisnya Viktor Orban memiliki hubungan persahabatan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, adalah satu-satunya negara lain selain Turki yang belum menyetujui tawaran tersebut.

akun pemilu

Analis Turki mengatakan pernyataan kemarahan terbaru dari Ankara lebih berkaitan dengan pemilihan negara itu yang akan datang pada 14 Mei dan mendapatkan pengaruh dari sekutu NATO lainnya, khususnya Amerika Serikat, daripada hal lainnya.

George Dyson, seorang analis senior di perusahaan konsultan Control Risks, mengatakan pembakaran Al-Qur’an dan video Kurdi dari patung Erdogan “mempersulit untuk melewati kebuntuan” antara Turki dan Swedia.

“Tapi,” kebuntuan sudah ada, katanya kepada CNBC. Dan itu tidak benar-benar ada hubungannya dengan Swedia, dan lebih banyak berkaitan dengan Turki yang berusaha menekan sebanyak mungkin pengaruh apa pun atas sekutunya. . “

“Ini lebih tentang hubungan AS-Turki,” tambahnya. “Turki merasa Amerika Serikat adalah teman baik ketika mereka membutuhkannya tetapi tidak ketika Turki membutuhkannya…atau setidaknya begitulah retorikanya.”

Timothy Ash, analis pasar negara berkembang senior di BlueBay Asset Management, percaya bahwa Turki melakukan kerusakan serius pada aliansi Baratnya dan bahwa NATO mungkin mengambil pilihan penting antara Turki dan negara-negara Nordik.

“Mengakses [the] Apakah Anda menyarankan agar sekutu NATO harus memutuskan antara Turki dan Finlandia/Swedia? “Saya memahami kalkulus pemilihan oleh Erdogan, tetapi pada akhirnya ini akan merusak hubungan lama dengan sekutu utama,” kata Ash melalui Twitter.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dalam rangka pertemuan puncak para pemimpin Organisasi Kerjasama Shanghai ke-22 di Samarkand, Uzbekistan, pada 16 September 2022.

Anadolu Agensi | Anadolu Agensi | Gambar Getty

Sementara itu, analis keamanan dan terorisme yang berbasis di Inggris Kyle Orton menulis dalam sebuah posting blog bahwa “Turki telah menahan [Sweden’s] Aplikasi klaim sandera NATO tentang [Kurdish militant group] Partai pekerja Kurdistan. Dengan pembakaran Al-Qur’an di Stockholm kemarin, dia menulis, “Ankara secara sinis berusaha membangun tekanan dengan campur tangan terang-terangan dalam urusan internal Swedia.”

Ada juga beberapa spekulasi bahwa Amerika Serikat akan menggunakan janji jet F16 – penjualan senjata yang sudah lama diinginkan Ankara – untuk memaksa Turki melakukannya. Beberapa anggota Kongres telah menyatakan penolakan mereka terhadap penjualan tersebut karena posisi Turki terhadap pelamar baru untuk NATO.

Juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin baru-baru ini mengatakan bahwa Swedia memiliki waktu delapan hingga sepuluh minggu untuk membuat perubahan yang diminta oleh Ankara, karena parlemen Turki mungkin memasuki masa reses sebelum pemilihan pada bulan Mei. Swedia mengatakan perlu enam bulan lagi untuk melakukan perubahan ini.

Tapi apa pun garis waktu yang diikuti Swedia, kepemimpinan Turki kemungkinan akan tetap bersikap keras sampai pemilihan, mengetahui bahwa retorika anti-Barat dan sikap nasionalis yang kuat cenderung berhasil dengan baik di kalangan pemilih.

Intinya, saya menduga banyak yang akan terjadi sebelum pemilihan di Turki, kata Dyson.