Juli 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Melemahnya nilai tukar rupiah membuat Indonesia mempunyai perkiraan defisit anggaran yang semakin besar

Melemahnya nilai tukar rupiah membuat Indonesia mempunyai perkiraan defisit anggaran yang semakin besar

Defisit fiskal Indonesia akan lebih besar dari perkiraan pada tahun 2024 karena melemahnya nilai tukar rupiah meningkatkan biaya fiskal dan subsidi pemerintah.

Isi Artikel

(Bloomberg) — Defisit fiskal Indonesia akan lebih besar dari perkiraan pada tahun 2024 karena melemahnya rupiah meningkatkan pembiayaan pemerintah dan biaya subsidi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indravati pada hari Senin mengatakan pada sidang parlemen mengenai pembaruan fiskal tahun ini bahwa pertumbuhan PDB diperkirakan sebesar 2,7%, naik dari perkiraan awal sebesar 2,29% pada awal tahun.

Periklanan 2

Isi Artikel

Jika tidak termasuk tahun-tahun pandemi, angka tersebut akan menjadi defisit anggaran terbesar Indonesia sejak tahun 2005, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Level ini masih tunduk pada batas undang-undang sebesar 3%.

Meskipun ada dampak buruk terhadap anggaran akibat pelemahan rupee, gubernur bank sentral Perry Vargio mengatakan pada sidang yang sama bahwa para pengambil kebijakan mungkin mempertimbangkan langkah menuju pelonggaran moneter pada kuartal keempat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Depresiasi rupee, yang didorong oleh ketidakpastian suku bunga The Fed dan ketegangan geopolitik, menambah tekanan terhadap anggaran negara, khususnya belanja dan pembiayaan anggaran,” kata Indravati.

Defisit anggaran yang lebih besar didorong oleh peningkatan belanja pemerintah sebesar 87 triliun rupee ($5,4 miliar), melebihi 3,325 triliun rupee yang ditetapkan dalam anggaran tahun 2024. Sementara itu, estimasi penerimaan pajak diturunkan karena melemahnya harga komoditas yang berdampak pada pembayaran pajak penghasilan badan.

Pengeluaran kementerian, yang berasal dari pinjaman dalam dan luar negeri, meningkat, sementara pemilihan kepala daerah mendatang meningkatkan pengeluaran, kata Indravati. Subsidi dan kompensasi energi meningkat karena depresiasi rupee, yang membuat impor minyak menjadi lebih mahal. Kementerian Keuangan memperkirakan rupee akan diperdagangkan antara 16.000 dan 16.200 per dolar pada paruh kedua.

Isi Artikel

Periklanan 3

Isi Artikel

Situasi di Indonesia menggarisbawahi perlambatan ekonomi yang harus dihadapi negara-negara berkembang pada tahun ini, yang ditandai dengan kenaikan suku bunga jangka panjang di AS yang mendorong penguatan dolar. Rupee memperoleh kembali keuntungan pada bulan Juli setelah mencapai level terendah empat tahun di 16.450 pada bulan lalu. Hingga saat ini, mata uang tersebut masih turun 5,3% terhadap greenback.

Menurut Gubernur Vargio, bank sentral akan mempertahankan suku bunga acuan tetap stabil di 6,25%, meskipun otoritas moneter mungkin mempertimbangkan untuk menurunkan biaya pinjaman pada kuartal berikutnya setelah mata uang stabil.

Dia menegaskan kembali bahwa stabilitas rupee adalah fokus bank sentral dan mata uang akan menguat karena prospek pertumbuhan ekonomi yang baik akan menarik lebih banyak arus masuk. Dia memperkirakan rata-rata rupee akan berada di antara 15.700 dan 16.100 terhadap dolar tahun ini.

“Tekanan terhadap rupee mulai mereda berkat perkembangan data ekonomi global terkini, khususnya dari AS. Kemungkinan kebijakan penurunan suku bunga oleh bank sentral dapat semakin meningkatkan peluang masuknya modal masuk pada paruh kedua tahun ini,” kata Joshua. Burdate, Kepala Ekonom di PT Bank Permata.

Periklanan 4

Isi Artikel

Pengendalian biaya

Abdullah, ketua komite anggaran parlemen, menyerukan pembatasan pengeluaran pada sidang hari Senin. “Proyek-proyek yang kurang menekankan pada peningkatan pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja harus dipertimbangkan kembali,” katanya.

READ  Pupuk PH Mata dari Indonesia

Meski mengalami defisit yang besar, Indonesia berencana mengurangi target penerbitan obligasi pemerintah sebesar Rp214,6 triliun pada tahun ini, dengan menggunakan cadangan kas sekitar Rp100 triliun untuk pendanaan.

Berikut prospek anggaran terkini tahun 2024:

– Dengan bantuan Norman Harsono dan Rachel Cecilia.

(Direvisi sepenuhnya untuk memasukkan komentar dari Bank Sentral dan Menteri Keuangan serta Outlook Rupee.)

Isi Artikel