April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Frank Hester: Perdana Menteri berada di bawah tekanan atas '£5 juta baru' dari donor yang dituduh melakukan rasisme

Frank Hester: Perdana Menteri berada di bawah tekanan atas '£5 juta baru' dari donor yang dituduh melakukan rasisme
  • Ditulis oleh Sam Francis
  • Koresponden politik, BBC News

Rishi Sunak berada di bawah tekanan baru atas hubungannya dengan Frank Hester – seorang donor partai yang terlibat dalam pertikaian ras – di tengah laporan bahwa partainya menerima £5 juta lebih banyak dari yang diketahui sebelumnya.

Partai Konservatif tidak membantah laporan tersebut terlebih dahulu Diterbitkan oleh Turtle Mediabahwa dia menerima uang yang belum diungkapkan dari Tuan Hester.

Sumbangan partai yang diberikan setelah bulan Desember tidak dijadwalkan untuk dicairkan hingga bulan Juni.

Partai Buruh dan Partai Demokrat Liberal Konservatif menuntut uang itu dikembalikan.

Hester menyumbangkan £5 juta untuk acara tersebut pada bulan Mei lalu, dan £5 juta lainnya disumbangkan melalui perusahaannya pada bulan November.

Menurut catatan parlemen, ia juga memberi hadiah kepada Perdana Menteri sebuah helikopter untuk kunjungan politik pada bulan November, senilai £15.900.

Tortoise Media kini melaporkan bahwa partai tersebut telah menerima sumbangan tunai sebesar £5 juta darinya, yang belum diumumkan, sehingga total kontribusinya menjadi £15 juta selama setahun terakhir.

Daftar donasi, yang dikelola oleh pengawas pemilu, hanya diperbarui setiap tiga bulan, artinya ada penundaan sebelum donasi diumumkan.

Bos teknologi tersebut meminta maaf karena melontarkan komentar “kasar” terhadap mantan anggota parlemen dari Partai Buruh tersebut, namun mengatakan bahwa komentarnya “tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin atau warna kulitnya”.

Perdana Menteri menggambarkan komentar tersebut sebagai “rasis” dan “salah”, namun mengatakan permintaan maaf Hester harus diterima.

Dia mengatakan partainya berkomitmen untuk mengikuti aturan pelaporan donasi, dan setiap hadiah yang diterima akan diumumkan “bila waktunya tepat.”

'Tidak ada alasan'

Sunak menolak permintaan berulang kali untuk mengembalikan sumbangan Hester selama sesi Pertanyaan Perdana Menteri yang berapi-api pada hari Rabu.

Menanggapi pertanyaan BBC tentang kemungkinan sumbangan Hester, Partai Konservatif memberikan pernyataan satu baris: “Komisi Pemilihan Umum akan mempublikasikan janji sumbangan dengan cara biasa.”

Salah satu donatur terbesar Partai Konservatif, £10 juta yang dia berikan kepada partai tersebut tahun lalu diperkirakan berjumlah sekitar seperlima dari seluruh sumbangan kepada partai pada tahun itu, yang berjumlah £48 juta.

Dia adalah pendiri dan CEO TPP, sebuah perusahaan teknologi kesehatan berbasis di Leeds yang memasok sistem manajemen pencatatan ke NHS.

Pada hari Jumat, badan Asosiasi Medis Inggris yang mewakili dokter di Inggris mengeluarkan mosi yang meminta dia untuk mengundurkan diri dan mendesak praktik dokter umum untuk “mempertimbangkan” dugaan komentarnya sebelum menandatangani kontrak baru dengan perusahaannya.

Pemimpin Partai Buruh Anneliese Dodds berkata: “Sama sekali tidak ada alasan bagi Partai Konservatif untuk menerima uang tambahan dari Frank Hester. Mereka harus membayar kembali uang ini sebelum mencapai kas mereka.”

“Rishi Sunak harus membayar kembali setiap sennya, memutuskan hubungan dengan Frank Hester dan meminta maaf dengan tegas kepada Diane Abbott.”

Partai Demokrat Liberal mengatakan jika donasi tersebut terkonfirmasi “akan menunjukkan bahwa skandal ini lebih buruk dari yang kita duga”.

Anggota parlemen dari Partai Demokrat Liberal Wendy Chamberlain berkata: “Orang-orang seperti Hester dan posisinya tidak boleh dekat dengan politik kita.”