Juni 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia aktif mempromosikan kendaraan listrik: Kementerian

Indonesia aktif mempromosikan kendaraan listrik: Kementerian

Jakarta (Antara) – Indonesia mengambil langkah nyata untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik agar pembangunan di sektor transportasi tidak berdampak buruk terhadap kehidupan dan kesehatan masyarakat, kata Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Dalam upaya menekan emisi gas rumah kaca dan polusi udara, Indonesia aktif mendorong penggunaan kendaraan listrik,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Gustiana dalam keterangan dari kantornya, Kamis.

Berbicara pada Konferensi Global Efisiensi Energi (GCEE) ke-9 IEA di Nairobi, Kenya pada Rabu (22 Mei), Gustiana menegaskan bahwa Indonesia sedang mempertimbangkan peralihan ke kendaraan ramah lingkungan sebagai strategi utama untuk dekarbonisasi sub-sektor transportasi darat.

Ia mencatat bahwa perubahan tersebut akan membantu sektor ketenagalistrikan Indonesia melakukan dekarbonisasi dan beralih dari impor bahan bakar berbasis fosil, yang telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

“Penurunan impor akan memperkuat ketahanan energi kita. Ini yang menjadi prioritas utama pemerintah,” tegasnya.

Pejabat tersebut lebih lanjut menyatakan bahwa dekarbonisasi sektor transportasi sangatlah penting mengingat kontribusi besar sektor ini terhadap emisi gas rumah kaca di Indonesia.

Di Indonesia, sekitar 11 juta kendaraan darat yang aktif menghasilkan 35 juta ton emisi karbon.

“Sektor transportasi global berkontribusi terhadap sepertiga emisi karbon dunia, dan seperenam emisi dihasilkan oleh transportasi darat. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menerapkan sistem transportasi yang berkelanjutan dan lebih bersih untuk memitigasi dampak negatif sektor ini terhadap lingkungan hidup,” dia mencatat.

Karena perkembangan ekonomi diperkirakan akan mengarah pada peningkatan jumlah kendaraan di masa depan, Indonesia menekankan pentingnya dekarbonisasi sektor transportasi untuk mencapai target emisi nol bersih pada tahun 2060, katanya.

Berita terkait: Ekonomi berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia: Kementerian

READ  Divisi A - Promosi Piala Asia Wanita FIBA ​​​​ke Divisi B 2023 melanjutkan tahun bersejarah bagi Indonesia

Berita terkait: Limbah baterai EV harus ditangani dengan baik: Kementerian