Mei 19, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Partai Demokrat membuat langkah mengejutkan untuk mendukung Ketua DPR dari Partai Republik Mike Johnson

Partai Demokrat membuat langkah mengejutkan untuk mendukung Ketua DPR dari Partai Republik Mike Johnson
  • Ditulis oleh Anthony Zurcher
  • berita BBC

Sumber gambar, Gambar Getty

Para petinggi Partai Demokrat di Kongres pada hari Selasa mengumumkan bahwa partai mereka akan memberikan bantuan kepada Mike Johnson jika Partai Republik mencoba memecatnya dari jabatan Ketua DPR.

Beberapa dari mereka telah mengisyaratkan bahwa mereka akan mendukung Johnson karena dia menentang kubu konservatif partainya yang memberikan bantuan militer senilai $61 miliar ke Ukraina.

“Sudah waktunya untuk membalik halaman dari hambatan Partai Republik yang pro-Putin ini,” kata tim pimpinan Partai Demokrat di DPR dalam sebuah pernyataan, yang menyiratkan bahwa Partai Republik yang menentang dukungan untuk Ukraina membantu Presiden Rusia Vladimir Putin.

Johnson, seorang konservatif evangelis yang taat dari Louisiana dan memiliki pandangan sayap kanan yang kuat mengenai isu-isu sosial seperti aborsi, kini memimpin pemerintahan koalisi di Dewan Perwakilan Rakyat.

Hal ini bisa menjadi pil pahit yang harus ditelan oleh Partai Demokrat yang sangat tidak setuju dengan kebijakan Trump dan percaya bahwa partai mereka bisa mendapatkan keuntungan dari kerusuhan yang berkepanjangan di Partai Republik. Namun, kerja sama dengan Ketua Parlemen lebih dari sekadar memberikan bantuan kepada Ukraina.

Aliansi yang cocok

Awal tahun ini, Johnson mengandalkan suara Partai Demokrat untuk menyetujui pendanaan operasional baru bagi pemerintah AS, mencegah penutupan sebagian layanan dan menjaga beberapa prioritas belanja Partai Demokrat tetap utuh.

Tiga minggu lalu, anggota partainya menolak untuk mengesahkan kembali program pengawasan keamanan nasional yang kontroversial.

Beberapa kelompok konservatif mendorong pemecatannya bahkan sebelum Ukraina mencapai parlemen.

“Saya sangat percaya pada rekaman suara karena rekaman Kongres memungkinkan setiap orang Amerika melihat kebenaran dan memberikan transparansi pada suara kami,” katanya di media sosial.

“Rakyat Amerika berhak melihat keberpihakan secara nyata,” tambahnya, menggunakan istilah yang dipopulerkan oleh mereka yang mengklaim tidak ada perbedaan nyata antara Partai Demokrat dan Republik.

Namun, para anggota Partai Republik di DPR tampak tidak nyaman dengan prospek pertarungan baru, hanya enam bulan setelah mantan Ketua DPR Kevin McCarthy digulingkan dari jabatannya.

Butuh tiga minggu perselisihan dan kekejaman antar partai sebelum Johnson, yang relatif tidak dikenal, memenangkan jabatan dengan dukungan bulat dari Partai Republik.

Donald Trump telah menjadi sekutu penting Johnson, dan agaknya tidak mungkin terjadi, selama tantangan terbaru terhadap kepemimpinannya.

Mantan presiden dan calon presiden Partai Republik tahun 2024 memuji pembicara yang diperangi tersebut, dengan mengatakan dalam sebuah wawancara radio pekan lalu bahwa dia adalah “orang baik” dan “berusaha keras.”

Dia mencatat bahwa Johnson harus bekerja dengan mayoritas Partai Republik yang sangat kecil di DPR.

Dukungan Demokrat terhadap Johnson, ditambah dengan dukungan Trump yang berkelanjutan, kemungkinan akan memastikan dia tetap memegang kekuasaan setidaknya sampai pemilu November mendatang untuk seluruh 435 kursi DPR.

Jika Partai Republik tetap memegang kendali di dewan tersebut – yang mana hal ini sama sekali tidak dijamin – Johnson tidak akan dapat mengandalkan dukungan Partai Demokrat, sehingga membuka kemungkinan adanya momen perhitungan lain di kalangan kaum konservatif.

Namun untuk saat ini, Johnson mengatakan dia fokus melakukan pekerjaannya.

“Yang dibutuhkan negara ini saat ini adalah Kongres yang efektif.”