April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Para pemimpin UE menyetujui pembicaraan aksesi Ukraina, mengabaikan Orban – POLITICO

Para pemimpin UE menyetujui pembicaraan aksesi Ukraina, mengabaikan Orban – POLITICO

Para pemimpin Eropa sepakat untuk memulai perundingan aksesi Ukraina, Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengumumkan pada hari Kamis.

Pengumuman ini disampaikan pada saat yang kritis bagi Ukraina, karena serangan baliknya terhadap invasi Rusia telah terhenti dalam beberapa minggu terakhir, dan bantuan AS senilai $60 miliar tertahan di Kongres.

Meskipun perundingan aksesi kemungkinan akan berlanjut selama bertahun-tahun, kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Dia berkata Beritanya adalah “Kemenangan Ukraina… kemenangan yang memotivasi, menginspirasi dan menguatkan.” Ini adalah momen bersejarah bagi Ukraina, yang telah mewujudkan aspirasinya untuk bergabung dengan Uni Eropa selama bertahun-tahun.

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, yang sangat menentang pembukaan perundingan aksesi Ukraina, mengkritik perjanjian yang dicapai tanpa dia oleh para pemimpin Eropa.

“Hongaria tidak ingin menjadi bagian dari keputusan buruk ini!” Perkotaan Dia berkata dalam a Pernyataan diposting di Facebook.

Orban meninggalkan ruang sidang ketika keputusan perluasan dibuat, menurut seorang pejabat nasional dan diplomat Uni Eropa yang diberi pengarahan mengenai diskusi tersebut. Hal ini memungkinkan Dewan Eropa mengambil keputusan dengan suara bulat, sebuah keputusan yang menurut pejabat Uni Eropa lainnya, yang sama seperti pejabat lainnya yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan bahwa keputusan tersebut sah menurut hukum Uni Eropa.

“Jika seseorang tidak hadir, maka mereka tidak hadir. Secara hukum, hal itu sepenuhnya benar,” tambah pejabat itu.

Para pemimpin Uni Eropa dijadwalkan bertemu selama KTT tersebut untuk membahas paket bantuan 50 miliar euro untuk Ukraina. KTT tersebut seharusnya berakhir pada hari Jumat, namun bisa berlangsung lebih lama jika para pemimpin tidak dapat mencapai kesepakatan pada saat itu.

Para pemimpin Eropa dengan cepat merayakan pengumuman tersebut.

READ  Bennett mengumumkan bahwa dia tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan berikutnya, dan menyerahkan kepemimpinan sayap kanan kepada Shaked

Michel memuji keputusan tersebut sebagai “tanda harapan yang jelas bagi rakyatnya dan benua kita.” Dalam pernyataan di X, sebelumnya Twitter.

“Hari bersejarah! Terlepas dari semua kesulitan tersebut, kami mencapai keputusan untuk membuka perundingan aksesi dengan Uni Eropa #Ukraina Dan #Moldova“, Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas Dia berkata.

Perdana Menteri Finlandia Petri Orbo juga demikian Kata keputusan itu Hal ini merupakan hal yang “bersejarah” dan “sebuah pesan harapan yang penting bagi negara-negara ini dan warganya.”

Para pemimpin juga setuju untuk membuka perundingan aksesi bagi Moldova.

Presiden Moldova Maia Sandu menyambut baik perjanjian tersebut, dan mengatakan bahwa negaranya “berkomitmen terhadap kerja keras yang diperlukan untuk menjadi anggota Uni Eropa.”

Keputusan yang telah lama ditunggu-tunggu ini datang secara mengejutkan lebih awal, dengan Orban mengancam akan menggunakan hak vetonya untuk menghalangi pembukaan perundingan aksesi pada hari-hari menjelang pertemuan puncak.

Keputusan Dewan Eropa ini mengikuti rekomendasi dari Komisi Eropa, yang menyarankan pembukaan perundingan aksesi pada bulan November.

Ukraina mengajukan permohonan untuk bergabung dengan Uni Eropa pada Februari 2022 – hanya beberapa hari setelah Rusia melancarkan invasi besar-besaran ke negara tersebut – dan diterima. Dia menerima status kandidat pada bulan Juni.