Juni 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Perang antara Israel dan Hamas: Blinken kembali ke Timur Tengah dengan rencana gencatan senjata tetap seimbang

Perang antara Israel dan Hamas: Blinken kembali ke Timur Tengah dengan rencana gencatan senjata tetap seimbang

Tel Aviv (AFP) – Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken Keduanya kembali ke Timur Tengah seperti yang disarankan Perjanjian gencatan senjata antara Israel dan Hamas Menggantung di keseimbangan setelah menyelamatkan keempatnya Sandera Israel ditahan di Gaza Dalam serangan militer dan setelah kerusuhan baru-baru ini di pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Karena belum ada tanggapan publik yang tegas dari Hamas atau Israel terhadap proposal yang mereka terima 10 hari lalu, Blinken memulai kunjungan kedelapannya ke wilayah tersebut sejak serangan itu. Konflik dimulai pada bulan Oktober Dengan bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, mediator utama gerakan bersenjata Hamas, dan kemudian melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Blinken sekali lagi meminta Hamas untuk menerima rencana tersebut, yang menurutnya mendapat dukungan luas internasional.

“Jika Anda menginginkan gencatan senjata, berikan tekanan pada Hamas untuk mengatakan ya,” katanya kepada wartawan sebelum meninggalkan Kairo dalam perjalanan yang akan membawanya ke Israel, Yordania dan Qatar. Blinken mengatakan Israel telah menerima proposal tersebut, meski Netanyahu tidak mengatakannya secara langsung.

“Saya tahu ada orang-orang yang pesimis dengan ekspektasi tersebut,” kata Blinken, seraya menyerahkan tanggung jawab sepenuhnya kepada Hamas. “Hal ini dapat dimengerti. Hamas terus menunjukkan sinisme yang luar biasa dalam tindakannya, kurangnya kepedulian tidak hanya terhadap kesejahteraan dan keamanan warga Israel tetapi juga warga Palestina.”

Blinken mengatakan rencana yang dibahas adalah “cara terbaik” untuk mencapai gencatan senjata, membebaskan sandera yang tersisa, dan meningkatkan keamanan regional.

Warga Palestina melihat dampak pemboman Israel di kamp pengungsi Nuseirat, Jalur Gaza, Sabtu 8 Juni 2024. (AP Photo/Jehad Alshrafi)

Meskipun Presiden Joe Biden, Blinken, dan pejabat AS lainnya memuji operasi penyelamatan sandera, operasi tersebut mengakibatkan kematian sejumlah besar warga sipil Palestina dan melukai banyak orang lainnya. Hal ini mungkin mempersulit proses gencatan senjata Dengan mendorong Israel dan memperkuat tekad Hamas untuk terus berperang, Hamas memulainya dengan serangan terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober.

READ  Brasil: Korban tewas akibat hujan lebat naik menjadi 84

“Sulit untuk mengatakan bagaimana Hamas akan melakukan pendekatan terhadap operasi khusus ini dan apa yang akan mereka lakukan untuk menentukan apakah mereka akan mengatakan ya atau tidak,” kata Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional Biden, pada hari Minggu. “Kami berharap dengan dukungan yang cukup, dan komunitas internasional berbicara dengan satu suara, Hamas akan mampu mendapatkan jawaban yang tepat,” kata Sullivan pada acara “This Week” di ABC.

Dalam pembicaraannya dengan Sisi, Blinken juga membahas rencana pemerintahan pasca konflik dan rekonstruksi di Gaza, pasca kehancuran besar-besaran yang terjadi di sana.

“Penting untuk mempunyai rencana, dan itu harus mencakup keamanan, dan harus mencakup tata kelola, dan harus mencakup rekonstruksi,” kata Blinken.

Masyarakat memprotes pemerintahan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan menuntut pembebasan sandera yang ditahan Hamas di Jalur Gaza, di Tel Aviv, Israel, Sabtu, 8 Juni 2024. Israel pada Sabtu mengatakan telah menyelamatkan empat sandera yang berada diculik dalam serangan pimpinan Hamas pada 7 Oktober. Oktober, operasi pemulihan terbesar sejak dimulainya perang di Gaza.  (Foto AP/Ohad Zwegenberg)

Masyarakat memprotes pemerintahan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan menyerukan pembebasan sandera yang ditahan kelompok militan Hamas di Jalur Gaza, di Tel Aviv, Israel, Sabtu, 8 Juni 2024. (AP Photo/Ohad Zwigenberg)

