Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pemilu Afrika Selatan: Hasil pertama menunjukkan bahwa negara ini sedang menuju transformasi politik terbesar sejak apartheid

Pemilu Afrika Selatan: Hasil pertama menunjukkan bahwa negara ini sedang menuju transformasi politik terbesar sejak apartheid

Paul Potts/AFP/Getty Images

Para pemilih berbaris di luar tempat pemungutan suara di Lembah Gogo, Polokwane, pada 29 Mei 2024, saat pemilihan umum di Afrika Selatan.


Johannesburg, Afrika Selatan
CNN

Hasil awal dari pemilu Afrika Selatan Jajak pendapat menunjukkan bahwa Kongres Nasional Afrika yang berkuasa mungkin akan kehilangan mayoritasnya untuk pertama kalinya dalam 30 tahun.

Dengan hasil dari 22% TPS yang tersedia pada pukul 16.00 waktu setempat, dukungan terhadap ANC mencapai 43,5%.

Data dari komisi pemilu negara tersebut menunjukkan bahwa partai oposisi resmi, Aliansi Demokratik, memperoleh 24,7% suara, sedangkan Pejuang Kemerdekaan Ekonomi sayap kiri, sebuah partai sempalan dari Kongres Nasional Afrika, memperoleh 8,9%.

Kelompok penelitian yang terhormat Mirip dengan CSIR ANC memenangkan kurang dari 45% pemilu nasional pada Kamis pagi.

Pejabat di Komisi Independen Pemilihan Umum menekankan bahwa proses penghitungan suara resmi mungkin memakan waktu beberapa hari, dan di beberapa daerah pemilihan yang lebih besar mungkin memerlukan waktu lebih lama.

Chris McGrath/Getty Images

Masyarakat menyaksikan hasil pemungutan suara secara langsung di papan skor jajak pendapat nasional di Pusat Hasil Nasional Komisi Pemilihan Umum Independen pada 30 Mei 2024 di Johannesburg, Afrika Selatan.

Pada pemilu lalu, hasil pemilu di daerah pedesaan – dimana ANC mempunyai basis kuat – muncul belakangan, sehingga meningkatkan perolehan suara partai tersebut.

Setelah seluruh suara dihitung, jika ANC masih di bawah 50%, maka ANC akan terpaksa berkoalisi dengan satu partai atau lebih. Tergantung pada seberapa rendah dukungannya, ia mungkin perlu membuat kesepakatan dengan salah satu partai oposisi yang lebih besar seperti DA atau EFF untuk tetap berkuasa.

READ  Di St Barts, Roman Abramovich merenovasi lapangan sepak bola dan membantu membangun kembali setelah badai. Saat sanksi terhadap oligarki Rusia meningkat, penduduk pulau mengatakan "mereka tidak ingin mengakhirinya."

Partai sempalan ANC lainnya, Umkhonto Wesizwe, yang dipimpin oleh mantan presiden Jacob Zuma, tampaknya akan berhasil di KwaZulu-Natal, provinsi pesisir timur tempat Durban berada. Pada pukul 10 pagi waktu setempat, ia memperoleh 42,3% suara dibandingkan dengan 20,1% suara untuk ANC.

Zuma – seorang pengkritik keras pemimpin ANC saat ini dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa – terpaksa… Mengundurkan diri dari jabatan pimpinan pada tahun 2018 Dia menjalani hukuman singkat di penjara pada tahun 2021 karena penghinaan terhadap pengadilan. Dia berusia 82 tahun Mencegahnya mencalonkan diri sebagai anggota Parlemen Pekan lalu, setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa lima tahun telah berlalu sejak masa hukumannya berakhir. Namun, wajahnya tetap tertera di surat suara.

Komisi Pemilihan Umum Afrika Selatan mempunyai waktu tujuh hari untuk mengumumkan hasil akhir berdasarkan undang-undang tersebut. Namun biasanya diumumkan lebih awal dari itu. Tahun ini, panitia menetapkan Minggu, 2 Juni, sebagai tanggal pengambilan hasil akhir.

Jika ANC kehilangan mayoritasnya, mereka mempunyai waktu 14 hari setelah hasil akhir diumumkan untuk membentuk pemerintahan baru sebelum parlemen baru bersidang untuk memilih presiden negara tersebut.