Juni 21, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Prabowo di Tiongkok: Presiden Terpilih Indonesia di Panggung Dunia

Prabowo di Tiongkok: Presiden Terpilih Indonesia di Panggung Dunia

Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto mengunjungi Tiongkok, Jepang dan Malaysia pekan lalu untuk mengisyaratkan niatnya untuk secara agresif mengembangkan hubungan luar negeri setelah ia menjabat pada bulan Oktober.

Jokowi tidak memaksa kapal nelayan Tiongkok dikawal kapal besar penjaga pantai Tiongkok di perairan Indonesia. Prabowo harus mempertimbangkan kembali situasi ini.

Sebagai Menteri Pertahanan pada masa Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Prabowo sudah sering bepergian ke luar negeri. Dididik di Kuala Lumpur, Zurich dan London dan pelatihan militer di Amerika Serikat, Prabowo juga mahir dalam keterlibatan internasional.

Hal ini terlihat dalam pertemuan antara Prabowo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada 1 April lalu. Mengingat kedekatan Xi dengan Jokowi, Xi ingin mengungkapkan sejauh mana upaya Prabowo untuk mempertahankan kebijakan Jokowi. Selama sepuluh tahun menjabat sebagai presiden, Jokowi setidaknya sudah enam kali mengunjungi Tiongkok.

Prabowo meyakinkan Xi Kontinuitas. Prabowo “sepenuhnya mendukung pengembangan hubungan Indonesia-Tiongkok yang lebih erat dan ingin melanjutkan kebijakan persahabatan Presiden Joko dengan Tiongkok,” CCTV Tiongkok mengutip ucapan Prabowo.

Xi menggambarkan Prabowo sebagai “teman lama rakyat Tiongkok” dan mengatakan Tiongkok memandang hubungannya dengan Indonesia dari perspektif strategis dan jangka panjang. Xi menyebut jalur kereta api berkecepatan tinggi yang dibangun Tiongkok antara Jakarta dan Bandung, yang dibuka pada bulan Oktober lalu, sebagai contoh “standar emas kerja sama berkualitas tinggi.” Bandung adalah ibu kota provinsi Jawa Barat, 142 kilometer tenggara Jakarta dengan kereta api.

Jokowi terus mencari lebih banyak investasi Tiongkok. Pada bulan April 2023, Luhut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, pemecah masalah Jokowi dalam menarik investasi besar, Binsar Panjaitan, mengunjungi kawasan industri utama Tiongkok untuk mengamati pabrik-pabrik yang digerakkan oleh robot. “Mereka ingin berbagi teknologi dan cepat dalam mengambil keputusan,” kata Luhut dalam wawancara podcast lokal pada Juli tahun lalu. “Seharusnya kita berteman dengan mereka asal mereka tidak memanipulasi kita,” pungkas Luhut, mantan jenderal TNI yang tidak berbasa-basi.

READ  Penambang Bitcoin yang berbasis di Indonesia melakukan penggerebekan untuk mencuri listrik dari jaringan nasional

Kerja sama ekonomi kuat. langsung Investasi asing dari Tiongkok akan mencapai 7,4 miliar USD pada tahun 2023. Perdagangan bilateral akan berjumlah USD 127,8 miliar pada tahun 2023. Namun kerja sama ini terjadi dalam konteks buruknya keselamatan dan hak-hak buruh. Pada dini hari tanggal 24 Desember 2023, terjadi ledakan di pabrik peleburan yang didanai China. Morrowali19 orang tewas di Pulau Sulawesi.

Intinya kunjungan ke Tiongkok a kesuksesan Baik untuk Prabowo maupun Xi.

Prabowo juga bertemu dengan Perdana Menteri Li Qiang dan Menteri Pertahanan Dong Jun. Prabowo membawa serta perwira militer bintang dua dan tiga. Tentu saja delegasi tersebut sangat ingin belajar tentang Tiongkok Militer Modernisasi dan rencananya pada tahun 2027, yang menandai seratus tahun Tentara Pembebasan Rakyat. Beberapa pengamat Amerika juga percaya bahwa ini adalah tahun dimana Tiongkok mampu mengambil alih Taiwan secara militer.

Hasil pembicaraan antara Prabowo dan rekan-rekannya dari Tiongkok di Laut Cina Selatan masih belum jelas.

Presiden G berkata, “Itu Penting Pencapaian berharga hubungan Tiongkok-Indonesia terletak pada ketaatan pada otonomi strategis, rasa saling percaya, dan gotong royong. Sehubungan dengan Laut Cina Selatan, “ketaatan pada otonomi strategis” dapat merujuk pada desakan Xi agar sembilan garis putus-putus Beijing diterima bersamaan dengan munculnya zona ekonomi eksklusif Indonesia. Posisi lama Jakarta adalah bahwa zona ekonomi yang disetujui PBB tidak dapat dinegosiasikan.

Jokowi tidak secara paksa mengundang kapal-kapal nelayan Tiongkok yang dijaga oleh kapal-kapal besar Penjaga Pantai Tiongkok di perairan Indonesia karena ia khawatir hal itu akan mengganggu hubungan ekonomi. Mengingat semakin besarnya kekuatan militer Tiongkok, Prabowo harus mempertimbangkan kembali sikapnya.

Prabowo telah berjanji untuk meningkatkan anggaran pertahanan Indonesia dari 0,8 persen PDB menjadi 1,5 hingga 2 persen. Namun dia harus memastikan bahwa hubungan dengan Tiongkok tetap beradab.

READ  Honda PCX 160 2023 Meluncur di Indonesia: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Intinya kunjungan ke Tiongkok a kesuksesan Baik untuk Prabowo maupun Xi.

Ji mendapat kabar bahwa Prabowo akan melanjutkan kerja dan pemikiran kebijakan Jokowi. Xi dapat yakin bahwa Indonesia tidak akan memihak dalam konflik negara besar mana pun. Prabowo menegaskan bahwa Indonesia akan tetap berpegang pada kebijakan luar negeri non-blok. Prabowo berunding dengan seorang pemimpin besar dunia dan diakui sebagai calon pemimpin kekuatan regional.

Setelah Beijing, Prabowo berangkat ke Tokyo dan Kuala Lumpur untuk melakukan kunjungan kehormatan dengan Perdana Menteri Fumio Kishida dan Perdana Menteri Anwar Ibrahim. Bertemu dengan tiga pemimpin Asia dalam waktu empat hari tampaknya akan memberikan pengakuan internasional kepada calon Presiden Indonesia, Prabowo. Tapi itu benar LegitimasiAtau kekurangannya, akan diuji pada tanggal 22 April ketika Mahkamah Konstitusi Indonesia menyidangkan kasus yang diajukan oleh dua lawan politik Prabowo yang gagal dalam pemilu, yang menuduh adanya kecurangan pemilu berskala besar.