Andrei Kozlov, 27, diculik dari Israel dalam serangan pimpinan Hamas pada 7 Oktober 2023, tiba dengan helikopter di Sheba Medical Center di Ramat Gan, Israel, Sabtu, 8 Juni 2024. (AP Photo/Tomer Appelbaum)(AP Photo ) Tekan/Tomer Appelbaum)

Andrei Kozlov, 27, diculik dari Israel dalam serangan pimpinan Hamas pada 7 Oktober 2023, tiba dengan helikopter di Sheba Medical Center di Ramat Gan, Israel, Sabtu, 8 Juni 2024. Israel mengatakan telah menyelamatkan empat sandera di Gaza yang diculik dalam serangan yang dipimpin oleh Hamas pada 7 Oktober. (Foto AP/Tomer Appelbaum)(Foto AP/Tomer Appelbaum)

Netanyahu dan pemerintahannya menolak seruan untuk membuat rencana “sehari setelahnya” yang akan menghalangi Israel untuk memberikan kehadiran keamanan di wilayah tersebut. Blinken mengatakan dia akan mendesak Israel untuk mencari alternatif yang dapat diterima.

Dia berkata: “Akan sangat baik bagi Israel untuk menyampaikan gagasannya sendiri mengenai masalah ini, dan saya akan berbicara dengan pemerintah mengenai masalah ini.” “Tetapi bagaimanapun juga, kita harus mempunyai rencana-rencana ini, kita harus melaksanakannya, dan kita harus siap untuk berangkat jika kita ingin mendapatkan manfaat dari gencatan senjata.”

READ  Rusia meluncurkan rudal melalui Ukraina dan mengkonsolidasikan keuntungan di timur

Rencana gencatan senjata tiga fase tersebut menyerukan pembebasan lebih banyak sandera dan penghentian sementara permusuhan yang akan berlangsung selama diperlukan untuk merundingkan fase kedua, yang bertujuan untuk pembebasan semua sandera dan “penarikan total angkatan bersenjata. ” Pasukan Israel dari Gaza” dan “penghentian permusuhan secara permanen,” menurut resolusi yang dirancang oleh Amerika Serikat dan diajukan ke Dewan Keamanan PBB. Tahap ketiga mencakup rekonstruksi Gaza.

Dewan Keamanan dijadwalkan melakukan pemungutan suara pada Senin sore mengenai resolusi yang menyambut usulan tersebut dan mendesak Hamas untuk menerimanya.

Namun Hamas mungkin bukan satu-satunya kendala.

Meskipun kesepakatan itu digambarkan sebagai inisiatif Israel dan ribuan warga Israel berdemonstrasi mendukungnya,… Netanyahu telah menyatakan keraguannyaMengingat apa yang disampaikan ke publik tidak akurat dan Israel masih berkomitmen untuk menghancurkan Hamas.

Sekutu sayap kanan Netanyahu mengancam akan meruntuhkan pemerintahannya jika dia menerapkan rencana tersebut. Benny Gantzsentris yang populer, Pada hari Minggu dia mengundurkan diri dari kabinet perang yang beranggotakan tiga orang Setelah mengatakan dia akan melakukannya jika Perdana Menteri tidak menyusun rancangan undang-undang Sebuah rencana baru untuk Gaza pascaperang Setelah penyelamatan sandera, Netanyahu mendesaknya untuk tidak mundur.

Blinken telah bertemu dengan Netanyahu, Menteri Pertahanan Yoav Galant, Gantz dan pemimpin oposisi Israel Yair Lapid di hampir semua perjalanan sebelumnya ke Israel. Blinken diperkirakan akan bertemu dengan Gantz pada hari Selasa, kata para pejabat.

Meskipun Blinken melakukan kunjungan ke wilayah tersebut sekitar sebulan sekali sejak perang dimulai, konflik terus berlanjut dengan lebih dari 37.120 warga Palestina tewas, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, yang tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan dalam statistiknya. Hamas dan militan lainnya membunuh sekitar 1.200 orang dalam serangan tanggal 7 Oktober, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil, dan menyandera sekitar 250 orang.

READ  Anehnya, Perdana Menteri Inggris yang baru adalah Amerika

Perang telah sangat mengganggu aliran air Makanan, obat-obatan dan perbekalan lainnya Bagi warga Palestina di Gaza yang menghadapi… Kelaparan yang meluas. Badan-badan PBB mengatakan bahwa lebih dari satu juta orang di kawasan ini mungkin terkena fenomena ini Tingkat kelaparan tertinggi Pada pertengahan Juli.

Di Yordania, Blinken akan berpartisipasi dalam konferensi internasional darurat mengenai peningkatan aliran bantuan ke Gaza.

___

Ikuti liputan AP tentang perang di Gaza https://apnews.com/hub/israel-hamas-war