Maret 2, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Hamas memperkirakan lebih banyak sandera akan dibebaskan pada hari keenam gencatan senjata: Perkembangan terbaru tentang perang antara Israel dan Hamas

Hamas memperkirakan lebih banyak sandera akan dibebaskan pada hari keenam gencatan senjata: Perkembangan terbaru tentang perang antara Israel dan Hamas

Di bawah tekanan dari sekutu-sekutunya untuk meringankan krisis kemanusiaan di Gaza sambil menyambut pulang para sandera Israel berdasarkan ketentuan gencatan senjata yang rapuh, Israel menghadapi serangkaian keputusan yang semakin sulit mengenai masa depan perangnya melawan Hamas.

Para pemimpin Israel telah berjanji untuk melenyapkan Hamas, kelompok yang menguasai Gaza sejak 2007 dan memimpin serangan dahsyat terhadap Israel pada 7 Oktober. Mereka juga berjanji untuk memulihkan sekitar 240 orang yang diculik oleh Hamas dan kelompok bersenjata Palestina lainnya. hari itu.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengutip pemulihan para sandera untuk membenarkan dukungannya dalam menghentikan invasi darat Israel – dan juga mengatakan bahwa IDF siap untuk melanjutkan pertempuran setelah perjanjian gencatan senjata berakhir.

Namun perjanjian tersebut juga memberikan waktu kepada Hamas untuk berkumpul kembali dan mengurangi posisinya, sehingga membuat tujuan Israel untuk memberantasnya menjadi lebih sulit. Pembebasan warga Palestina oleh Israel dari penjara atau penahanan berdasarkan perjanjian ini dibarengi dengan peningkatan dukungan terhadap Hamas di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Perpanjangan gencatan senjata juga memungkinkan bantuan menjangkau lebih dari 2,2 juta penduduk Gaza, yang sebagian besar menjadi pengungsi akibat pertempuran dan menghadapi kekurangan makanan, obat-obatan, dan bahan bakar.

Sejauh mana tercapainya perjanjian gencatan senjata?

Israel dan Hamas memperpanjang gencatan senjata singkat di antara mereka dari empat menjadi enam hari, menurut Qatar, yang menjadi penengah dalam pembicaraan mereka. Perjanjian tersebut masih bertahan sejauh ini, meskipun masing-masing pihak saling menuduh bahwa pihak lain telah melanggarnya.

Sejak Jumat, Hamas telah membebaskan sedikitnya 60 sandera Israel dan Israel telah membebaskan 180 tahanan Palestina. 19 sandera lainnya di Gaza – 17 warga Thailand, satu warga Filipina dan satu warga negara Rusia-Israel – telah dibebaskan sejak Jumat melalui perundingan terpisah.

READ  India menarik uang kertas 2.000 rupee dari peredaran

Di manakah posisi kampanye militer Israel?

Sebelum perjanjian gencatan senjata mulai berlaku pada hari Jumat, tentara Israel telah melakukan pengeboman di Jalur Gaza selama berminggu-minggu. pepatah Saya telah mencapai lebih dari 15.000 target. Pemboman tersebut termasuk penggunaan senjata berukuran besar di daerah perkotaan yang padat penduduknya, dan otoritas kesehatan Palestina di pemerintahan Hamas mengatakan lebih dari 13.000 orang tewas, termasuk ribuan anak-anak. Pemboman, jumlah korban jiwa yang besar dan pengungsian mayoritas penduduk Gaza yang berjumlah 2,2 juta jiwa telah memicu kritik internasional mengenai cakupan kampanye Israel.

Israel mengatakan pihaknya menargetkan Hamas di seluruh Gaza, termasuk tempat-tempat di mana anggotanya berada di antara warga sipil, seperti rumah sakit dan tempat penampungan, dan di jaringan terowongan bawah tanah yang luas.

Pada awal perang, tentara Israel memerintahkan evakuasi dari Gaza utara, sebelum invasi darat. Lebih dari satu juta orang mengungsi ke selatan, dan invasi dimulai pada akhir Oktober.

Pasukan Israel telah merebut wilayah utara Gaza yang kira-kira berbentuk C: tepi utara jalur tersebut, sebagian kecil di sepanjang pantai Mediterania, dan jalur tengah di bawah Kota Gaza. Pasukan tersebut sebagian besar mengepung Kota Gaza dan membagi Jalur Gaza menjadi dua, berupaya melemahkan cengkeraman Hamas di Jalur Gaza dan mulai mengusir Hamas dari kota terbesarnya. Namun tampaknya ada bagian utara Gaza yang tidak dikuasai tentara Israel.

Pasukan Israel juga menutup rumah sakit di Gaza dan menyita Rumah Sakit Al-Shifa, yang merupakan rumah sakit terbesar dan termodern di Gaza. Israel mengatakan bahwa Hamas menggunakan terowongan di bawah rumah sakit sebagai pusat komando, namun hal ini ditolak oleh gerakan tersebut dan staf rumah sakit.

READ  China memberi tahu UE bahwa mereka akan mencari perdamaian di Ukraina dengan caranya sendiri

Tentara Israel sejak itu berusaha memberikan bukti atas pernyataannya, dengan menerbitkan klip video yang menunjukkan bagian-bagian terowongan di kompleks Shifa, dan ruangan-ruangan di dalam terowongan. Namun pasukan Israel bergerak lambat karena takut akan bahan peledak dan jebakan.

Tentara mengatakan mereka menghancurkan beberapa terowongan Hamas, namun tidak menyebutkan bahwa pasukannya bertempur di dalamnya.

Ron Dermer, anggota Kabinet Pertahanan Israel Dia mengatakan kepada Sky News Pada tanggal 7 November, militer Israel mengatakan telah membunuh “beberapa ribu” pejuang Hamas sejak dimulainya perang. Totalnya saat itu lebih dari 3.000 dan “mungkin sudah mendekati 4.000,” katanya. Para pejabat Israel memperkirakan jumlah anggota Hamas adalah sekitar 25.000 orang sebelum perang dimulai.

Ada lebih dari 70 tentara Israel pembunuhan Sejak dimulainya invasi darat, menurut tentara Israel.

Bagaimana dengan kepemimpinan Hamas?

Hamas mengakui sejumlah pemimpinnya tewas dalam perang tersebut, termasuk setidaknya satu tokoh terkemuka. Sejumlah pejabat dan pemimpin Hamas lainnya diyakini tewas. Yahya Sinwar, pemimpin garis keras Hamas di Gaza, masih menjadi target utama pasukan Israel.

Para pemimpin Israel mengatakan mereka tidak ingin menduduki kembali Gaza setelah perang, dan masih belum jelas bagaimana atau apakah mereka dapat sepenuhnya melenyapkan Hamas dari Jalur Gaza. Di Tepi Barat, yang diduduki oleh militer Israel, dukungan terhadap Hamas meningkat di tengah pembebasan warga Palestina baru-baru ini dan meningkatnya rasa frustrasi terhadap Otoritas Palestina, yang mengawasi Tepi Barat.

Kepemimpinan politik Hamas tidak berada dalam jangkauan Israel. Qatar menjadi tuan rumah bagi para pemimpin politik Hamas di ibu kotanya, Doha, tempat para pejabat Qatar memediasi pembicaraan antara Israel dan Hamas bersama Mesir dan Amerika Serikat.

READ  Ketua serikat pekerja Jerman memperingatkan bahwa penghentian gas Rusia dapat menggulingkan industri-industri besar