April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Helikopter Angkatan Laut AS membunuh pejuang Houthi yang didukung Iran dalam penculikan di Laut Merah

Helikopter Angkatan Laut AS membunuh pejuang Houthi yang didukung Iran dalam penculikan di Laut Merah

Helikopter dari kapal induk USS Dwight D. Eisenhower menembaki militan Houthi dukungan Iran yang mencoba membajak sebuah kapal kargo.
Koleksi Smith/Gado/Getty Images

  • Helikopter Angkatan Laut menembaki militan Houthi yang didukung Iran yang berusaha membajak sebuah kapal kargo.
  • Helikopter membalas tembakan untuk membela diri, menenggelamkan tiga dari empat perahu kecil dan membunuh awaknya.
  • Komando Pusat AS mengatakan, kapal-kapal kecil tersebut diluncurkan dari wilayah yang dikuasai Houthi di Yaman.

Konflik meningkat di Laut Merah pada hari Minggu ketika helikopter Angkatan Laut AS menembaki dan menghancurkan kapal-kapal milik militan Houthi dukungan Iran yang mencoba menaiki kapal kargo.

itu Komando Pusat AS (Centcom) mengatakan bahwa kapal-kapal kecil, yang datang dari wilayah yang dikuasai Houthi di Yaman, berusaha menaiki Maersk Hangzhou, sebuah kapal kargo milik Denmark yang terdaftar di Singapura.

Menanggapi panggilan darurat dari kapal Maersk Hangzhou Helikopter tempur AS dari USS Enterprise dan Grevely menyerang kapal Houthi.

Komando Pusat mengatakan bahwa setelah orang-orang bersenjata melepaskan tembakan ke kapal, helikopter Angkatan Laut AS membalas tembakan, menenggelamkan tiga orang dan membunuh semua awak kapal.

Ia menambahkan bahwa kapal keempat “melarikan diri dari daerah tersebut” dan tidak ada kerusakan yang tercatat pada personel atau peralatan Amerika.

Sebelumnya, kapal perusak AS USS Gravely berhasil mencegat dua rudal balistik anti-kapal saat merespons serangan Houthi terhadap kapal Maersk Hangzhou, menurut Komando Pusat.

Itu juga merupakan kapal kontainer Dia menambahkan bahwa dia terkena rudal saat melintasi Laut Merah bagian selatan. Kapal tersebut dilaporkan laik berlayar dan tidak ada korban jiwa di antara awaknya.

READ  Seorang wanita berteriak "Kalian semua akan mati" ketika ditembak oleh polisi di metro Paris

Maersk menangguhkan penerbangannya melalui Laut Merah selama 48 jam sebagai tanggapan atas upaya serangan tersebut.

Intersepsi yang dilakukan Angkatan Laut AS terhadap serangan tersebut menandai serangan melanggar hukum ke-23 yang dilakukan pemberontak Houthi terhadap pelayaran internasional sejak 19 November.

Jalur pelayaran yang penting

Loyalis Houthi di Yaman mengangkat senjata saat mereka berpartisipasi dalam parade bersenjata lebih dari 20.000 anggota yang menyelesaikan kursus militer, yang diselenggarakan untuk menunjukkan kesiapan mereka melawan kemungkinan serangan oleh koalisi AS yang baru dibentuk, pada 20 Desember 2023 di Amran Yaman Kegubernuran.
Muhammad Hammoud

Selama berminggu-minggu, kelompok pemberontak Yaman yang didukung Iran telah menargetkan kapal-kapal komersial di Laut Merah Drone dan rudal balistik Sebagai protes terhadap operasi militer Israel di Jalur Gaza.

Perusahaan pelayaran terkemuka, termasuk Maersk, telah mengalihkan kapal dari jalur pelayaran penting, sehingga berdampak pada rute pelayaran global dan perdagangan internasional.

Serangan Houthi terhadap jalur pelayaran penting mendorong Amerika Serikat meluncurkan Operasi Sentinel Kemakmuran – sebuah koalisi maritim internasional yang bertujuan melindungi pelayaran di wilayah tersebut.

Kelompok Houthi terus melakukan serangan meskipun mendapat tanggapan dari Amerika. Wakil Laksamana Angkatan Laut AS Brad Cooper mengatakan bahwa sejak peluncuran operasi tersebut, 1.200 kapal komersial telah melewati Laut Merah tanpa insiden hingga serangan rudal terjadi pada hari Sabtu, menurut BBC.