Juni 21, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Filipina: Gunung berapi Gunung Canlaon meletus, mengirimkan kolom abu sepanjang tiga mil ke langit

Filipina: Gunung berapi Gunung Canlaon meletus, mengirimkan kolom abu sepanjang tiga mil ke langit

Atas izin Doulette Demaflis/Handout/AFP/Getty Images

Gunung berapi Gunung Kanlaon memuntahkan kolom abu besar saat meletus seperti yang terlihat dari kota La Castellana, provinsi Negros Occidental, Filipina pada 3 Juni 2024.



CNN

Ratusan penduduk yang tinggal di dekat Gunung Kanlaon di Filipina diperintahkan untuk mengungsi pada hari Selasa setelah gunung berapi tersebut meletus, mengirimkan kolom abu sepanjang tiga mil (lima kilometer) ke langit dan menyebabkan puluhan penerbangan dibatalkan.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) Dia berkata Gunung berapi Gunung Kanlaon meletus selama enam menit pada Senin malam, menyebabkan “gempa bumi kuat”, sementara badan tersebut memperingatkan bahwa abu yang jatuh dan bau belerang akan mempengaruhi desa-desa sekitarnya.

Tercatat 43 gempa vulkanik terjadi dalam 24 jam hingga tengah malam pada Senin. Menurut ringkasan gunung berapi badan tersebut.

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan awan abu membumbung ke langit malam berbintang. Gambar lainnya menunjukkan selimut abu tebal menutupi desa-desa sekitar.

Lebih dari 60 penerbangan dari tiga maskapai penerbangan lokal dibatalkan dalam semalam, sehingga berdampak pada lebih dari 5.000 penumpang, menurut data perusahaan. Otoritas Penerbangan Sipil Filipina.

Bandara Bacolod-Silay kembali beroperasi pada pukul 11 ​​​​pagi pada hari Selasa tetapi penumpang diperkirakan akan menghadapi penundaan.

Sejak tingkat peringatan gunung berapi dinaikkan menjadi 2 dari 5 pada Selasa pagi, pejabat pemerintah setempat telah memerintahkan evakuasi wajib bagi semua penduduk yang tinggal dalam radius 3 km (1,8 mil) dari gunung berapi.

“Pergi ke pusat evakuasi Anda, waspada, dan persiapkan hal-hal penting seperti air dan makanan,” Jose Chubasco Cardenas, Wali Kota Canlaon City di provinsi Negros Oriental, mengatakan dalam sebuah video di Facebook.

READ  Iran mengatakan jurnalis didakwa setelah BBC melaporkan pembunuhan pengunjuk rasa

Gunung Canlaon terletak di Negros, pulau terpadat keempat di nusantara, dan merupakan salah satu dari 24 gunung berapi aktif secara seismik di negara tersebut.

Ini mencakup dua provinsi dan terletak di titik tertinggi di pulau itu pada ketinggian 8.086 kaki (2.465 m) di atas permukaan laut.

Filipina terletak di sepanjang Cincin Apigaris patahan seismik sepanjang 25.000 mil (40.000 km) di sekitar Samudera Pasifik yang menampung lebih dari separuh gunung berapi di dunia.