Juni 15, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Malawi: Tentara mencari pesawat militer yang hilang yang membawa wakil presiden dan mantan ibu negara

Malawi: Tentara mencari pesawat militer yang hilang yang membawa wakil presiden dan mantan ibu negara

Blantyre, Malawi (AP) — Presiden Lazarus Chakwera mengatakan tentara sedang mencari di hutan pegunungan dekat sebuah kota di utara Malawi setelah sebuah pesawat militer yang membawa wakil presiden dan mantan ibu negara negara itu menghilang di daerah itu pada Senin.

Pesawat yang membawa Wakil Presiden Saulos Chilima yang berusia 51 tahun, mantan Ibu Negara Chanel Dzimbiri dan delapan orang lainnya meninggalkan ibu kota negara Afrika selatan, Lilongwe, pada pukul 09:17 dan diperkirakan mendarat 45 menit kemudian di Bandara Internasional Mzuzu. 370 kilometer (230 mil) ke utara.

Namun pengawas lalu lintas udara memintanya untuk tidak mencoba mendarat dan kembali karena kondisi cuaca buruk dan jarak pandang yang buruk, kata Chakwera dalam pidato yang disiarkan langsung di stasiun televisi pemerintah MBC.

Dia menambahkan bahwa menara pengawas lalu lintas udara kehilangan kontak dengan pesawat dan menghilang dari layar radar beberapa saat kemudian.

“Saya tahu ini adalah situasi yang memilukan. Saya tahu kita semua takut dan khawatir. Saya juga khawatir,” kata Chakwera. “Tetapi saya ingin meyakinkan Anda bahwa saya tidak menyia-nyiakan sumber daya yang tersedia untuk menemukan pesawat itu. “Saya berpegang teguh pada harapan bahwa kita akan menemukan orang yang selamat.”

Mzuzu adalah kota terbesar ketiga di Malawi dan ibu kota Wilayah Utara. Terletak di kawasan hutan pegunungan yang didominasi oleh pegunungan Viphya, yang mencakup perkebunan pohon pinus yang luas.

Presiden berjanji untuk melanjutkan operasi pencarian sepanjang malam, dan mengatakan bahwa pihak berwenang menggunakan menara komunikasi untuk menelusuri lokasi terakhir pesawat yang diketahui hingga radius 10 kilometer (6 mil) di sebuah peternakan. Ia menambahkan, kawasan tersebut menjadi fokus operasi pencarian dan penyelamatan yang dilakukan Angkatan Pertahanan Malawi.

READ  Setidaknya 6 orang tewas dalam serangan rudal Rusia di Ukraina selatan dan penembakan di timur

“Saya sudah memberikan perintah tegas bahwa operasi harus dilanjutkan sampai pesawat ditemukan,” kata Chakwera.

Chakwera mengatakan Amerika Serikat, Inggris, Norwegia dan Israel telah menawarkan bantuan dalam pencarian dan menyediakan “teknologi khusus” yang diharapkan presiden dapat membantu menemukan pesawat tersebut lebih cepat.

Chakwera mengatakan Dzimbiri, mantan istri mantan presiden Bakili Muluzi, juga termasuk di antara penumpang tersebut. Rombongan tersebut melakukan perjalanan untuk menghadiri pemakaman mantan menteri pemerintah. Presiden mengatakan, tiga orang di dalamnya adalah awak militer yang menerbangkan pesawat tersebut.

Chakwera meminta warga Malawi untuk mendoakan semua penumpang dan keluarga mereka.

Chilima telah menjadi Wakil Presiden sejak tahun 2020.

Ia menjadi kandidat pada pemilihan presiden Malawi 2019 dan menempati posisi ketiga. Pemungutan suara ini dimenangkan oleh Presiden saat ini Peter Mutharika, namun Mahkamah Konstitusi di Malawi membatalkannya karena adanya kejanggalan. Chakwera menempati posisi kedua dalam pemilihan itu.

Chilima kemudian bergabung dengan kampanye Chakwera sebagai cawapresnya Pemilihan ulang yang bersejarah Pada tahun 2020, ketika Chakwera terpilih sebagai presiden. Ini adalah pertama kalinya di Afrika hasil pemilu yang dibatalkan oleh pengadilan menyebabkan kekalahan presiden yang sedang menjabat.

Wakil presiden tersebut menghadapi dakwaan korupsi atas tuduhan bahwa ia menerima uang sebagai imbalan karena mempengaruhi pemberian kontrak pemerintah, namun jaksa membatalkan dakwaan tersebut bulan lalu. Hal ini menimbulkan kritik bahwa pemerintahan Chakwera tidak mengambil sikap yang cukup tegas terhadap korupsi.

Chilima ditangkap pada akhir tahun 2022 dan telah muncul di pengadilan beberapa kali, namun persidangannya belum dimulai. Dia telah membantah semua tuduhan.

___

Imray melaporkan dari Cape Town, Afrika Selatan.

___

Berita IP Afrika: https://apnews.com/hub/africa

READ  Presiden Tiongkok Xi Jinping menawarkan untuk "membuka cakrawala baru" bagi Prancis beberapa hari setelah kunjungan Macron ke India