Juli 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kegilaan saham GameStop: Investor bertanya-tanya siapa sebenarnya yang memanipulasi pasar

Kegilaan saham GameStop: Investor bertanya-tanya siapa sebenarnya yang memanipulasi pasar

Saat demam GameStop Corp kembali melanda para pengikut meme tersebut, penggemar influencer perdagangan Keith Gill menunggu satu saat: hari ketika dia, alias “Roaring Kitty,” alias “Deep F—-ing Value,” akan menjadi pahlawan mereka. Milyarder.

Ide ini tidak dibuat-buat. Selama dua minggu, Gill telah memposting foto kepemilikan besar-besaran di GameStop dan opsi panggilannya dalam portofolio yang mencapai lebih dari $550 juta pada 6 Juni. Meskipun ia telah menambah lebih banyak saham sejak saat itu, nilai dolar dari sahamnya dan kepemilikannya pada saham perusahaan telah menurun.

Dengan stok yang tidak banyak berubah sejak awal berdirinya Kegilaan terbaruKecemasan baru semakin meningkat di kalangan Wall Street dan pedagang ritel.

Reli GameStop yang asli pada tahun 2021 mengguncang gagasan shortselling hingga ke inti — mengikis daya tarik bertaruh melawan perusahaan yang sedang kesulitan ketika Anda akhirnya merasakan kemarahan Redditor. Kali ini, pertanyaan eksistensialnya adalah apa yang dimaksud dengan manipulasi pasar.

Apakah Anda memposting a Mimi, yang mungkin menghasilkan keuntungan langsung, melanggar semangat pasar yang bebas dan adil? Apakah sifat David versus Goliath dalam stok meme berubah? Bagaimana jika mereka melayangkan kucing Dia adalah Goliat? Bagaimana tepatnya dia membangun posisi yang lebih besar dari Charles Schwab?

“Kegilaan stok meme yang pertama adalah kita versus mereka, di mana ‘mereka’ adalah orang-orang yang menjual perusahaan favorit milenial seperti GameStop,” kata Steve Sosnick, kepala strategi di Interactive Brokers. “Tapi aku tidak yakin lagi siapa mereka.”

Gill tidak menanggapi permintaan komentar.

Hilangnya sihir

Pemimpin kelompok populis yang mengguncang Wall Street dalam reli saham meme asli tahun 2021, Gill kehilangan pesona populisnya, setidaknya bagi beberapa pengikutnya. Merek dan bahkan beberapa mantan penggemar memandang Jill dengan lebih curiga, dengan Redditor mengajukan pertanyaan seperti: “Cara Kembali Roaring Kitty bukanlah skema dasar pump-and-dump?

READ  Acara Berkshire Hathaway menawarkan wawasan bagus mengenai penerus Warren Buffett namun juga menimbulkan pertanyaan baru

Pada hari Kamis, cuplikan dari akun pialang Gill menunjukkan bahwa dia telah melepas posisi sebelumnya dari 120.000 opsi panggilan dan menambahkan lebih banyak GameStop, sehingga portofolionya menjadi sekitar 9 juta saham pengecer video game tersebut, senilai lebih dari $262 juta. (Postingan terakhir Gill pada tahun 2021 menunjukkan bahwa dia memiliki 200.000 saham senilai lebih dari $30 juta; GameStop melakukan pemecahan saham empat-untuk-satu pada Juli 2022.)

Ketika tindakan Gill membuat harga melonjak lagi, GameStop memanfaatkan volatilitas untuk menjual saham senilai lebih dari $2 miliar.

Terakhir, siapa pun yang membeli saham dalam sebulan terakhir dan menahannya, kemungkinan besar akan kehilangan uang dan memperoleh keuntungan. Bagi sebagian orang, satu perbedaan utama adalah bahwa hedge fund dan investor canggih lainnya telah beradaptasi selama tiga tahun dan kemungkinan besar akan terus maju — sehingga merugikan para penggemar perdagangan ritel selama satu generasi.

“Beberapa manajer kuantitatif memiliki model untuk melihat tren harga, dan model tersebut dengan cepat keluar dari suatu saham jika mereka melihat perubahan ke bawah yang signifikan,” kata Don Steinbrugge, CEO Agecroft Partners, yang membantu dana lindung nilai. Mengumpulkan uang. “Pada titik tertentu, investor ritel akan sadar dan menyadari bahwa terdapat risiko yang signifikan.”

Kekhawatiran akan manipulasi

Kejadian ini menyoroti pertanyaan tentang apa yang dimaksud dengan manipulasi pasar. The Wall Street Journal melaporkan bahwa pialang milik Morgan Stanley, E*Trade, sedang mempertimbangkan untuk melarang Jill menggunakan platformnya karena kekhawatiran tersebut, setelah sebelumnya melarang tokoh terkenal lainnya seperti Dave Portnoy, pendiri Barstool Sports yang mengudara sebagai Davey Day Trader dipecat dari broker.

Juru bicara E*Trade menolak berkomentar.

READ  Q4 Awal yang goyah karena saham goyah, tetapi minyak melonjak

Yang unik dari kasus Gill adalah bahwa manipulasi pasar biasanya melibatkan mendorong harga lebih tinggi untuk mengambil keuntungan dari pergerakan saham, kata Craig Marcus, mitra dan salah satu kepala kelompok pasar modal di firma hukum Ropes & Gray. Dia mengatakan jika rekaman Jill itu nyata, jelas tidak demikian.

“Anda boleh tidak setuju dengan tesisnya tentang nilai suatu saham, tetapi jika yang dia lakukan hanyalah menerapkan tesisnya dan tidak melakukan hal-hal manipulatif untuk mendapatkan keuntungan,” kata Marcus dalam sebuah wawancara, “sulit untuk membuktikan itikad buruknya.”

Memang benar, Gill dituduh menggunakan pengaruhnya untuk memanipulasi harga bahkan tiga tahun lalu ketika dia pertama kali muncul di hadapan publik. Pada tahun 2021, gugatan terhadap Gill dan MassMutual menuduh bahwa dia memanipulasi pasar melalui pengaruhnya yang sangat besar terhadap saham-saham tertentu.

Baca selengkapnya: MassMutual Mengakuisisi Setelan Manipulasi Pasar ‘Roaring Kitty’.

“Tiga tahun lalu hal ini mungkin menggelikan,” kata Peter Atwater, asisten profesor ekonomi di Universitas William & Mary. “Orang-orang menjadi lebih kesal karena hal ini daripada merasa terhibur karenanya, dan bagi saya ini merupakan indikasi bahwa perilaku ini tidak mungkin dibiarkan berlanjut.”

Ketika Gill kembali ke YouTube pada tanggal 6 Juni tanpa rincian apa yang akan dia bicarakan, saham tersebut naik hampir 50%, menambahkan $16 miliar ke nilai pasarnya dalam beberapa jam.

Dalam siaran langsung, yang menarik ratusan ribu penonton, Gill berbicara selama hampir satu jam dengan latar belakang volatilitas harga saham GameStop yang liar. Dia sepertinya merasa bisa mendapatkan pengawasan lebih dari para penggemar, regulator, dan profesional perdagangan.

“Haruskah aku berhati-hati dengan perkataanku di sini?” Diminta.

READ  Breakout atau jebakan banteng $40k? 5 hal yang perlu diketahui tentang Bitcoin minggu ini
Berlangganan Buletin Harian CFO untuk mengikuti tren, isu, dan eksekutif yang membentuk keuangan perusahaan. Daftar gratis.