Juni 21, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Ruang digital Indonesia sepi saat Idul Fitri: Kementerian

Ruang digital Indonesia sepi saat Idul Fitri: Kementerian

JAKARTA (Antara) – Ruang digital Indonesia bisa dibilang damai saat menjalani puasa Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 M, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebut tak ada kendala berarti.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Chettyadi di Jakarta, Rabu, mengatakan sejak Ramadan hingga Idul Fitri, beredarnya hoaks di ruang digital tidak banyak menimbulkan kegaduhan.

“Tidak masalah ya, tidak terlalu ribut,” imbuhnya.

Meski tidak merinci lebih jauh temuan hoaks atau permasalahan di ruang digital, ia mengatakan masyarakat Indonesia kini sudah lebih cerdas dalam menyikapi informasi yang tersebar di media sosial.

Masyarakat tidak lagi mudah tertipu dengan hoax karena mereka sudah mengetahui dasar-dasar media sosial dan melek digital.

Berita terkait: Pelayanan jaringan seluler optimal saat lebaran: Menteri

Oleh karena itu, suasana tenang sangat terasa di ruang digital pada periode Ramadhan hingga Idul Fitri tahun ini.

“Masyarakat semakin bijak dan dewasa di ruang digital. Ada yang mengumpat atau marah-marah (kepada orang lain) di media sosial, tapi secara keseluruhan tidak apa-apa. Sesuai dengan tema mudik 'Happy Exodus, Full Off'. Artinya , ” kata menteri.

Kominfo telah merilis e-book Mudikpedia untuk memberikan informasi dan panduan kepada masyarakat yang mudik lebaran tahun ini.

E-book tersebut memuat peta resep, pelacakan lalu lintas kendaraan, dan informasi layanan Idul Fitri 2024 yang dapat diakses melalui website Mudikpedia.

Mudiqpedia diharapkan dapat membantu masyarakat merencanakan perjalanannya sebelum dan sesudah Idul Fitri 1445 H.

Penjelasan dalam e-book ini lengkap sehingga mereka (penumpang) bisa memutuskan kapan berangkat dan rute mana (yang akan diambil), kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Usman Ganzong sebelumnya.

Berita terkait: Operator telekomunikasi meningkatkan kapasitas jaringan menjelang Idul Fitri

READ  Forum Perempuan G20 Dituduh Mengecualikan Penduduk Asli Indonesia | Bisnis dan Ekonomi