Mei 18, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Grow Investment mengatakan dibutuhkan waktu satu dekade untuk merombak sektor real estat Tiongkok

Grow Investment mengatakan dibutuhkan waktu satu dekade untuk merombak sektor real estat Tiongkok
  • Mereformasi sektor real estat Tiongkok adalah upaya yang membutuhkan waktu hingga satu dekade, kata Hao Hong, kepala ekonom di Grow Investment.
  • Pasar real estate Tiongkok terpuruk akibat menurunnya kepercayaan konsumen terhadap perusahaan real estate, karena dua perusahaan raksasa real estate Evergrande dan Country Garden masih terperosok dalam masalah utang.

Dorongan urbanisasi di Tiongkok mungkin akan segera berakhir – dan hal ini dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada sektor real estate yang sudah mengalami kesulitan, menurut ekonom Tiongkok Hao Hong.

“Mereformasi sektor real estate mungkin memerlukan waktu beberapa tahun atau bahkan satu dekade ke depan. Alasannya adalah kita telah membangun terlalu banyak perumahan untuk masyarakat Tiongkok,” kata kepala ekonom Grow Investment.

“Proses urbanisasi Tiongkok, yang mengalami kemajuan sangat pesat dalam 10 tahun terakhir, juga terhenti,” tambah Hong.

Pasar real estate Tiongkok telah menderita akibat penurunan kepercayaan konsumen, dengan raksasa real estate Evergrande dan Country Garden terperosok dalam masalah utang.

Tidak memiliki sektor real estat Tiongkok yang mendominasi sebenarnya merupakan hal yang baik bagi perekonomian Tiongkok di masa depan.

Hao Hong

Perkembangan investasi

Evergrande, yang gagal bayar pada tahun 2021 setelah krisis likuiditas, mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka akan menunda pertemuan restrukturisasi utang yang dijadwalkan pada hari Senin. Country Garden juga berayun secara default.

Hong mencatat bahwa real estate Tiongkok senilai 18 triliun yuan ($2,46 triliun) telah terjual dua tahun lalu. Mengelola 10 triliun tahun ini, atau penjualan senilai lima hingga enam triliun yuan di masa depan, akan dianggap “beruntung,” katanya.

Harga rumah baru di Tiongkok pada bulan Agustus turun 0,3% bulan ke bulan, melanjutkan penurunan di pasar real estat. Angka tersebut juga mewakili penurunan 0,1% dibandingkan tahun lalu.

READ  CEO Applebee mengatakan untuk menggunakan harga gas dan inflasi untuk memotong upah: Laporkan

Cakrawala Shanghai dilihat dari dek observasi Menara Shanghai di Tiongkok.

Chilai Shen | Bloomberg | Gambar Getty

Hanya pada akhir pekan, a Mantan pejabat Tiongkok Dia memperingatkan bahwa populasi Tiongkok yang berjumlah 1,4 miliar orang tidak akan mampu mengisi apartemen kosong di seluruh negeri.

“Sekarang terjadi kelebihan pasokan properti… 1,4 miliar orang mungkin tidak dapat tinggal di dalamnya,” kata He Qing, mantan wakil kepala Biro Statistik Tiongkok. Dia berbicara di sebuah konferensi, menurut Laporan media lokal.

Kisah pemulihan ekonomi Tiongkok pasca-Covid-19 mengecewakan, meskipun data penjualan ritel dan produksi industri pada bulan Agustus meningkat dengan pertumbuhan yang lebih baik dari perkiraan.

“Ketika masyarakat mengatur ulang ekspektasinya, maka perekonomian juga akan mengalami hal yang sama [restructures] “Untuk mengembalikan pertumbuhan dari industri lain dibandingkan mengandalkan sektor real estate untuk pertumbuhan, kita sebenarnya akan memiliki perekonomian Tiongkok yang lebih baik dan sehat dibandingkan sebelumnya,” kata Hong.

“Tidak memiliki sektor real estat Tiongkok yang mendominasi sebenarnya merupakan hal yang baik bagi perekonomian Tiongkok di masa depan.”