Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Finlandia pergi ke tempat pemungutan suara untuk memilih presiden baru

Finlandia pergi ke tempat pemungutan suara untuk memilih presiden baru

HELSINKI (AP) — Mantan Perdana Menteri Alexander Stubb memenangkan putaran pertama pemilihan presiden Finlandia pada hari Minggu dan akan menghadapi mantan Menteri Luar Negeri Pekka Haavisto pada putaran kedua bulan depan.

Pemungutan suara tersebut fokus pada peran baru negara Skandinavia tersebut sebagai negara garis depan bersama Rusia di NATO, dan situasi keamanan di Eropa.

Setelah 99,8% suara dihitung, Staub memenangkan putaran pertama pemilihan presiden dengan 27,2% suara, sedangkan Haavisto, mantan Menteri Luar Negeri, berada di posisi kedua dengan 25,8%. Ketua Parlemen Jossi Halla-aho berada di posisi ketiga dengan 19%, diikuti oleh Gubernur Bank Finlandia Olli Rehn dengan 15,3%.

Hasil pemilu putaran pertama akan dikonfirmasi secara resmi pada hari Selasa. Hasil tersebut akan mendorong persaingan ke putaran kedua pada 11 Februari antara Staub dan Havesto, karena tidak ada kandidat yang memperoleh lebih dari separuh suara.

“Mendapatkan hasil seperti itu bersama tim sangat memuaskan. Saya bersyukur dan tersanjung karenanya,” kata Staub kepada wartawan dan pendukungnya pada acara kampanye di sebuah restoran di Helsinki, seraya menambahkan bahwa ia tidak berencana membuat perubahan besar dalam kampanyenya. untuk pemungutan suara putaran kedua.

Stubb (55 tahun) dan Haavisto (65 tahun) menjadi pesaing utama dalam pemilu tersebut. Sekitar 4,5 juta pemilih yang memenuhi syarat memilih penggantinya dari sembilan kandidat untuk menggantikan presiden populer, Sauli Niinistö, yang masa jabatan enam tahun keduanya akan berakhir pada bulan Maret. Dia tidak memenuhi syarat untuk dipilih kembali.

Jumlah pemilih awal adalah 74,9%.

Stubb mewakili Partai Koalisi Nasional yang konservatif dan memimpin pemerintahan Finlandia pada 2014-2015, sementara politisi veteran Haavisto, mantan diplomat PBB dan anggota Liga Hijau, mencalonkan diri untuk ketiga kalinya sebagai kandidat independen.

READ  Satelit Korea Utara tenggelam ke laut setelah terkena rudal

Tidak seperti kebanyakan negara Eropa, Pres Finlandia Ia memegang otoritas eksekutif dalam merumuskan kebijakan luar negeri dan keamanan, terutama ketika berhadapan dengan negara-negara di luar Uni Eropa seperti Amerika Serikat, Rusia, dan Tiongkok.

Presiden juga menjabat sebagai Panglima Angkatan Darat Finlandia, sebuah tugas yang sangat penting dalam lingkungan keamanan saat ini di Eropa.

Tema utama pemilu ini adalah isu-isu kebijakan luar negeri dan keamanan seperti keanggotaan Finlandia baru-baru ini di NATO, kebijakan masa depan terhadap Rusia, penguatan kerja sama keamanan dengan Amerika Serikat dan kebutuhan untuk terus membantu Ukraina dengan bantuan militer dan kemanusiaan.

Kepala negara baru Finlandia akan memulai masa jabatan enam tahunnya pada bulan Maret dalam situasi geopolitik dan keamanan yang sangat berbeda di Eropa dibandingkan dengan Presiden petahana Niinistö setelah pemilu tahun 2018.

Setelah meninggalkan ketidaksejajaran militer selama puluhan tahun setelah invasi Rusia ke Ukraina, Finlandia menjadi anggota NATO ke-31 pada bulan April, yang membuat Presiden Rusia Vladimir Putin kesal karena negara ini berbagi perbatasan sepanjang 1.340 kilometer (832 mil) dengan Negara Utara.

Keanggotaan NATO, yang menjadikan Finlandia sebagai negara garis depan aliansi militer Barat berhadapan dengan Rusia, dan perang yang berkecamuk di Ukraina, yang terletak hanya 1.000 kilometer (600 mil) dari perbatasan Finlandia, telah memperkuat posisi presiden sebagai pemimpin kebijakan keamanan.

Sebagai Menteri Luar Negeri, Haavisto menandatangani perjanjian aksesi NATO yang bersejarah bagi Finlandia tahun lalu dan memainkan peran penting dalam proses keanggotaan bersama Niinistö dan mantan Perdana Menteri Sanna Marin.

Swedia, tetangga barat Finlandia, akan bergabung dengan NATO dalam waktu dekat, dan Hongaria, benteng terakhirnya, diperkirakan akan meratifikasi permintaan Stockholm pada akhir Februari.

READ  Biden sedang mempertimbangkan pelonggaran sanksi terhadap Venezuela untuk mengisolasi Rusia dan meningkatkan produksi minyak