November 29, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Mengapa gempa bumi dangkal di Indonesia begitu berbahaya?

Jakarta – Magnitudo gempa adalah 5,6 160 orang meninggal Ratusan orang terluka setelah bangunan runtuh di pulau utama Indonesia di Jawa.

Mayat terus ditarik dari puing-puing Selasa pagi di kota Siangjur, di provinsi Jawa Barat yang paling padat penduduknya dan 217 kilometer (135 mil) selatan ibu kota, Jakarta. Banyak lagi yang hilang.

Sementara besarnya ini biasanya diperkirakan akan menyebabkan kerusakan ringan pada bangunan dan struktur lainnya, para ahli percaya kedekatan dengan garis patahan, kedangkalan gempa dan infrastruktur yang tidak memadai untuk menahan gempa berkontribusi pada kerusakan tersebut.

Berikut adalah melihat lebih dekat pada gempa bumi dan beberapa alasan mengapa itu sangat dahsyat:

__

Apakah gempa hari Senin dianggap “kuat”?

Survei Geologi AS mengatakan gempa Senin sore berkekuatan 5,6 skala Richter dan melanda pada kedalaman 10 kilometer (6,2 mil).

Gempa bumi sebesar ini biasanya tidak menyebabkan kerusakan luas pada infrastruktur yang dibangun dengan baik. Tapi agensi Dia menunjuk, “Tidak ada jumlah di atas mana kerusakan dapat terjadi. Itu tergantung pada variabel lain seperti jarak dari gempa, jenis tanah yang Anda gunakan, konstruksi bangunan” dan faktor lainnya.

Puluhan bangunan rusak di Indonesia, termasuk pesantren, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya. Jalan dan jembatan juga rusak, dan listrik padam di beberapa bagian wilayah tersebut.

__

Mengapa gempa bumi menyebabkan begitu banyak kerusakan?

Kedekatan dengan garis patahan, kedalaman getaran tanah dan kegagalan untuk membangun bangunan menggunakan metode anti-seismik menjadi faktor penyebab bencana tersebut, kata para ahli.

Gayatri Marliani, asisten profesor geografi di Universitas Katja Mada di Yogyakarta, Indonesia, mengatakan, “Gempa tersebut berkekuatan sedang, tetapi dekat dengan permukaan. “Energinya masih cukup besar untuk menyebabkan getaran signifikan yang menyebabkan kerusakan.”

READ  Indonesia dan Foxconn sedang dalam pembicaraan untuk berinvestasi dalam kendaraan listrik

Marliani mengatakan daerah yang paling parah terkena dampak di dekat beberapa patahan yang diketahui.

Patahan adalah celah panjang pada batuan yang membentuk permukaan bumi. Ketika gempa bumi terjadi di salah satu patahan ini, batuan di satu sisi patahan akan bergeser ke sisi lainnya.

“Dibandingkan dengan daerah lain di Jawa, daerah ini mungkin lebih banyak mengalami patahan lokal,” kata Marliani.

Dia menambahkan, meski ada beberapa sesar yang terkenal di kawasan itu, masih banyak sesar aktif yang belum dipelajari dengan baik.

Banyak bangunan di daerah itu tidak dibangun dengan desain tahan gempa, yang selanjutnya berkontribusi pada kerusakan, kata ahli geologi gempa Danny Hilman Ndawitjaja dari Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI.

“Ini membuat gempa dengan ukuran dan kedalaman seperti ini menjadi lebih dahsyat,” katanya.

__

Apakah gempa bumi seperti ini sering terjadi di Indonesia?

Negara berpenduduk lebih dari 270 juta jiwa ini sering dilanda gempa, letusan gunung berapi, dan tsunami karena terletak di busur gunung berapi dan disebut “Cincin Api” di Cekungan Pasifik. Wilayah ini terbentang sekitar 40.000 kilometer (25.000 mil) dan merupakan tempat terjadinya sebagian besar gempa bumi di dunia.

Banyak gempa bumi di Indonesia berukuran kecil dan menyebabkan sedikit kerusakan. Tapi ada juga gempa bumi yang mengerikan.

Pada bulan Februari, gempa berkekuatan 6,2 melanda provinsi Sumatera Barat, menewaskan sedikitnya 25 orang dan melukai lebih dari 460 orang. Pada Januari 2021, gempa bermagnitudo 6,2 melanda provinsi Sulawesi Barat, menewaskan lebih dari 100 orang dan melukai hampir 6.500 orang.

Gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia yang kuat pada tahun 2004 menewaskan 230.000 orang di belasan negara, sebagian besar di Indonesia.

READ  Pertamina mendukung tujuan Indonesia untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060

___

Associated Press didukung oleh Departemen Kesehatan dan Sains, Departemen Pendidikan Sains Howard Hughes Medical Institute. AP bertanggung jawab penuh atas semua konten.

Hak Cipta 2022 Associated Press. Seluruh hak cipta. Konten ini tidak boleh dipublikasikan, disiarkan, ditulis ulang, atau didistribusikan ulang tanpa izin.