April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Gempa bumi Taiwan: Gempa susulan yang kuat mengguncang pulau itu karena jumlah korban luka meningkat menjadi lebih dari 1.000 – yang terbaru

Gempa bumi Taiwan: Gempa susulan yang kuat mengguncang pulau itu karena jumlah korban luka meningkat menjadi lebih dari 1.000 – yang terbaru
Gempa bumi mengguncang stasiun TV Taiwan selama siaran langsung

Setidaknya 50 orang masih hilang setelah gempa berkekuatan 7,4 skala Richter melanda pantai timur Taiwan, menewaskan sembilan orang dan melukai lebih dari 1.000 lainnya.

Guncangan tersebut memicu setidaknya sembilan tanah longsor, dan puing-puing meruntuhkan lereng bukit di Jalan Tol Suhua di Hualien, yang membentang di sepanjang pantai timur.

Lebih dari 50 gempa susulan sejak Rabu pagi telah memaksa banyak orang di pulau itu untuk tidur di tenda di luar rumah mereka atau di tempat penampungan darurat.

Menurut Badan Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan (NFA), orang-orang terjebak di dua terowongan di sepanjang Jalan Tol Suhua, salah satu jalan paling berbahaya di Taiwan, yang membentang antara lereng gunung dan laut.

Tim penyelamat sedang berupaya untuk menjangkau orang-orang yang terjebak, karena CNN melaporkan bahwa 75 orang yang terdampar di berbagai terowongan berhasil diselamatkan pada pagi hari.

Gempa tersebut, yang merupakan gempa terkuat dalam 25 tahun terakhir di Taiwan, memicu peringatan tsunami di pulau tersebut dan di seluruh negara tetangga, kata pejabat seismik.

Di sisi lain, gempa berkekuatan 6 skala Richter terjadi di lepas pantai timur Pulau Honshu, Jepang, pada hari Kamis, menurut Pusat Seismologi Mediterania Eropa.

1712212220

Tim penyelamat mencari orang yang hilang di Taiwan

Tim penyelamat mencari puluhan orang yang kehilangan kontak pada hari Kamis, sehari setelah gempa bumi terkuat yang melanda Taiwan dalam seperempat abad, menghancurkan bangunan, menyebabkan banyak tanah longsor dan menewaskan sembilan orang.

Di kota pesisir timur Hualien, dekat pusat gempa, para pekerja menggunakan ekskavator untuk menempatkan material konstruksi di sekitar dasar bangunan yang rusak untuk menstabilkan dan mencegah keruntuhan.

Lebih dari seribu orang terluka akibat gempa yang terjadi pada Rabu pagi. Dari sembilan orang yang tewas, setidaknya empat orang terluka di dalam Taman Nasional Taroko, sebuah objek wisata yang terkenal dengan pemandangan jurang dan tebingnya di Kabupaten Hualien, sekitar 150 kilometer dari ibu kota pulau, Taipei.

Alisha Rahman Sarkar4 April 2024 pukul 07:30

1712210420

Warga yang “ketakutan” terpaksa tidur di tenda akibat rentetan gempa susulan

Banyak warga Hualien menghabiskan Rabu malam di tenda atau tempat penampungan darurat karena serangkaian sekitar 50 gempa susulan yang terus mengguncang pulau itu setelah gempa bumi dahsyat.

Seorang warga Hualien berusia 52 tahun, yang menyebut nama belakangnya sebagai Yu, mengatakan kepada Reuters: “Saya takut akan gempa susulan, dan saya tidak tahu seberapa kuat guncangannya.”

“Gempa susulan sangat mengerikan. Terjadi tanpa henti. Saya tidak berani tidur di rumah,” katanya.

Upaya bantuan pasca gempa berkekuatan 7,4 skala Richter di Taiwan

(Badan Perlindungan Lingkungan)

Tenda yang disumbangkan oleh Masyarakat Palang Merah Taiwan didirikan di tempat penampungan yang diubah menjadi sekolah dasar

(Badan Perlindungan Lingkungan)

Alisha Rahman Sarkar4 April 2024 pukul 07:00

1712208620

Dalam gambar: Dampak gempa kuat yang melanda Taiwan

(Reuters)

Warga yang membawa barang-barangnya keluar dari gedung yang rusak setelah masuk secara berkelompok kecil untuk mengambil barang-barangnya

(Reuters)

(Badan Perlindungan Lingkungan)

Alisha Rahman Sarkar4 April 2024 pukul 06:30

1712207442

Live: Pemandangan cakrawala Taipei setelah gempa berkekuatan 7,4 skala Richter melanda Taiwan

Alisha Rahman Sarkar4 April 2024 06:10

1712206977

Lebih dari 50 gempa susulan memaksa warga Taiwan tidur di tenda

Lebih dari 50 gempa susulan sejak Rabu pagi telah memaksa banyak orang di Taiwan untuk tidur di tenda di luar rumah mereka atau di tempat penampungan darurat.

Badan Meteorologi Taiwan memperingatkan warga untuk bersiap menghadapi gempa susulan lebih lanjut, dengan kekuatan berkisar antara 6,5 ​​hingga 7 derajat, selama tiga hari ke depan.

