Desember 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Inflasi konsumen di ibu kota Jepang naik dengan laju tercepat dalam 40 tahun

Inflasi konsumen di ibu kota Jepang naik dengan laju tercepat dalam 40 tahun
  • CPI inti Tokyo untuk November naik 3,6% vs f’cast +3,5%
  • IHK Tokyo tetap di atas target 2% BoJ untuk bulan keenam berturut-turut
  • Data tersebut mengkonfirmasi meluasnya tekanan inflasi

TOKYO (Reuters) – Harga konsumen inti di ibu kota Jepang, indikator utama tren nasional, naik pada laju tahunan tercepat dalam 40 tahun pada November dan melampaui target bank sentral 2% untuk bulan keenam berturut-turut, menunjuk pada pelebaran inflasi. tekanan.

Beberapa analis mengatakan kenaikan, yang sebagian besar didorong oleh tagihan makanan dan bahan bakar tetapi meluas ke komoditas yang lebih luas, meragukan pandangan BoJ (BOJ) bahwa inflasi dorongan biaya baru-baru ini akan bersifat sementara.

Pada hari Jumat, data pemerintah menunjukkan bahwa indeks harga konsumen inti Tokyo, yang tidak termasuk makanan segar tetapi termasuk bahan bakar, naik 3,6% pada November dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan tersebut mengalahkan ekspektasi pasar rata-rata sebesar 3,5% dan kenaikan sebesar 3,4% di bulan Oktober

Terakhir kali inflasi Tokyo lebih cepat terjadi pada April 1982, ketika CPI inti 4,2% lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Data menunjukkan bahwa meskipun kenaikan sebagian besar didorong oleh tagihan listrik dan harga makanan, perusahaan mengenakan biaya lebih banyak untuk barang tahan lama karena pelemahan yen membuat impor menjadi lebih mahal.

“Kenaikan harga melebar dan menunjukkan bahwa pelemahan yen bisa membuat inflasi tinggi di tahun mendatang,” kata Mari Iwashita, kepala ekonom pasar di Daiwa Securities.

“Inflasi konsumen inti mungkin tetap mendekati target 2% BoJ untuk sebagian besar tahun depan, yang akan menyulitkan bank untuk terus berargumen bahwa kenaikan harga bersifat sementara.”

CPI inti Tokyo, yang tidak termasuk bahan bakar dan makanan segar, naik 2,5% di bulan November dibandingkan tahun sebelumnya, naik dari kenaikan tahunan sebesar 2,2% di bulan Oktober.

READ  Volkswagen menghentikan produksi mobil di Rusia dan menghentikan pengiriman

BOJ AN OUTLIER

Bank of Japan mempertahankan suku bunga sangat rendah dengan pemahaman bahwa inflasi akan melambat di bawah targetnya tahun depan ketika dukungan dari kenaikan harga bahan bakar menghilang. Jadi bank sentral menjauh dari gelombang pengetatan moneter di seluruh dunia dengan tujuan memerangi inflasi yang melonjak.

Berbeda dengan pengalaman beberapa ekonomi Barat, di mana upah naik dengan inflasi, pertumbuhan upah dan harga jasa tetap tidak terdengar di Jepang.

Di antara komponen yang menyusun data IHK Tokyo, harga layanan di bulan November naik hanya 0,7% dari tahun sebelumnya, setelah kenaikan tahunan sebesar 0,8% di bulan Oktober. Itu dibandingkan dengan kenaikan 7,7% pada harga barang tahan lama untuk November, yang mengikuti kenaikan tahunan Oktober sebesar 7,0%.

Data terpisah yang dirilis oleh Bank of Japan pada hari Jumat menunjukkan bahwa indeks harga layanan perusahaan, yang mengukur harga yang dibebankan perusahaan satu sama lain untuk layanan, 1,8% lebih tinggi pada bulan Oktober dibandingkan tahun sebelumnya. Itu lebih lambat dari kenaikan tahunan 2,1% pada bulan September.

Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda telah berulang kali mengatakan bahwa agar inflasi mencapai target inflasi 2% secara berkelanjutan, upah harus naik cukup untuk mengimbangi kenaikan harga komoditas.

Pertumbuhan upah yang lambat telah menjadi salah satu faktor yang menunda pemulihan Jepang dari pandemi virus corona. Ekonomi terbesar ketiga di dunia secara tak terduga menyusut 1,2% tahunan pada kuartal ketiga, sebagian karena konsumsi yang lemah.

Data IHK Tokyo meningkatkan kemungkinan kenaikan lebih lanjut harga konsumen inti secara nasional, yang pada bulan Oktober 3,6% lebih tinggi dari tahun sebelumnya, juga mencapai level tertinggi dalam 40 tahun. Data nasional untuk bulan November akan jatuh tempo pada tanggal 23 Desember.

READ  Catatan rilis Tesla FSD Beta 10.11 menggoda peningkatan penting

(Laporan oleh Takahiko Wada dan Leika Kihara) Disunting oleh Sam Holmes dan Bradley Perrett

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.