Juni 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Empat proyek menerima Hibah Pencocokan Film perdana di Indonesia

Empat proyek menerima Hibah Pencocokan Film perdana di Indonesia

Empat proyek telah terpilih sebagai penerima pertama Film Matchfund, hibah film pertama yang didanai pemerintah.

Dana tahunan sebesar $13 juta diumumkan pada Festival Film Cannes tahun lalu dan berasal dari dana abadi budaya negara tersebut. Proyek terpilih dikerjakan oleh sutradara Mouli Surya Kota ini adalah medan perangDirektur Thumbal Tambubolonin Airmata buaya (Diproduksi oleh Thalamedia), oleh sutradara Karin Nugroho Samsara dan sutradara Lolo Hendra Kisah tentang negeri itu (Diproduksi oleh Gavangavan Media).

Keempat proyek tersebut telah menerima dukungan internasional dari hibah internasional lainnya seperti Hubert-Bals Fund, CNC Cinema du Monde, World Cinema Fund dan Sørfond, dengan jumlah total $1,5 juta. Jumlahnya akan disediakan oleh Film Matchfund.

Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, mengatakan: “Kami yakin kategori ini tidak hanya akan membantu sineas Indonesia dalam mengekspresikan ide kreatifnya, namun juga berdampak pada perluasan jaringan internasional. Hal ini akan membangun, meningkatkan kapasitas sineas Indonesia karena harus bekerja sesuai standar dunia, berbagai pertukaran profesi dan dalam jangka panjang film Indonesia akan bercerita tentang keberagaman Indonesia di mata dunia.

Kategori film Indonesia di bawah program pendanaan mendukung produksi bersama antara pembuat film Indonesia dan pembuat film asing, dan dapat digunakan untuk menutupi biaya yang berkaitan dengan pengembangan cerita dan penelitian, produksi, pasca produksi, periklanan dan promosi distribusi.

Alex Cihar, Pejabat Khusus Dirjen Kebudayaan, menambahkan: “Banyak pihak asing yang menyatakan minatnya untuk bekerjasama dengan produsen Indonesia karena tertarik dengan skema pendanaan pendamping ini. Keempat proyek percontohan ini bersama dengan Dana Indonesia akan memulai proses perolehan dana pendamping atas pendanaan internasional yang telah mereka terima sebelumnya. Program ini terbuka bagi seluruh sineas Indonesia yang sedang mengembangkan proyek dengan dukungan hibah internasional.

READ  Indonesia dan Foxconn sedang dalam pembicaraan untuk berinvestasi dalam kendaraan listrik