Juni 15, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kontroversi seputar hasil pemilu Indonesia

Kontroversi seputar hasil pemilu Indonesia

Hasil pemilu Indonesia baru-baru ini telah menimbulkan kontroversi dan menimbulkan pertanyaan mengenai integritas proses pemilu di Indonesia.

Pemilu Indonesia, yang diadakan pada tanggal 14 Februari, menentukan presiden berikutnya dan memilih badan legislatif di tingkat nasional dan provinsi. Namun tuduhan kecurangan dan pelanggaran sebelum, selama dan setelah hari pemungutan suara membayangi legitimasi hasil pemilu.

KPU mengumumkan mantan Jenderal Prabowo Subianto dan saingannya Gibran Rakabuming (putra mantan Presiden Joko Widodo) menang. 58,5 persen Pilih.

Namun hanya dalam waktu tiga hari setelah pengumuman calon Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) dan Kanjar Pranovo – Mahfud MD (GAMA) mengajukan permohonan penolakan putusan tersebut ke Mahkamah Konstitusi.

Pemilu di Indonesia: Poin-Poin Debat Penting

Protes terhadap hasil tersebut diperkirakan akan terjadi.

Salah satu poin utama perdebatan adalah mengenai perubahan undang-undang pemilu, khususnya mengenai persyaratan usia calon presiden dan wakil presiden.

Pada tanggal 16 Oktober 2023, Mahkamah Konstitusi berubah Undang-Undang Pemilu 2017 mewajibkan calon presiden dan wakil presiden berusia 40 tahun ke atas. Versi baru undang-undang tersebut menyatakan bahwa para kandidat harus “saat ini memegang atau pernah menduduki posisi di negara bagian yang dipilih melalui pemilu, termasuk pemilihan presiden di negara bagian tersebut.”

Keputusan Mahkamah Konstitusi untuk mengubah undang-undang tersebut memungkinkan Gibran Rakabuming, yang saat itu berusia 36 tahun, mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden. Kontroversi semakin meningkat ketika terungkap bahwa Ketua Mahkamah Agung mengawasi keputusan tersebut Paman GibranMenimbulkan kekhawatiran mengenai imparsialitas dan nepotisme dalam sistem peradilan.

Pada tanggal 7 November 2023, Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi berkesimpulan bahwa hal tersebut merupakan pelanggaran etik terhadap putusan Mahkamah Konstitusi dan Ketua Mahkamah Konstitusi. Dia dipecat. Delapan hakim lainnya juga diperiksa, namun keputusan tersebut tidak dibatalkan.

READ  Malaysia siap membantu Indonesia mengatasi kebakaran hutan dan lahan - Kementerian Luar Negeri RI

Seluruh anggota KPU RI dinilai oleh Badan Kehormatan Penyelenggara Pemilu dilanggar Etika Pencalonan Gibran sebagai Calon Wakil Presiden. KPU dituduh melaksanakan pendaftaran Gibran tanpa mengubah persyaratan usia minimum sesuai putusan Mahkamah Konstitusi, sehingga semakin melemahkan kredibilitas proses pemilu.

Politik tong babi Praktek umum Di antara petahana yang ingin dipilih kembali di Indonesia, namun pemilu baru-baru ini telah membawa praktik tersebut ke tingkat yang lebih tinggi. Bantuan tunai dalam jumlah besar, terutama melalui program bantuan sosial PanchoHal ini menimbulkan kecurigaan adanya pembelian suara dan penipuan pemilu.

Menteri Keuangan A 135 persen Pada Januari 2024 saja, pembayaran bantuan sosial meningkat menjadi 27,7 juta orang di seluruh Indonesia. Total penyaluran dana triliunan rupee menjadi pertanyaan Tuduhan Dana tersebut disalurkan di daerah yang pendukung Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud tinggi.

Insentif finansial diduga digunakan untuk mendapatkan dukungan terhadap Prabowo-Kibron di kalangan pegawai negeri sipil, polisi, dan militer. Mendapat kenaikan gaji sebagai imbalan atas dukungan.

Ada juga laporan mengenai taktik intimidasi yang mempengaruhi dukungan terhadap kandidat tertentu di Indonesia 82.395 Desa. Sejak tahun 2015, desa-desa tersebut telah menerima Dana Desa. Meski beritikad baik, namun dana tersebut seringkali bermasalah. Tidak semua kepala desa mempunyai kapasitas mengelola dana tersebut ada banyak dipertimbangkan Berkas rusak.

