Mei 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Banjir Brasil: Orang-orang terdampar di atap rumah di Rio Grande do Sul

Banjir Brasil: Orang-orang terdampar di atap rumah di Rio Grande do Sul
  • Ditulis oleh Vanessa Buchschlotter
  • berita BBC

Sumber gambar, Angkatan Udara Brasil

Sedikitnya delapan orang tewas dan lebih dari 20 lainnya hilang setelah badai menyebabkan banjir di negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil selatan.

Helikopter terbang di atas wilayah tersebut untuk mencari orang-orang yang terdampar.

Di beberapa daerah, banjir sangat parah sehingga helikopter tidak bisa mendarat dan harus mengevakuasi warga ke tempat aman.

Gubernur negara bagian telah meminta bantuan pemerintah federal.

“Presiden Lula mohon segera kirimkan dukungan udara sebanyak-banyaknya ke Republika Srpska [Rio Grande do Sul]. “Kami perlu menyelamatkan ratusan orang di puluhan kota yang berada dalam keadaan darurat akibat hujan lebat yang telah turun dan akan terus turun dalam beberapa hari mendatang.” Gubernur Eduardo Leite menulis di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Presiden Luiz Inacio Lula da Silva menanggapinya dengan mengatakan bahwa pemerintah federal “akan bergabung dengan upaya pemerintah negara bagian dan kota untuk melewati masa sulit ini, yang merupakan akibat dari perubahan iklim yang mempengaruhi planet ini.”

Menurut para pejabat, delapan orang tewas. Dua orang tewas ketika mobil yang mereka tumpangi tersapu air banjir di kota kecil Bavirama. Seorang lainnya tewas akibat tanah longsor di Salvador do Sul.

21 orang masih hilang, dan sekitar 1.500 orang terdampar.

“Kami terus bekerja keras untuk menemukan orang hilang dan memastikan keselamatan masyarakat di daerah rentan,” kata Light.

Walikota Sinembo mengatakan kepada situs berita G1 bahwa kotanya sedang mengalami “mimpi buruk”.

Jembatan-jembatan runtuh dan lebih dari 20 jalan tidak dapat dilalui, sehingga menyulitkan layanan darurat untuk menjangkau daerah-daerah yang terkena dampak.

Ahli meteorologi memperkirakan lebih banyak hujan akan turun di wilayah tersebut seiring dengan terjadinya gelombang dingin.

Tahun lalu, lebih dari 30 orang tewas dalam badai yang melanda Rio Grande do Sul.

Institut Meteorologi Nasional di Brazil mengaitkan peningkatan intensitas dan frekuensi curah hujan dengan fenomena iklim El Niño.