Mei 24, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Letusan gunung berapi di Islandia: Penghalang menguat saat lava mengalir menuju kota | Islandia

Letusan gunung berapi di Islandia: Penghalang menguat saat lava mengalir menuju kota |  Islandia

Tim darurat bekerja sepanjang malam untuk memperkuat penghalang pertahanan di sekitar kota nelayan Grindavik yang dievakuasi, ketika lava dari letusan gunung berapi keempat di Semenanjung Reykjanes Islandia sejak Desember mengalir ke arah mereka.

Setelah berminggu-minggu peringatan bahwa batuan setengah cair terakumulasi di bawah tanah, Kantor Meteorologi Islandia (IMO) mengatakan letusan tersebut, yang terjadi pada hari Sabtu pukul 20.23 waktu setempat (2023 GMT) menciptakan retakan sepanjang sekitar 3 kilometer di bumi. Di antara dua gunung.

IMO mengatakan lava mengalir terutama di selatan dan tenggara dengan kecepatan sekitar satu kilometer per jam dalam semalam dan bisa mencapai laut. Tanggul dan penghalang pertahanan telah diperkuat untuk mencegah lapisan lava yang “lebih luas” menghancurkan jalan utama pantai.

Pada Minggu tengah hari, para ilmuwan mengatakan arus sungai tampaknya agak melambat, namun masih menimbulkan risiko terhadap infrastruktur di dalam dan sekitar Grindavik. “Aktivitas seismik telah menurun sejak letusan dimulai,” kata Palme Erlendsson dari IMO kepada RÚV Radio.

Pakar IMO lainnya, Einar Horleifsson, mengatakan penghalang yang dipasang oleh pihak berwenang di sekitar kota tampaknya menahan dan mengalihkan arus keluar dari fasilitas utama, namun aliran terpisah menuju pembangkit listrik tenaga panas bumi masih menimbulkan risiko.

Kendaraan darurat diparkir di jalan dekat aktivitas gunung berapi pada hari Sabtu. Foto: Marco De Marco/AP

Pembangkit listrik Svartsinji, yang menyediakan listrik dan air untuk sekitar 30.000 orang di Semenanjung Reykjanes, telah dievakuasi dan dioperasikan dari jarak jauh sejak letusan pertama di wilayah tersebut, dan bendungan telah dibangun untuk melindunginya.

Lokasi letusan terletak beberapa mil timur laut Grindavik, dan sekitar 30 mil barat daya ibu kota Islandia, Reykjavik. Sebanyak 3.800 penduduk kota tersebut dievakuasi sebelum letusan gunung berapi pertama pada bulan Desember lalu, dan hanya 100 orang yang kembali sejak saat itu.

READ  Pasukan Israel mengepung Kota Gaza dan mengisolasi bagian utara Jalur Gaza yang terkepung, yang dikendalikan oleh Hamas.

Ratusan orang dievakuasi dari resor termal Blue Lagoon di dekatnya, salah satu tempat wisata paling populer di Islandia, ketika rekaman menunjukkan asap mengepul dan magma merah-oranye naik dari tanah, RÚV melaporkan.

Magnus Tommy Gumundsson, seorang ahli geofisika yang terbang di atas lokasi tersebut dengan helikopter. Dia memberitahu Atap Dia menambahkan bahwa letusan pada hari Sabtu adalah yang paling kuat di semenanjung tersebut, dengan retakan yang lebih panjang dibandingkan letusan sebelumnya, yang menurutnya “sangat aktif” pada Sabtu malam.

Beberapa warga yang telah kembali ke rumah mereka di Grindavik sejak letusan terakhir pada bulan Februari, yang memutus aliran listrik bagi lebih dari 20.000 orang karena aliran lahar menghancurkan jalan dan saluran pipa, telah dievakuasi dengan selamat, kata para pejabat.

Kota ini pertama kali dievakuasi pada bulan November ketika sistem vulkanik Svartsinje terbangun setelah hampir 800 tahun oleh serangkaian gempa bumi yang menciptakan retakan besar di tanah di utara kota, yang akhirnya meletus pada tanggal 18 Desember.

Pada saat itu, kota tersebut selamat, namun letusan kedua yang dimulai pada tanggal 14 Januari mengirimkan lahar ke arahnya dan banyak bangunan hancur, meskipun tembok pertahanan diperkuat setelah letusan pertama menghentikan sebagian besar alirannya.

Letusan ketiga pada 8 Februari hanya berlangsung beberapa jam, namun menelan pipa air panas besar. Letusan Reykjanes baru-baru ini tidak mempengaruhi penerbangan domestik atau internasional dari bandara Islandia.

Islandia terletak di hotspot vulkanik di Samudra Atlantik Utara dan merupakan rumah bagi 33 sistem vulkanik aktif. Pihak berwenang memiliki pengalaman luas dalam menangani ledakan yang berulang kali. Peristiwa yang paling mengganggu baru-baru ini adalah letusan gunung berapi Eyjafjallajökull pada tahun 2010, yang menyebabkan penutupan wilayah udara secara luas di Eropa.

READ  “Anjing terbesar di dunia” Bobby sedang diselidiki oleh Guinness World Records