Pada tanggal 29 November, ribuan pemimpin desa menghadiri rapat umum di Lapangan GBK di Jakarta dan menyampaikan pengumuman tersebut. dukungan mereka Kepada Prabowo-Kibren. Kehadiran para kepala desa ini bersifat sukarela, namun banyak di antara mereka yang dikatakan telah diberitahu terancam Ia mengancam jika tidak datang maka administrasi keuangan desa akan diaudit dan diperiksa oleh penegak hukum. Intimidasi ini pun memaksa kepala desa Biarkan rakyatnya memilih Prabowo-Kibron.

Netralitas mantan Presiden Joko Widodo juga dipertanyakan. UU Pemilu 2017 memuat beberapa ketentuan yang diwajibkan Presiden harus menjaga netralitasnyaNamun ada banyak insiden ketidaknetralan yang dilakukan oleh beberapa pihak Menteri Aktif dan Presiden Joko Widodo diriDan tekanan juga diberikan kepada otoritas transisi sub-nasional Mendukung Prabowo-Kibron. Meskipun Hak Asasi Manusia PBB Panitia secara khusus mempertanyakan netralitas Joko Widodo dalam pemilu.

Keputusan untuk menyelenggarakan pemilu dalam satu putaran, bukan dua putaran, semakin menimbulkan kontroversi. Prabowo berpendapat bahwa satu putaran pemilu akan terlalu singkat Membingungkan, melelahkan dan mahalKritikus mempertanyakan keadilan dan transparansi proses tersebut.

READ  Tiga pertemuan terakhir kami adalah melawan Indonesia

Persoalan pemilu satu putaran telah menjadi sangat kontroversial di Papua. Sejak tahun 2004, pemilu telah digunakan di Papua sistem Nokan, memungkinkan satu kandidat menerima seluruh suara dan mencapai tingkat kemenangan 100 persen. Menurut undang-undang pemilu, 19 provinsi harus memperoleh lebih dari 20 persen suara untuk pemilu putaran. Namun satu Masa laranganPresiden Joko Widodo Ditambahkan tiga provinsi Ke Papua pada 17 November 2022. Tindakan ini dipandang sebagai Baik Prabowo-Kibron untuk memastikan putaran pemilu yang kritis.

Ada akademisi dan kelompok masyarakat sipil mengungkapkan kekhawatiran mereka, menyoroti pentingnya menjunjung tinggi prinsip-prinsip demokrasi dan perilaku etis dalam pemilu. Penyimpangan dan kontroversi pemilu memicu protes dan seruan untuk akuntabilitas.

Masa depan proses pemilu di Indonesia berada dalam ketidakpastian seiring dengan dimulainya perselisihan hukum di Mahkamah Konstitusi dan sidang parlemen. Hasil investigasi ini akan menentukan apakah dugaan pelanggaran tersebut akan dibiarkan begitu saja atau apakah akan diambil langkah-langkah untuk menjamin pemilu yang adil dan transparan di masa depan.

Harkristudy Harkrisnovo Ada Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Minat utamanya adalah hukum pidana, peradilan pidana, kriminologi dan hak asasi manusia. Beliau juga merupakan Ketua Dewan Profesor Universitas Indonesia.

Awalnya diterbitkan di bawah Kreatif Bersama Oleh 360 informasi™.

Di The Probe, komitmen kami terhadap jurnalisme berdampak sosial adalah inti dari semua yang kami lakukan. Didanai oleh individu masyarakat yang bermaksud baik, misi kami adalah menciptakan perubahan sosial yang positif dan memberikan dampak nyata melalui cerita yang kami laporkan. Jika Anda ingin mendukung kami, silakan kunjungi halaman Kekuatan Kebenaran kami dan berkontribusi pada tujuan yang paling sesuai dengan Anda. Hanya karena dukungan Anda, kami mampu menjaga semangat majalah kami tetap hidup selama masa-masa sulit ini. Klik tautan untuk mendukung kami membuat perbedaan: https://theprobe.in/truth-brigade

READ  BRIN mengembangkan model pengembangan pengungsi asing di Indonesia