Juni 20, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Erdogan mengatakan bahwa pengadilan akan memperbaiki kesalahan apa pun setelah keputusan walikota Istanbul

Erdogan mengatakan bahwa pengadilan akan memperbaiki kesalahan apa pun setelah keputusan walikota Istanbul

ISTANBUL (Reuters) – Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan pada Sabtu bahwa pengadilan akan memperbaiki kesalahan dalam prosedur banding setelah pemenjaraan walikota oposisi di Istanbul, dan sementara itu Turki tidak memiliki hak untuk mengabaikan keputusan hukum.

Dalam komentar langsung pertamanya pada hari Rabu tentang keyakinan Ekrem Imamoglu – calon saingan Erdogan yang dijatuhi hukuman dua tahun tujuh bulan penjara dan dilarang secara politik – Erdogan mengatakan dia tidak peduli siapa kandidat oposisi dalam pemilihan tahun depan.

Imamoglu diadili karena menghina pejabat publik pada tahun 2019, ketika dia mengkritik keputusan untuk membatalkan putaran pertama pemilihan kota yang dia menangkan melawan pemerintahan Partai Keadilan dan Pembangunan Erdogan saat ini.

“Masih belum ada keputusan final dari pengadilan. Kasus ini akan dibawa ke Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Kasasi,” kata Erdogan. “Jika pengadilan membuat kesalahan, itu akan diperbaiki. Mereka mencoba menyeret kita ke dalam permainan ini.”

Keyakinan Imamoglu telah mengumpulkan blok oposisi di sekitar apa yang dilihatnya sebagai perjuangan untuk demokrasi, supremasi hukum dan keadilan. Ribuan orang berkumpul untuk aksi unjuk rasa yang dipimpin oleh Imamoglu, yang mengatakan dia berencana untuk mengajukan banding atas hukumannya.

“Banyak putusan pengadilan telah dikeluarkan yang kami kritik keras terhadap diri kami sendiri, tetapi ini tidak memberi siapa pun hak untuk menghina hakim atau mengabaikan putusan pengadilan,” kata Erdogan pada rapat umum di Mardin, Turki tenggara.

Para kritikus mengatakan bahwa peradilan Turki ditentukan oleh keinginan Erdogan untuk menghukum para pengkritiknya. Pemerintah mengatakan mereka independen.

(Laporan oleh Azra Ceylon). Ditulis oleh Jonathan Spicer. Diedit oleh John Stonestreet dan David Holmes

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

READ  Polisi Jerman memulihkan sebagian besar rampasan dari pencurian berlian senilai $120 juta di Dresden