Desember 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Inflasi zona euro mencapai rekor lain, mencapai 10 persen pada bulan September

Inflasi zona euro mencapai rekor lain, mencapai 10 persen pada bulan September

Inflasi menggerogoti standar hidup dan tabungan tidak hanya di Eropa tetapi di seluruh dunia. Tumpukan rantai pasokan dan gangguan dari pandemi virus corona, dan lonjakan aktivitas yang menyertai pembukaan kembali ekonomi, telah mendorong harga naik. Kenaikan harga energi dan pangan yang mengikuti invasi Rusia ke Ukraina juga telah memicu inflasi, dengan sanksi yang dijatuhkan oleh Eropa, Amerika Serikat dan sekutunya.

Itu Bank Sentral Eropa Mereka secara agresif menaikkan suku bunga dengan harapan menghentikan tren inflasi di seluruh Zona Euro. Pada hari Kamis, pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa ditampilkan Mereka kemungkinan akan menyetujui kenaikan suku bunga lagi sebesar tiga perempat poin pada pertemuan berikutnya, pada akhir Oktober.

Tekad The Fed untuk mengalahkan inflasi dengan kenaikan suku bunga mendorong harga lebih rendah di AS, tetapi juga mendorongnya lebih tinggi di tempat lain. Kekhawatiran tentang gejolak politik dan ekonomi global mendorong investor untuk menginvestasikan uang mereka di saham dan aset AS karena dianggap sebagai tempat berlindung pada saat terjadi gejolak. Suku bunga yang lebih tinggi membuat investasi tersebut lebih menarik dengan menawarkan pengembalian yang lebih besar.

Akibatnya, Amerika Serikat mengekspor sebagian inflasinya ke negara lain. Ketika dolar naik, impor dari seluruh dunia menjadi lebih murah di Amerika Serikat, membantu mengekang inflasi di sana. Sisi lain adalah file itu dolar yang kuat Itu membuat impor di negara lain, terutama impor penting seperti energi dan makanan, lebih mahal untuk dibeli dalam mata uang yang lebih lemah. Dolar adalah mata uang cadangan dunia dan banyak komoditas, seperti minyak, dihargai dalam dolar.

Inflasi di seluruh Uni Eropa, yang mencakup 27 negara, naik menjadi lebih dari 10 persen per tahun pada bulan Agustus, karena negara-negara tanpa euro mengalami kenaikan harga energi dan makanan ke tingkat rekor. Di Republik Ceko berpengalaman protes massal Dalam hal biaya energi yang tinggi, inflasi mencapai lebih dari 17% pada bulan Agustus, tingkat yang sama dengan yang dicatat Polandia untuk bulan September, yang merupakan rekor 25 tahun.

READ  Saham jatuh, data inflasi menunggu kita di Singapura dan Malaysia

di Inggris, Harga konsumen naik 9,9 persen di bulan Agustus dari tahun sebelumnya, turun dari 10,1 persen di bulan sebelumnya, tetapi masih mendekati laju tercepat dalam 40 tahun. Keluarga dan bisnis di Inggris merasa ketat pada anggaran mereka, bergandengan tangan gejolak pasar Minggu ini datang dari pemerintah strategi ekonomi baru Itu mengubah hipotek, anuitas, dan nilai pound terbalik.

Banyak ahli mengatakan pergeseran Eropa dari energi Rusia adalah proses yang lambat dan kemungkinan akan menjaga harga minyak, gas dan listrik pada tingkat yang menyakitkan selama bertahun-tahun.

Ketika terjadi kelangkaan energi yang besar yang menaikkan harga, ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh para bankir sentral, kata Sven Smit, mitra senior di perusahaan konsultan McKinsey. Dia mengatakan suku bunga yang lebih tinggi tidak bisa tiba-tiba menciptakan lebih banyak pasokan, sehingga harga akan tetap tinggi.