Mei 19, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

CONCACAF meluncurkan CONCACAF Champions Cup sebagai turnamen klub pria kontinental yang baru

CONCACAF meluncurkan CONCACAF Champions Cup sebagai turnamen klub pria kontinental yang baru
  • Piala Champions CONCACAF akan menggantikan Liga Champions UEFA mulai tahun 2024
  • Turnamen kontinental baru yang diperluas akan mencakup 27 klub dan 51 pertandingan
  • Champion akan mendapatkan $5 juta+ dari Concacaf dalam bentuk hadiah uang dan distribusi

Miami, FL (Selasa, 6 Juni 2023) – Pada bulan September 2021, CONCACAF meluncurkan struktur yang sama sekali baru untuk kompetisi klub pria dan sekarang dapat mengonfirmasi bahwa itu akan mencakup turnamen klub pria tahunan yang sepenuhnya berganti nama dan berganti nama: Piala Champions CONCACAF.

Dimulai dengan edisi 2024, Piala Champions CONCACAF akan menggantikan Liga Champions UEFA sebagai turnamen pria kontinental utama, menobatkan juara regional klub dan membuka jalan menuju kualifikasi untuk Piala Dunia Klub FIFA yang baru dan diperluas.

Nama “CONCACAF Champions Cup”, yang merupakan bagian dari branding lengkap dengan identitas visual yang hidup dan modern, terinspirasi dari kekayaan sejarah turnamen ini. Inti dari merek ini adalah “pertempuran epik untuk kehebatan”, yang melambangkan betapa sulitnya kompetisi ini untuk lolos, bersaing, dan memenangkan Kejuaraan Klub CONCACAF. Sejak tahun 1962, ketika edisi pertama turnamen ini dibentuk, 30 klub berbeda telah memenangkan gelar ini, menyoroti jangkauan kompetisi dan keragaman juara yang kami miliki di CONCACAF.

Kompetisi klub benua asli CONCACAF memiliki nama yang sama dan melalui warisan 61 tahun (1962-2008: Piala Champions CONCACAF; Liga Champions CONCACAF 2008-2023; 2024 dan seterusnya: Piala Champions CONCACAF), ada 30 pemenang berbeda dalam kompetisi ini. turnamen, Dari Klub Lyon Minggu lalu, sekali lagi menembus daftar klub papan atas dari Amerika Tengah, Amerika Utara dan Karibia.

Presiden CONCACAF dan Wakil Presiden FIFA Victor Montagliani mengatakan:
“Piala Champions CONCACAF akan membawa sepak bola kontinental di wilayah kami ke level berikutnya. Ini akan meningkatkan standar liga dan klub di seluruh CONCACAF, dan nama baru kompetisi, bersama dengan merek baru yang dinamis ini, memungkinkan kami untuk merayakan kekayaan sejarah kami sambil menantikan masa depan yang cerah untuk sepak bola.” Klub internasional di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia.

READ  The Cardinals kembali melakukan empat home run untuk mengalahkan Braves

“Ekosistem klub CONCACAF yang baru akan memberikan lebih banyak persaingan hebat yang kami tahu ingin dimainkan oleh para pesepakbola dan yang ingin dilihat oleh para penggemar. Klub-klub di seluruh wilayah harus menjadi yang terbaik untuk bersaing memenangkan Piala Champions CONCACAF dan mendapatkan hak untuk mewakili wilayah di Piala Dunia Klub FIFA yang diperbarui dan diperluas, yang dimulai pada tahun 2025.”



Format baru yang diperluas dengan lebih banyak klub yang berpartisipasi dari Amerika Tengah, Karibia, dan Amerika Utara

Seperti yang diumumkan sebelumnya, struktur baru ini juga mencakup tiga kompetisi Piala CONCACAF regional, yang akan membantu lebih jauh pertumbuhan dan peningkatan klub dan liga di CONCACAF.

Ini termasuk Piala Karibia CONCACAF baru yang akan memahkotai juara Karibia, Piala CONCACAF Amerika Tengah baru yang akan menobatkan juara Amerika Tengah, dan Piala Liga yang diperluas antara klub MLS dan Liga MX. Ketiga piala regional akan memiliki tempat langsung untuk kualifikasi ke Piala Champions CONCACAF yang baru.

Klub-klub papan atas di Amerika Utara akan tetap memiliki kesempatan lolos melalui liga domestik (Liga MX, MLS, CPL) dan kompetisi piala (US Open Cup dan Canadian Championship).

Peningkatan signifikan dalam distribusi uang tunai dan hadiah uang

Selain memperluas format kompetisi, mengganti nama dan merek ulang turnamen, CONCACAF akan meningkatkan distribusi dan hadiah uang secara signifikan untuk klub yang berpartisipasi dalam turnamen Piala Champions CONCACAF.

Di setiap edisi, mulai tahun 2024, juara Piala CONCACAF akan menerima bantuan dan hadiah uang sebesar US$5 juta, lebih dari lima kali lebih banyak daripada di era Liga Champions CONCACAF.

READ  USMNT Menarik Jamaika di Pertandingan Piala Emas CONCACAF Pertama: Apa Artinya Bagi Amerika Serikat



Format kompetisi

Piala Champions CONCACAF akan terus dimainkan dalam format kualifikasi sistem gugur langsung, dan akan terdiri dari lima babak: Babak 1, Babak 16, Perempatfinal, Semifinal, dan Final.

Masing-masing dari empat tahap pertama akan melibatkan pertandingan kandang dan tandang, sedangkan final, di mana juara regional akan dimahkotai, akan dimainkan sebagai pertandingan tunggal pada akhir pekan.

Dari 27 klub yang akan berpartisipasi, 22 akan mulai bermain di babak pertama dan lima di antaranya akan mendapat bye ke babak 16 besar. Proses kualifikasi klub akan dirinci untuk masing-masing wilayah (detail lebih lanjut tersedia dalam video di bawah ini) ).

Sekretaris Jenderal CONCACAF Philippe Mogyu menambahkan:
“Kami sangat gembira dengan ekosistem baru ini dan untuk edisi perdana Piala Champions CONCACAF yang baru dan diperluas tahun depan. Saat mempertimbangkan opsi nama turnamen, kami melakukan penelitian yang signifikan di antara para pemangku kepentingan, termasuk dengan penggemar. Mempertahankan kata ‘juara’ adalah terpenting Bagi kami untuk menyoroti bahwa turnamen ini berada di puncak hierarki klub CONCACAF, dan kami juga merasa bahwa menjauh dari ‘Liga Champions’ memungkinkan kami mengembangkan identitas unik untuk kompetisi klub kami. Dengan kembali ke nama turnamen asli, kami akan memiliki kesempatan untuk menghubungkan 61 tahun terakhir sepak bola kontinental. Di CONCACAF, apa yang akan terjadi di masa depan.”