Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Presiden Tiongkok Xi Jinping menawarkan untuk “membuka cakrawala baru” bagi Prancis beberapa hari setelah kunjungan Macron ke India

Presiden Tiongkok Xi Jinping menawarkan untuk “membuka cakrawala baru” bagi Prancis beberapa hari setelah kunjungan Macron ke India

Xi mengatakan Tiongkok sangat mementingkan pengembangan hubungan bilateral (arsip)

Beijing:

Presiden Tiongkok Xi Jinping menawarkan “membuka cakrawala baru” guna meningkatkan hubungan Tiongkok-Prancis, beberapa hari setelah kunjungan tingkat tinggi Presiden Prancis Emmanuel Macron ke India di mana kedua negara meluncurkan peta jalan pertahanan yang ambisius serta mengintensifkan kerja sama pertahanan. Samudera Hindia yang strategis dan kawasan Indo-Pasifik.

Kunjungan Macron ke India juga bertepatan dengan peringatan 60 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Prancis.

Dalam pesannya pada kesempatan tersebut, Xi mengatakan, “Ketika dunia saat ini sekali lagi berada di persimpangan jalan yang kritis, Tiongkok dan Prancis harus bersama-sama membentuk jalur perdamaian, keamanan, kemakmuran, dan kemajuan bagi pembangunan manusia.”

Xi mengatakan Tiongkok sangat mementingkan pengembangan hubungan bilateral, dan ia bersedia bekerja sama dengan Macron untuk memanfaatkan peringatan 60 tahun pembentukan hubungan diplomatik sebagai “kesempatan untuk menjunjung tinggi prinsip-prinsip dasar, membuka cakrawala baru, dan membangun pencapaian masa lalu. dan membuka masa depan baru.” masa depan, dan menjadikan kemitraan strategis komprehensif antara Tiongkok dan Perancis lebih solid dan dinamis.”

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengatakan bahwa Tiongkok telah menawarkan untuk meningkatkan impor Perancis ke negaranya.

“Kami akan terus memenuhi permintaan pasar konsumen dan investasi, dan terus memperluas impor produk dan layanan berkualitas tinggi dari Perancis,” katanya, seraya mengungkapkan harapannya bahwa Perancis juga akan memberikan bisnis yang adil, adil, dan dapat diprediksi kepada perusahaan-perusahaan Tiongkok. lingkungan.

Tiongkok memberikan prioritas pada hubungan dengan Prancis, seiring Macron mendorong Eropa menjadi blok ketiga, dan menjadi kekuatan penyeimbang antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Memuji hubungan Tiongkok-Prancis, media pemerintah Tiongkok menyerukan penguatan kerja sama di bidang teknologi tinggi.

READ  Truss Inggris menolak untuk mengesampingkan pemotongan kesejahteraan untuk mendanai rencana ekonomi

“Kerja sama ilmu pengetahuan dan teknologi antara Perancis dan Tiongkok telah menjadi landasan hubungan mereka. Mulai dari industri kedirgantaraan dan nuklir hingga energi terbarukan, kedua negara telah membuat kemajuan besar dalam penelitian dan pengembangan bersama,” kata surat kabar milik pemerintah China Daily dalam sebuah pernyataan. sebuah editorial. .

Presiden Macron adalah pemimpin keenam dari Perancis yang menjadi tamu utama pada perayaan Hari Republik India ke-75 di New Delhi pada 26 Januari.

Beijing dengan hati-hati mengawasi kunjungan Macron ke India, dengan Paris muncul sebagai mitra pertahanan utama bagi New Delhi di tengah upaya Amerika Serikat dan Uni Eropa untuk mendekati India sebagai penyeimbang dalam menghadapi Tiongkok.

Setelah pembicaraan Macron dengan Perdana Menteri Narendra Modi, kedua negara meluncurkan peta jalan industri pertahanan yang ambisius untuk bersama-sama mengembangkan peralatan militer yang penting serta meningkatkan kerja sama di kawasan Indo-Pasifik, yang merupakan bidang utama yang menjadi perhatian Tiongkok.

“Kemitraan pertahanan dan keamanan telah menjadi landasan kemitraan Indo-Prancis di kawasan Indo-Pasifik, yang mencakup serangkaian inisiatif bilateral, multinasional, regional, dan kelembagaan yang komprehensif, khususnya di kawasan Samudera Hindia,” pernyataan bersama tersebut dikeluarkan. setelah kunjungan Macron berkata. Kunjungan ke India.

Pernyataan itu menambahkan bahwa mereka “juga sepakat untuk mengintensifkan kerja sama mereka di barat daya Samudera Hindia, berdasarkan misi pengawasan bersama yang dilakukan dari pulau Reunion Prancis pada tahun 2020 dan 2022.”

Intensifikasi kerja sama antara India dan Perancis di Samudera Hindia mengkhawatirkan Tiongkok ketika negara itu mencoba memasuki wilayah belakang India.

Amerika Serikat, India, dan banyak negara global lainnya sedang mendiskusikan perlunya memastikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan sejahtera di tengah meningkatnya manuver militer Tiongkok di kawasan yang kaya sumber daya tersebut.

READ  Pemimpin Partai Konservatif Inggris Truss diperkirakan akan ditunjuk sebagai perdana menteri baru

(Kecuali judulnya, cerita ini belum diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)