April 24, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

NATO yang baru diperbesar memulai pelatihan di Finlandia, Norwegia dan Swedia untuk mempertahankan wilayah utaranya

NATO yang baru diperbesar memulai pelatihan di Finlandia, Norwegia dan Swedia untuk mempertahankan wilayah utaranya

HELSINKI (AP) — NATO mulai berlatih pada Senin untuk mempertahankan wilayahnya yang baru diperluas di utara ketika lebih dari 20.000 tentara dari 13 negara berpartisipasi dalam latihan hampir dua minggu di wilayah utara Finlandia, Norwegia dan Swedia.

Dengan partisipasi lebih dari 4.000 tentara Finlandia, Rencana Respons Nordik 2024 yang dipimpin Norwegia adalah solusi sempurna pendatang baru di NATO Partisipasi terbesar dalam latihan di luar negeri, menurut militer Finlandia.

“Untuk pertama kalinya, Finlandia sebagai negara anggota NATO akan berpartisipasi dalam latihan pertahanan kolektif wilayah Aliansi,” kata Angkatan Pertahanan Finlandia dalam sebuah pernyataan.

Angkatan Bersenjata Swedia mengatakan bahwa sekitar 4.500 anggota angkatan udara, angkatan darat dan angkatan laut akan berpartisipasi dalam latihan yang berlangsung di bawah kondisi musim dingin yang keras di Kutub Utara.

Finlandia, yang berbagi perbatasan sepanjang 1.340 kilometer (830 mil) dengan Rusia, bergabung dengan NATO pada April 2023 di Sebuah langkah bersejarah Setelah beberapa dekade non-blok militer. Dengan pemberiannya Sekarang telah diratifikasi Bagi seluruh anggota NATO, negara tetangganya, Swedia, saat ini sedang menyelesaikan formalitas untuk bergabung dengan aliansi militer tersebut sebagai anggota ke-32 – kemungkinan besar pada bulan Maret.

Baik Swedia maupun Finlandia mengembangkan hubungan yang kuat dengan NATO setelah berakhirnya Perang Dingin, namun opini publik tetap menentang keanggotaan penuh hingga invasi Rusia ke Ukraina.

Non-blok dipandang sebagai cara terbaik untuk menghindari ketegangan dengan Rusia, tetangga kuatnya di kawasan Laut Baltik. Namun agresi Rusia menyebabkan perubahan radikal dalam opini publik di kedua negara, dan mereka bersama-sama mengajukan permohonan keanggotaan NATO pada Mei 2022.

Selama bertahun-tahun, latihan semi-tahunan NATO, yang berlangsung di ujung Arktik di Norwegia utara, disebut “Cold Back.”

READ  Brexit menghancurkan fondasi ekonomi Inggris

Namun, Angkatan Bersenjata Norwegia mengatakan di situsnya: “Berkat ekspansi NATO dengan Finlandia dan akhirnya Swedia, kami sekarang memperluas latihan untuk mencakup Respon Utara.” Finlandia, Norwegia dan Swedia menjadi tuan rumah latihan serupa tahun ini.

Latihan komprehensif di Nordik adalah bagian dari Steadfast Defender 24, manuver terbesar NATO dalam beberapa dekade, dengan hingga 90.000 tentara berpartisipasi selama beberapa bulan latihan yang bertujuan untuk menunjukkan bahwa aliansi tersebut mampu mempertahankan seluruh wilayahnya hingga perbatasannya dengan Rusia. .

Negara-negara yang berpartisipasi dalam latihan kali ini, yang berlanjut hingga 15 Maret, adalah Belgia, Inggris, Kanada, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Norwegia, Spanyol, Swedia, dan Amerika Serikat.

Hampir setengah dari pasukan yang berpartisipasi akan berlatih di lapangan. Sisanya akan berlatih di laut, dengan lebih dari 50 kapal selam, fregat, korvet, kapal induk dan berbagai kapal amfibi, dan di udara dengan lebih dari 100 pesawat tempur, pesawat angkut, pesawat pengintai maritim, dan helikopter, menurut militer Norwegia. .

Pejabat militer Norwegia mengatakan pelatihan gabungan gabungan tersebut akan fokus pada pertahanan dan perlindungan di wilayah Nordik.

“Kita harus mampu melawan dan menghentikan siapa pun yang mencoba menantang perbatasan kita, nilai-nilai kita, dan demokrasi kita,” kata Brigadir Jenderal Troon Strand dari Angkatan Udara Kerajaan Norwegia, komandan Pusat Operasi Udara Norwegia, dalam sebuah pernyataan. . Dia menambahkan: “Mengingat situasi keamanan saat ini di Eropa, pelatihan menjadi sangat penting dan lebih penting dari sebelumnya.”

“Far North adalah wilayah yang penting dan berlokasi strategis bagi NATO,” kata NATO di situs webnya, dan Latihan Respons Utara 2024 “meningkatkan kesiapan dan kemampuan negara-negara Nordik untuk melakukan operasi gabungan skala besar di bawah kondisi cuaca dan iklim yang sulit.”

READ  Turis Inggris selamat dari longsoran salju di Pegunungan Tian Shan di Kirgistan | Kirgistan

Finlandia Presiden baru Alexander StubbDia akan memeriksa latihan tersebut bersama Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Sture di Norwegia utara pada 7 Maret. Ini adalah perjalanan luar negeri pertama Stubb sejak ia dilantik sebagai presiden baru Finlandia dan komandan militer tertinggi pada 1 Maret.

Putri Mahkota Swedia Victoria akan mengunjungi pangkalan udara di Swedia utara pada 11 Maret, kata militer Swedia.