Juni 21, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Israel menyatakan pihaknya menguasai perbatasan darat Gaza dengan Mesir

Israel menyatakan pihaknya menguasai perbatasan darat Gaza dengan Mesir

Ia memainkan

Israel secara efektif memperluas kendalinya atas seluruh perbatasan darat Jalur Gaza setelah tentaranya mengatakan bahwa mereka telah “menetapkan kendali operasional” atas zona penyangga yang memiliki kepentingan strategis yang memisahkan Jalur Gaza dari Mesir.

Koridor selebar sembilan mil, yang oleh militer Israel disebut dengan nama sandinya – “Koridor Philadelphia” – hingga hari Rabu merupakan satu-satunya perbatasan darat Gaza yang tidak dikontrol secara langsung oleh Israel. Hal ini terjadi pada saat Israel mengintensifkan serangannya terhadap kota Rafah di ujung selatan Jalur Gaza, menewaskan puluhan warga Palestina.

“Koridor Philadelphia berfungsi sebagai jalur oksigen bagi Hamas, yang secara teratur digunakan untuk menyelundupkan senjata ke wilayah Jalur Gaza,” kata juru bicara militer Israel Daniel Hagari dalam konferensi pers, merujuk pada kelompok militan yang telah dibasmi Israel di masa lalu. Delapan bulan berusaha menghancurkan karena serangan 7 Oktober.

Hajari tidak merinci apa yang dimaksud IDF dengan “kontrol operasional.” Mesir yang dikelola negara Berita Kairo Saluran tersebut menyatakan bahwa klaim Israel bahwa mereka menemukan 20 terowongan Hamas di koridor tersebut tidak benar.

Koridor tersebut, yang telah lama direbut Israel, dimaksudkan sebagai zona demiliterisasi antara Gaza dan Mesir. Hamas telah menguasai Jalur Gaza sejak mereka menguasai wilayah pesisir tersebut pada tahun 2007. Hamas telah membangun terowongan, beberapa di antaranya cukup lebar untuk menyelundupkan kendaraan dan bahan bangunan komersial, untuk menghindari blokade yang diberlakukan oleh Israel dan Mesir. Para pejabat Israel juga mengklaim bahwa Hamas menggunakan terowongan tersebut untuk menyelundupkan senjata yang digunakan dalam serangan 7 Oktober di Israel selatan.

READ  Para perunding hampir mencapai kesepakatan dengan Hamas untuk membebaskan para sandera

“Saya tidak yakin ini banyak membantu kami”: Negara-negara Eropa mengakui negara resmi Palestina

Investigasi terbarunya Organisasi Berita Mata Timur TengahLaporan tersebut menyimpulkan, dengan mengutip dokumen rahasia militer, bahwa insinyur militer Mesir telah menghancurkan lebih dari 2.000 terowongan yang menghubungkan Gaza ke Mesir sejak tahun 2011.

Mesir telah memerangi militan lokal yang bersekutu dengan ISIS di perbatasannya selama lebih dari satu dekade. Menurut investigasi Middle East Eye, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi memerintahkan angkatan bersenjatanya untuk melakukan studi kelayakan proposal penggalian kanal di sepanjang perbatasan dengan Gaza.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan kepada wartawan pada hari Rabu bahwa penyitaan Koridor Philadelphia oleh Israel konsisten dengan apa yang telah diberitahukan pejabat Israel kepada tim Presiden Joe Biden tentang rencana mereka untuk operasi “terbatas” di Rafah. “Ini melibatkan pergerakan di sepanjang koridor ini,” kata Kirby.

Secara terpisah, Penasihat Keamanan Nasional Tzachi Hanegbi, seorang pejabat senior Israel yang dekat dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, mengatakan kepada media Israel pada hari Rabu bahwa perang Israel melawan Hamas dapat berlanjut hingga akhir tahun.

“Kami mungkin memiliki tujuh bulan lagi pertempuran untuk mengkonsolidasikan keberhasilan kami dan mencapai apa yang kami gambarkan sebagai penghancuran kekuatan dan kemampuan militer Hamas,” kata Hanegbi.

Negosiasi yang bertujuan untuk gencatan senjata antara Israel dan Hamas dan pengembalian sandera yang ditahan oleh Hamas tampaknya terhenti. Diskusi ini berlangsung melalui mediator Mesir, Qatar dan Amerika Serikat