Wali Kota Hualien Hsu Chen-wei mengatakan seluruh warga dan pelaku bisnis di gedung-gedung yang berada dalam kondisi serius telah dievakuasi, dan pekerjaan pembongkaran sedang dilakukan di empat gedung.

Alisha Rahman Sarkar4 April 2024 06:02

1712203905

Gempa bumi kuat di lepas pantai Honshu, Jepang

Pusat Seismologi Mediterania Eropa menyebutkan gempa berkekuatan 6 skala Richter terjadi di lepas pantai timur Pulau Honshu, Jepang, pada Kamis.

Gempa tersebut tercatat di kedalaman 32 kilometer, hanya sehari setelah gempa berkekuatan 7,4 SR melanda Taiwan sehingga memicu peringatan tsunami bagi Jepang.

Alisha Rahman Sarkar4 April 2024 05:11

1712203241

Seorang warga Taipei mengatakan dia menangis karena gempa tersebut

Seorang warga Taipei mengatakan dia sedang tidur di apartemennya di lantai lima ketika dia terbangun karena guncangan hebat yang disebabkan oleh gempa bumi.

“Gempa bumi adalah hal biasa, dan saya sudah terbiasa. Namun hari ini adalah pertama kalinya saya takut menangis karena gempa,” kata Hsin Hswen Keng.

“Gempa bumi membangunkan saya. Saya belum pernah merasakan guncangan sekuat ini sebelumnya,” katanya.

Dia mengatakan dia menyaksikan gempa bumi sekuat itu untuk pertama kalinya dalam hidupnya, “kecuali saat latihan gempa di sekolah dasar.”

Lin Jong, 36, yang mengelola toko sepatu olahraga di Hualien, menceritakan bahwa dia berada di rumah, bersiap untuk membawa anaknya yang berusia 16 bulan ke dokter ketika gempa terjadi.

Pada awalnya, ia mengalami apa yang tampak seperti getaran kecil, dan menggambarkan bagaimana aktivitas seismik dengan cepat meningkat menjadi guncangan hebat.

Penutup kaca lampu langit-langit jatuh dan pecah, membuatnya memprioritaskan melindungi anaknya dari bahaya di tengah kekacauan tersebut.

“Yang bisa saya lakukan hanyalah melindungi anak saya.”

(AP)

Mike Bedigan4 April 2024 pukul 05:00

1712202418

Pesawat-pesawat Tiongkok mengepung Taiwan ketika pulau itu terhuyung-huyung akibat gempa bumi yang kuat

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan setidaknya 20 pesawat memasuki zona identifikasi pertahanan udara utara, tengah dan barat daya Taiwan.

“Angkatan Bersenjata Republik Tiongkok memantau situasi dan menggunakan pesawat CAP, kapal Angkatan Laut, dan sistem rudal pesisir sebagai respons terhadap aktivitas yang terdeteksi,” katanya.

Alisha Rahman Sarkar4 April 2024 04:46

1712201441

Tiongkok memberikan bantuan bantuan bencana ke Taiwan

Kantor Urusan Taiwan Tiongkok mengatakan pihaknya sangat prihatin atas gempa bumi yang melanda pulau itu dan siap memberikan bantuan bencana, media pemerintah Tiongkok melaporkan pada hari Rabu.

“Pihak-pihak terkait di daratan sangat prihatin dan menyampaikan belasungkawa tulus mereka kepada rekan-rekan mereka di Taiwan yang terkena dampak bencana tersebut,” kata juru bicara Kantor Urusan Taiwan Tiongkok, Zhu Fenglian.

Namun, tawaran bantuan kemungkinan besar tidak akan diterima, mengingat ketegangan hubungan antara pulau tersebut dan daratan utama.

Tiongkok dan Taiwan masih terjebak dalam perselisihan teritorial yang sudah berlangsung lama dan Beijing mengklaim pulau itu sebagai miliknya meskipun mereka tidak mengendalikan pulau demokratis yang mempunyai pemerintahan mandiri itu.

Wu Xinfu, kepala Biro Pemantauan Gempa Taiwan, mengatakan dampak gempa terasa di daratan Tiongkok dan hingga pulau-pulau yang dikuasai Taiwan di lepas pantai Tiongkok.

Mike Bedigan4 April 2024 pukul 04:30

1712201181

Lebih dari 50 orang masih hilang sehari setelah gempa bumi dahsyat

Lebih dari 50 orang masih hilang di Taiwan, sehari setelah pulau itu dilanda gempa berkekuatan 7,24 skala Richter.

Departemen Pemadam Kebakaran Taiwan menyebutkan jumlah korban luka mencapai 1.038 orang, sehingga total orang hilang menjadi 52 orang.

Sekitar selusin pekerja hotel dalam perjalanan menuju sebuah resor di Taman Nasional Taroko telah ditemukan, dan 38 di antaranya masih hilang.

Departemen pemadam kebakaran mengatakan upaya penyelamatan difokuskan pada orang-orang yang terjebak di Jalan Raya Trans-Pulau, yang melewati selat yang menghubungkan kota Hualien ke pantai barat Taiwan, dan merupakan tujuan wisata populer.

Pihak berwenang menggunakan drone dan helikopter untuk mencari orang-orang di lembah tersebut dan akan memberikan pasokan kepada mereka ketika mereka ditemukan.

Alisha Rahman Sarkar4 April 2024 04:26