Mei 20, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pasukan Houthi Yaman: Israel mengatakan mereka menggagalkan serangan di dekat Laut Merah di tengah perang Gaza

Pasukan Houthi Yaman: Israel mengatakan mereka menggagalkan serangan di dekat Laut Merah di tengah perang Gaza

Muhammad Huwais/AFP/Getty Images

Tentara berjaga-jaga terhadap pembawa rudal selama parade militer resmi menandai ulang tahun kesembilan pengambilalihan ibu kota Sanaa, Yaman oleh Houthi pada 21 September 2023.



CNN

Militer Israel mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka telah menggagalkan serangan udara oleh pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman, dengan kekhawatiran yang meningkat di wilayah tersebut tentang potensi meluasnya perang antara Israel dan Hamas.

Dekan. Brigadir Jenderal Yahya Saree, juru bicara pasukan Houthi, mengatakan kepada TV Al Masirah milik Houthi bahwa rudal balistik dan drone diluncurkan ke sasaran di Israel dalam apa yang disebutnya sebagai operasi ketiga untuk mendukung rakyat Palestina.

Dia menambahkan bahwa ada rencana untuk melakukan serangan lebih lanjut sampai “agresi Israel” berhenti.

Dia berkata: “Angkatan bersenjata kami meluncurkan sejumlah besar rudal balistik dan bersayap serta sejumlah besar drone ke berbagai sasaran musuh Israel.” Menyebut seluruh Israel sebagai “wilayah pendudukan.”

Houthi A Organisasi politik dan militer Syiah Di Yaman, negara tersebut terjebak dalam perang saudara melawan koalisi yang didukung Arab Saudi. Mereka menyatakan dukungannya terhadap Palestina dan mengorganisir protes di Yaman melawan serangan Israel di Gaza.

Sebelumnya pada hari Selasa, tentara Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menggunakan sistem pertahanan udara Arrow untuk pertama kalinya berhasil mencegat rudal permukaan-ke-permukaan yang diluncurkan dari wilayah Laut Merah.

Penggunaan sistem pertahanan Arrow, yang dirancang untuk mencegat rudal ketinggian, menunjukkan bahwa Houthi menggunakan rudal jarak jauh yang lebih canggih dalam upaya serangan tersebut.

Pesawat Israel juga mencegat apa yang digambarkan tentara Israel sebagai “ancaman udara” di wilayah tersebut. Tentara Israel mengatakan bahwa semua ancaman di luar wilayah Israel dapat dihadang.

READ  Dua Marinir AS hilang setelah misi Kamis malam di lepas pantai Somalia

Upaya untuk melancarkan serangan terhadap Israel menunjukkan peningkatan yang dilakukan oleh kelompok Houthi yang didukung Iran, dengan persaingan regional yang meningkat meskipun Amerika Serikat berupaya untuk membendung potensi perang di Timur Tengah.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian Dia memperingatkan pada hari Selasa bahwa “perluasan konflik di kawasan” sedang terjadi dan bahwa anggota kelompok perlawanan “tidak akan tinggal diam terhadap dukungan penuh Amerika” untuk Israel dan “tidak akan menunggu saran siapa pun.”

Dia mengatakan, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Iran: “Kita perlu memanfaatkan peluang politik terakhir untuk menghentikan perang, dan jika situasi menjadi tidak terkendali, tidak ada pihak yang akan aman dari konsekuensinya.”

Serangan Houthi pada hari Selasa merupakan tindak lanjut dari upaya lain yang digagalkan dua minggu lalu. Pada tanggal 19 Oktober a kapal perang Amerika Angkatan udara di dekat pantai Yaman menembak jatuh empat rudal jelajah dan 15 drone selama sembilan jam saat mereka menuju utara di sepanjang Laut Merah, menurut seorang pejabat AS yang mengetahui situasi tersebut. Pejabat itu mengatakan lintasan mereka tidak diragukan lagi bahwa rudal-rudal itu mengarah ke Israel.

Sekretaris Pers Pentagon Brigjen. Jenderal Pat Ryder mengatakan rudal-rudal itu ditembakkan oleh pasukan Houthi yang didukung Iran di Yaman dan “kemungkinan besar ditembakkan ke sasaran di Israel.” Penyadapan AS terhadap peluncuran Houthi sangat jarang terjadi.

Iran, meskipun mendapat sanksi keras dari AS selama beberapa dekade, terus memberikan pelatihan dan senjata kepada kelompok Houthi di Yaman, rezim Suriah, Hizbullah di Lebanon, serta Hamas dan Jihad Islam di Gaza.

Hizbullah, milisi Syiah kuat lainnya, dan Israel telah terlibat dalam pertempuran kecil setiap hari di perbatasan Israel-Lebanon sejak perang dimulai. Pada bulan Oktober, Amerika Serikat mengerahkan dua kelompok penyerang kapal induk ke Mediterania timur untuk menghalangi Iran, Suriah, dan Hizbullah membuka front baru melawan Israel.

READ  Rusia mengatakan telah mengambil kendali penuh atas Mariupol setelah para pembela terakhir menyerah

Sejak pecahnya perang terbaru di Gaza menyusul amukan Hamas yang mematikan pada tanggal 7 Oktober, pangkalan-pangkalan AS di Irak dan Suriah juga menjadi sasaran serangan sporadis.