Mei 24, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Dolar AS Merosot Jelang Pidato Powell, Bitcoin Melanjutkan Reli

Dolar AS Merosot Jelang Pidato Powell, Bitcoin Melanjutkan Reli

Ditulis oleh Samuel Indyk dan Brigid Riley

LONDON (Reuters) – Dolar AS sedikit melemah pada hari Rabu, karena para pedagang tetap tenang menjelang fase pertama kesaksian Ketua Federal Reserve Jerome Powell kepada Kongres dan pengumuman kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) pada hari Kamis.

Sementara itu, Bitcoin kembali menguat, meski masih berada di bawah rekor tertinggi yang dicapai sehari sebelumnya.

Tidak adanya katalis utama membuat dolar terus melemah, setelah melemah pada hari Selasa setelah data menunjukkan perlambatan pertumbuhan industri jasa AS bulan lalu.

Para pedagang sekarang menunggu hari pertama kesaksian Ketua Fed Powell di hadapan Kongres mengenai keadaan ekonomi AS, di mana ia diperkirakan akan mengonfirmasi bahwa The Fed akan menunggu lebih banyak data sebelum melakukan penurunan suku bunga.

“Saya pikir hal ini akan mencerminkan komentar sebelumnya bahwa hal tersebut didorong oleh data dan bahwa mereka mungkin akan memangkas suku bunga pada pertemuan mendatang tanpa menentukan pertemuan spesifiknya,” kata Stefan Melin, kepala strategi valas di Danske Bank.

Melin menambahkan: “Kami percaya bahwa akan ada siklus pelonggaran yang tersinkronisasi, yang berarti kesenjangan suku bunga antara Eropa dan Amerika Serikat akan terus berlanjut. Dari sudut pandang kami, ini positif bagi dolar.”

Pasar memperkirakan pelonggaran sekitar 90 basis poin dari Federal Reserve dan Bank Sentral Eropa tahun ini, dan keduanya diperkirakan akan mulai menurunkan suku bunga pada bulan Juni.

Terhadap dolar, euro naik sekitar 0,2 persen menjadi $1,0873, dan para pedagang juga menunggu keputusan Bank Sentral Eropa mengenai tingkat suku bunga pada Kamis nanti.

Bank sentral diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pada rekor 4%, dengan fokus pada bukti kapan pemotongan akan dimulai.

READ  Citibank memenangkan kasus setelah memecat karyawannya karena berbohong tentang biaya makan siang untuk dua sandwich

“Kami yakin mereka akan mengulangi pesan mereka lagi, dan besok tidak akan mengubah prospeknya,” kata Melin dari Danske Bank.

“ECB berada di jalur yang tepat untuk melonggarkan kebijakan moneter pada bulan Juni.”

Yen sedikit menguat di tengah laporan bahwa beberapa anggota dewan Bank of Japan percaya bahwa akan tepat untuk menaikkan suku bunga dari wilayah negatif pada pertemuan bulan Maret. Dolar turun dalam perdagangan baru-baru ini sebesar 0,2 persen menjadi 149,75 yen.

Sebagian besar analis memperkirakan Bank of Japan akan menghentikan suku bunga negatif pada pertemuan bulan April jika negosiasi upah musim semi di Jepang menghasilkan kenaikan upah yang kuat.

Pound Inggris naik menjadi $1,2723 menjelang pengumuman anggaran Inggris pada hari Rabu, dengan laporan pada hari Selasa menunjukkan kemungkinan adanya pemotongan pada Asuransi Nasional, namun dengan pasar masih terpengaruh oleh pemotongan pajak anggaran kecil September 2022 yang tidak didanai, ruang untuk bermanuver tetap kecil. .

“Meskipun pound nyaris tidak menanggapi rumor kemarin, hal ini bisa berubah jika ada pemotongan pajak yang signifikan,” kata Michael Pfister, analis pasar valuta asing di Commerzbank.

“Dengan kondisi keuangan negara yang sudah menipis, pasar mungkin sekali lagi bertanya-tanya apakah ini merupakan hal yang terlalu bagus.”

Dolar Australia mengabaikan data PDB yang menunjukkan perekonomian hanya tumbuh sebesar 0,2% pada kuartal keempat, sehingga memperkuat pembenaran untuk memangkas suku bunga. Mata uang ini naik dalam transaksi terakhir sebesar 0,3% menjadi $0,6524.

Hal ini menyebabkan indeks dolar, yang mengukur mata uang terhadap enam mata uang lainnya, turun sekitar 0,1% menjadi 103,63.

Pasar juga mencermati mata uang kripto terbesar di dunia, Bitcoin, setelah naik ke rekor tertinggi pada hari Selasa sebelum turun tajam.

READ  Trump Media jatuh karena perdagangan yang bergejolak yang membuat nilai pasar perusahaan media sosial itu turun di bawah $5 miliar

Harganya naik dalam perdagangan baru-baru ini sebesar 5,7% menjadi $66.975. Bitcoin telah meningkat pesat sejak bulan Oktober, karena investor menggelontorkan uang ke produk mata uang kripto yang diperdagangkan di bursa AS dan prospek suku bunga global yang lebih rendah, mencapai titik tertinggi sepanjang masa di $69,202 pada hari Selasa.

Ethereum, mata uang kripto terbesar kedua, melonjak 10% ke level tertinggi sejak Desember 2021 di $3,896.10.

(Laporan oleh Samuel Indyk dan Brigid Riley; Penyuntingan oleh Shri Navaratnam, Lincoln Feast, Sharon Singleton dan Emilia Sithole-Matarise)