Juli 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Dia mengatakan kepada pengadilan bahwa Pangeran William menyelesaikan gugatan peretasan telepon secara pribadi

Dia mengatakan kepada pengadilan bahwa Pangeran William menyelesaikan gugatan peretasan telepon secara pribadi
  • Ditulis oleh Dominic Casciani dan Emma Harrison
  • Rumah dan reporter hukum

Surat-surat pengadilan mengatakan Pangeran William dibayar “dalam jumlah yang sangat besar” oleh pemilik surat kabar The Sun untuk menyelesaikan tuduhan peretasan telepon yang bersejarah.

Pembayaran itu terungkap pada tahun 2020 di surat kabar dari pengacara Pangeran Harry sebagai bagian dari tindakan hukumnya terhadap surat kabar Grup Berita di Pengadilan Tinggi.

Duke of Sussex menggugat penerbit atas dugaan pengumpulan informasi ilegal.

Tapi NGN mengatakan sudah kehabisan waktu untuk mengajukan klaim.

Dokumen-dokumen itu tidak mengungkapkan berapa banyak yang dibayar Pangeran William, juga tidak memuat rincian tentangnya. Seorang juru bicara Pangeran Wales mengatakan mereka tidak akan mengomentari proses hukum yang sedang berlangsung.

perjanjian kerahasiaan

Menurut pernyataan saksi Pangeran Harry, pemilik surat kabar mengadakan “perjanjian kerahasiaan” dengan pejabat di Istana Buckingham untuk menolak tuntutan hukum dari anggota keluarga kerajaan.

Pengacara mengatakan dugaan kesepakatan ini, yang detailnya tidak diungkapkan di pengadilan, menunda Pangeran Harry untuk membawa kasusnya.

Sang pangeran mengatakan dia pertama kali mengetahui dugaan kesepakatan itu sekitar tahun 2012.

Pada saat itu, dia mengetahui bahwa staf kerajaan telah memulai tindakan hukum untuk meretas telepon – dan diyakini bahwa dia dan saudara laki-lakinya juga menjadi sasaran.

Ketika saudara-saudara berkonsultasi dengan pejabat atau kepala pengacara keluarga kerajaan, dia mengatakan mereka diberitahu bahwa mereka tidak dapat memulai proses hukum mereka.

“Alasannya adalah untuk menghindari situasi di mana anggota keluarga kerajaan harus duduk di kotak saksi dan menceritakan detail spesifik dari pesan suara yang sangat pribadi dan sensitif yang disadap.”

Pangeran Harry mengatakan para abdi dalem “sangat gugup” karena mengulangi pengungkapan yang merusak dari panggilan telepon intim antara ayahnya dan Camilla, Ratu Ratu, yang dicegat dan dipublikasikan pada saat Raja Charles masih menikah dengan Diana.

Jelas bahwa perjanjian ini, termasuk janji yang dibuat oleh NGN tentang penundaan resolusi, merupakan faktor utama mengapa tidak ada klaim yang dibuat saat itu,” kata Pangeran Harry.

NGN menyangkal adanya kesepakatan apapun.

Kasus tersebut adalah salah satu dari tiga kasus besar yang diajukan Duke of Sussex terhadap tabloid, semuanya menuduh pengumpulan informasi ilegal. Kasus lain menyangkut grup Daily Mirror dan Daily Mail.

Bukti yang digali sejak persidangan kriminal – terkait dengan peretasan telepon News of the World yang sekarang ditutup – diduga membuktikan bahwa dia menjadi sasaran serial oleh perusahaan saudaranya, The Sun.

Pangeran Harry telah menuduh jurnalis dan penyelidik swasta mendapatkan informasi pribadi dan rahasia sejak dia berusia 11 atau 12 tahun – termasuk detail kehidupan dan pergerakan pribadinya.

Pemilik The Sun mengatakan klaim ganti rugi Duke of Sussex harus dibatalkan karena waktu telah habis – dan mengajukan permohonan agar kasus Pangeran Harry dihentikan.

Jika mereka berhasil dalam aplikasi mereka, itu bisa mencegah klaim kerusakan profil tinggi dari aktor Hugh Grant.

Pengacara Grant juga menentang upaya surat kabar tersebut untuk menutup kasus tersebut selama sidang tiga hari minggu ini.