Mei 2019, Gerbang Tol Cikarang Utama Pindah ke KM 70 | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Bekasi 24 Jam

Mei 2019, Gerbang Tol Cikarang Utama Pindah ke KM 70

foto : review bekasi

REVIEW, Bekasi – Gerbang tol Cikarang Utama yang semula berada di KM 29 akan dipindah ke KM 69 dan 70. PT Jasa Marga Tbk telah memastikan pemindahan GT Cikarang Utama yang kerap menimbulkan kemacetan dan antrian panjang.

Pemindahan GT Cikarang Utama dinilai dapat memecah antrian panjang yang kerap terjadi. General Manager PT Jasa Marga Cabang Tol Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman, mengatakan, proses pemindahan ini telah memasuki tahap awal, yaitu pengecekan kontur tanah.

Proses pemindahan tersebut akan dikebut mengingat beberapa bulan lagi akan ada arus mudik lebaran. Raddy menargetkan pemindahan GT Cikarang Barat akan rampung pada awal Mei atau sebelum mudik lebaran

“Kami targetkan pemindahan GT Cikarang Utama itu selesai pada awal Mei 2019 atau sebelum arus mudik balik Lebaran 2019,” kata Raddy seperti dilansir dari Warta Kota, Selasa (5/2/2019).

Pemindahan GT Cikarang Utama memiliki beberapa pertimbangan diantaranya :

  1. Sudah terkoneksinya tol transjawa dari Jakarta sampai dengan Surabaya yang sangat berpotensi meningkatkan volume lalu lintas saat arus mudik balik Lebaran 2019.
  2. Adanya gangguan terhadap kelancaran flow arus lalu lintas khususnya arah ke Jakarta/arus balik lebaran karena keberadaan Pier-pier Japek Elevated dibelakang gerbang exit Cikarang Utama.
  3. Karakteristik lalu lintas (lalin) harian, lalin lokal/komuter tol Japek yang semakin dominan dan bergeser ke arah timur jakarta (terlihat dari sekitar 60% transaksi tol di Cikarang Utama adalah lalin lokal ruas Japek).
  4. Kapasitas transaksi gerbang tol Cikarang Utama yang sulit ditingkatkan lagi karena keterbatasan lahan yang ada
  5. Relokasi GT Cikarang Utama ke km 70 memberikan konsekuensi perubahan sistem transaksi pad tol Japek menjadi full menggunakan sistem transaksi terbuka.

Raddy Pemindahan gerbang tol Cikarang Utama tersebut diharapkan akan mengurangi frekuensi berhentinya kendaraan di gerbang tol yang tadinya dua kali menjadi satu kali.

Karena gerbang baru yang rencannya akan dipindahkan di Km 69 dan 70. Untuk di Km 69 khusus yang ingin menuju ke Sadang-Purwakarta dan akses menuju tol Purbaleunyi atau Cipularang. Sedangkan gerbang tol di Km 70 Tol Jakarta-Cikampek ditujukan untuk akses menuju Cipali atau Tol Trans Jawa.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top