April 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Bulgaria dan Rumania bergabung dengan Wilayah Schengen untuk penumpang laut dan udara

Bulgaria dan Rumania bergabung dengan Wilayah Schengen untuk penumpang laut dan udara

Thomas Trotschl/PhotoTech/Getty Images

Pemandangan Bukares pada 15 Juli 2022.



CNN

Dewan Eropa memutuskan untuk memperluas Wilayah Bebas Schengen hingga mencakup Bulgaria dan Rumania, kata Presiden Dewan Spanyol pada hari Sabtu.

Kontrol terhadap perbatasan udara dan laut akan dicabut mulai Maret 2024, dan diskusi mengenai pencabutan kontrol terhadap perbatasan darat akan berlanjut pada tahun baru, menurut pernyataan Komisi Eropa.

Menyambut kedua negara, Komisi mengatakan: “Perluasan Wilayah Schengen akan membuat Uni Eropa lebih kuat sebagai sebuah kesatuan, baik secara internal maupun di panggung global.”

Kawasan Schengen saat ini menyediakan perjalanan tak terbatas dalam wilayah 26 negara (termasuk 22 negara UE), dan mencakup lebih dari 400 juta warga negara, menjadikannya kawasan pergerakan bebas terbesar di dunia, menurut Komisi.

Komisi juga mengatakan bahwa keputusan untuk menambahkan Bulgaria dan Rumania telah disetujui dengan suara bulat oleh Dewan Eropa, dan mencatat bahwa mereka telah mengirimkan beberapa “misi pencarian fakta” ​​pada tahun 2022 dan 2023 ke perbatasan luar negara-negara tersebut untuk memastikan kesiapan mereka untuk bergabung dengan Schengen.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengirimkan ucapan selamatnya kepada Rumania dan Bulgaria melalui

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen menggambarkan keputusan tersebut sebagai “momen bersejarah bagi Bulgaria dan Rumania.” Hari yang sangat membanggakan bagi warga Rumania dan Bulgaria… Ini adalah langkah maju yang besar bagi kedua negara dan kawasan Schengen secara keseluruhan.”

Rumania dan Bulgaria juga memuji keputusan tersebut, dan Menteri Luar Negeri Rumania Luminita Odubescu menulis di X bahwa ini adalah “hasil yang penting bagi warga Rumania.” Terima kasih kami kepada semua mitra dan lembaga UE atas dukungannya. Rumania tetap berkomitmen terhadap Kawasan Schengen yang kuat dan aman.

READ  Para ilmuwan memilih Danau Crawford untuk mewakili awal dari Antroposen

Presiden Rumania Klaus Iohannis menggemakan komentar Menteri Luar Negerinya, dengan mengatakan di situs X bahwa ini adalah “sebuah langkah penting untuk kepentingan rakyat Rumania.”

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Bulgaria Maria Gabriel menulis di X bahwa “hari ini Schengen lebih kuat dengan Bulgaria dan Rumania.”