Oktober 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Para menteri luar negeri Amerika Serikat dan China mengadakan pembicaraan pribadi pertama mereka sejak Oktober

Para menteri luar negeri Amerika Serikat dan China mengadakan pembicaraan pribadi pertama mereka sejak Oktober

NUSA DUA, Indonesia (Reuters) – Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu pada Sabtu untuk pembicaraan langsung pertama mereka sejak Oktober setelah menghadiri KTT G20, di mana diplomat AS memimpin upaya untuk menekan Rusia. Karena perang di Ukraina.

Para pejabat AS mengatakan pertemuan Blinken dengan Wang di Bali, Indonesia, termasuk sesi pembicaraan pagi dan makan siang kerja, bertujuan untuk menjaga hubungan AS yang sulit dengan China stabil dan mencegahnya secara tidak sengaja membelok ke dalam konflik. Baca lebih banyak

“Tidak ada pengganti untuk diplomasi tatap muka,” kata Blinken kepada wartawan di awal pertemuan.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Kami sangat menantikan dialog yang bermanfaat dan konstruktif,” katanya.

Blinken diperkirakan akan mengulangi peringatannya kepada China untuk tidak mendukung perang Rusia di Ukraina, dan kedua belah pihak akan membahas isu-isu kontroversial yang melibatkan Taiwan, klaim luas China di Laut China Selatan, perluasan pengaruhnya di Pasifik, hak asasi manusia, dan perdagangan. tarif.

Namun, kedua belah pihak memiliki minat yang sama dalam menjaga stabilitas hubungan, dan Blinken serta pejabat AS mengatakan Presiden Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping diperkirakan akan berbicara lagi dalam beberapa minggu mendatang, sesuatu yang kemungkinan akan dibahas pada pertemuan hari Sabtu.

“China dan Amerika Serikat adalah dua negara besar, jadi kedua negara perlu menjaga pertukaran normal,” kata Wang kepada wartawan.

“Pada saat yang sama, kita perlu berbicara bersama untuk memastikan bahwa hubungan ini terus bergerak maju di jalur yang benar,” kata Wang.

Daniel Russell, seorang diplomat senior AS untuk Asia Timur di bawah mantan Presiden Barack Obama yang memiliki kontak dekat dengan pejabat pemerintahan Biden, mengatakan dia yakin tujuan utama pertemuan itu adalah untuk menjajaki kemungkinan pertemuan pribadi antara Biden dan Xi. Untuk pertama kalinya sebagai pemimpin, mungkin di sela-sela KTT G-20 di Bali pada November mendatang.

READ  Ibu dari anak-anak Selandia Baru ditemukan tewas dalam koper yang diyakini berada di Korea Selatan, kata seorang pejabat polisi

Amerika Serikat menggambarkan China sebagai saingan strategis utamanya dan khawatir bahwa suatu hari nanti akan mencoba untuk mendapatkan kendali atas pulau Taiwan yang demokratis dan berpemerintahan sendiri, sama seperti Rusia menyerang Ukraina.

Diplomat top AS untuk Asia Timur, Daniel Krettenbrink, mengatakan pada hari Selasa bahwa ia mengharapkan pertukaran “terus terang” dengan Wang, dan mengatakan itu akan menjadi kesempatan lain untuk “mengkomunikasikan harapan kami tentang apa yang kami harapkan China lakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan di konteks Ukraina.”

Sesaat sebelum invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari, Beijing dan Moskow mengumumkan kemitraan “tanpa batas”. Tetapi para pejabat AS mengatakan mereka tidak melihat China menghindari sanksi keras yang dipimpin AS terhadap Rusia atau memasoknya dengan peralatan militer.

Namun, China menolak untuk mengutuk tindakan Rusia dan mengkritik sanksi besar-besaran.

Para pejabat AS telah memperingatkan konsekuensinya, termasuk sanksi, jika China mulai memberikan dukungan material untuk upaya perang Rusia, yang disebutnya “operasi militer khusus” untuk melemahkan militer Ukraina meskipun Kyiv menganggapnya sebagai perampasan tanah bergaya kekaisaran. .

Terlepas dari persaingan strategis mereka, dua ekonomi terbesar di dunia tetap menjadi mitra dagang utama, dan Biden sedang mempertimbangkan untuk menghapus tarif pada berbagai barang China untuk mengekang kenaikan inflasi AS menjelang pemilihan paruh waktu November, dengan memperhatikan kontrol kongres. Baca lebih banyak

(Cerita ini telah diparafrasekan untuk mengedit judul untuk menampilkan percakapan pribadi pertama)

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Ryan Wu di Beijing. Ditulis oleh Ed Davies. Diedit oleh Christian Schmolinger, Robert Percel

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

READ  Meningkatnya upaya perang Ukraina meningkatkan risiko bagi Putin di dalam dan luar negeri