Juli 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Federal Reserve AS memperkirakan akan melakukan satu kali penurunan suku bunga tahun ini

Federal Reserve AS memperkirakan akan melakukan satu kali penurunan suku bunga tahun ini

  • pengarang, Charlotte Edwards
  • Peran, Koresponden Bisnis BBC

Federal Reserve AS telah mengindikasikan bahwa mereka akan memangkas suku bunga utamanya hanya sekali pada tahun ini meskipun terjadi penurunan inflasi.

Pada bulan Maret lalu, bank sentral diperkirakan akan memangkas biaya pinjaman sebanyak tiga kali pada akhir tahun 2024.

Namun, pada hari Rabu, perkiraan baru dari pejabat Federal Reserve yang membuat keputusan mengenai suku bunga menunjukkan adanya satu pemotongan.

Perkiraan baru ini muncul setelah Federal Reserve memilih untuk mempertahankan suku bunga pada level tertinggi dalam 23 tahun saat ini bahkan ketika inflasi menurun.

Inflasi, yang mengukur laju kenaikan harga, melambat menjadi 3,3% pada tahun ini hingga bulan Mei. Bandingkan dengan 3,4% dalam 12 bulan hingga April.

Namun, inflasi tidak berubah antara bulan April dan Mei, dan tetap di atas target The Fed sebesar 2%.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan hanya kemajuan “sederhana” yang dicapai dalam mencapai tujuan tersebut, dan bank sentral perlu melihat “pembacaan inflasi yang baik” sebelum suku bunga dapat diturunkan.

Suku bunga AS dipertahankan pada 5,25%-5,5%.

“Kami mendapat kabar baik dalam hal peningkatan angka inflasi,” Anastasia Fedek, profesor keuangan di Haas Business School di Universitas California Berkeley, mengatakan kepada program Today BBC.

“Tetapi The Fed masih sangat dovish, jadi ini menandakan bahwa di masa depan mereka akan melakukan satu kali, kemungkinan besar, penurunan suku bunga dan bukan penurunan yang terlalu besar pada saat itu.”

Ian Shepherdson, kepala ekonom di perusahaan makroekonomi Pantheon, mengatakan bahwa memangkas ekspektasi penurunan suku bunga dari tiga kali menjadi satu kali pada tahun ini adalah tindakan yang “tidak terlalu agresif.”

Sementara ekonom di Wells Fargo mengatakan akan terjadi “hampir” antara melakukan satu atau dua pemotongan pada tahun 2024.

Para pejabat di Federal Reserve AS berbeda pendapat mengenai berapa banyak penurunan suku bunga yang mereka perkirakan tahun ini. Dari 19 pembuat kebijakan yang memberikan perkiraan mereka, empat memperkirakan tidak ada pemotongan, tujuh memperkirakan satu pemotongan, dan delapan memperkirakan akan ada dua pemotongan.

Perkiraan Federal Reserve AS mengindikasikan pemangkasan tunggal menjadi 5%-5,25%.

Powell mengakui penurunan volume tersebut tidak akan berdampak signifikan terhadap perekonomian Amerika.

Namun dia mengatakan bahwa ketika pemotongan tersebut akhirnya dilakukan, itu akan menjadi “keputusan penting bagi perekonomian” dan “kami ingin mengambil keputusan yang tepat.”

Meskipun inflasi sedikit menurun, pasar tenaga kerja di Amerika Serikat tetap kuat. Data terbaru menunjukkan bahwa pemberi kerja di AS menambah 272.000 pekerjaan pada bulan Mei – jauh lebih tinggi dari perkiraan 185.000 pekerjaan.

“The Fed mencoba bereaksi terhadap data tersebut namun tidak bereaksi berlebihan terhadap data tersebut,” kata Fedek.

Beberapa negara besar lainnya memangkas suku bunga, termasuk Bank Sentral Eropa dan Bank Kanada.

Namun Amerika Serikat – dan Inggris – belum mengambil langkah serupa. Bank of England dijadwalkan bertemu minggu depan dan diperkirakan akan mempertahankan suku bunga sebesar 5,25%, level tertinggi dalam 16 tahun.

Namun, beberapa elemen inflasi masih tetap tinggi. Sementara itu, pertumbuhan upah rata-rata di Inggris masih kuat dibandingkan dengan inflasi.

Awal pekan ini, Ruth Gregory, wakil kepala ekonom Inggris di Capital Economics, mengatakan: “Secara keseluruhan, pertumbuhan upah yang datar mungkin tidak menghalangi Bank untuk memotong suku bunga untuk pertama kalinya pada bulan Agustus, seperti yang kami perkirakan, selama indikator-indikator lain seperti … Penyelesaian upah dan rilis IHK minggu depan menunjukkan kemajuan yang baik.”