Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Eksklusif: Nvidia menunda pengadaan chip AI baru yang berfokus pada Tiongkok

Eksklusif: Nvidia menunda pengadaan chip AI baru yang berfokus pada Tiongkok

Ponsel cerdas berlogo NVIDIA ditempatkan pada motherboard komputer dalam ilustrasi yang diambil pada 6 Maret 2023. REUTERS/Dado Rovik/Illustration/File Photo Memperoleh hak lisensi

SINGAPURA/BEIJING (Reuters) – NVDA (NVDA.O) telah memberi tahu pelanggan di Tiongkok bahwa mereka akan menunda peluncuran chip kecerdasan buatan baru yang dirancang untuk mematuhi peraturan ekspor AS hingga kuartal pertama tahun depan, kata dua sumber. Ia mengaku paham dengan permasalahan ini.

Yang terlambat adalah H20, yang paling kuat dari tiga chip yang berfokus pada Tiongkok yang dikembangkan oleh Nvidia untuk mematuhi pembatasan ekspor baru AS, dan dapat mempersulit upayanya untuk mempertahankan pangsa pasar di Tiongkok dibandingkan pesaing lokalnya seperti Huawei (HWT. pertama), kata sumber tersebut.

Raksasa chip AI yang berbasis di California ini diperkirakan akan meluncurkan produk barunya pada awal 16 November, menurut laporan buletin industri chip SemiAnalias bulan ini.

Namun, sumber tersebut mengatakan bahwa peluncuran H20 telah ditunda hingga kuartal pertama tahun depan, dan salah satu dari mereka mengatakan bahwa mereka diberitahu bahwa peluncuran tersebut dapat dilakukan pada bulan Februari atau Maret.

Kedua sumber tersebut menolak mengungkap identitasnya karena informasi tersebut bersifat rahasia. Nvidia menolak berkomentar.

Sumber tersebut mengatakan mereka diberitahu bahwa H20 telah ditunda karena masalah yang dihadapi produsen server dalam mengintegrasikan chip tersebut.

Selain H20, Nvidia merencanakan dua chipset lagi untuk mematuhi aturan ekspor baru AS – L20 dan L2. L20 tidak mengalami penundaan dan akan diluncurkan sesuai jadwal aslinya, kata sumber tersebut. Mereka tidak dapat berbagi informasi tentang status L2.

Nvidia bertaruh pada chip tersebut untuk membantunya mempertahankan pangsa pasar di Tiongkok setelah dilarang mengirimkan produk termasuk chip AI A800 dan H800 yang canggih di bawah peraturan ekspor yang diperketat di Washington.

READ  Ekonom memperingatkan harga rumah AS akan turun karena permintaan 'digali'

A800 dan H800 diperkenalkan sebagai pengganti bagi pelanggan Tiongkok pada November 2022, sekitar sebulan setelah Amerika Serikat pertama kali melarang ekspor microchip dan peralatan canggih ke Tiongkok.

H20, L20, dan L2 mencakup sebagian besar fitur terbaru Nvidia untuk pekerjaan AI, tetapi beberapa metrik daya komputasi mereka telah diperkecil untuk mematuhi peraturan AS yang baru, menurut analisis SemiAnasis terhadap spesifikasi chip.

Pembatasan ekspor AS telah menciptakan peluang bagi pesaing seperti Huawei untuk memenangkan pesanan yang seharusnya diberikan kepada Nvidia, yang unit pemrosesan grafisnya mendominasi pasar AI.

Raksasa internet Tiongkok Baidu (9888.HK) melakukan pemesanan besar untuk chip AI Huawei tahun ini, Reuters melaporkan bulan ini, mengutip sumber. Salah satu sumber mengatakan Baidu melakukan ini sebelum pembatasan AS diumumkan karena mereka bersiap menghadapi masa depan ketika mereka tidak dapat membeli dari Nvidia.

(Laporan oleh Fanny Botkin di Singapura, Yelin Mu di Beijing dan Brenda Goh di Shanghai – Disiapkan oleh Muhammad untuk Buletin Bahasa Arab) Penyuntingan oleh Jamie Freed

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru