Maret 4, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

CEO McDonald's mengatakan mereka melihat “dampak bisnis yang menguntungkan” di Timur Tengah

CEO McDonald's mengatakan mereka melihat “dampak bisnis yang menguntungkan” di Timur Tengah


New York
CNN

McDonald's mengatakan mereka melihat “dampak bisnis yang berarti” di Timur Tengah akibat perang antara Israel dan Hamas, dan bergabung dengan Starbucks dalam mengeluarkan pernyataan publik yang mencoba menghilangkan kesalahpahaman dan boikot yang mempengaruhi merek tersebut.

Dalam pesan yang diposting di LinkedInCEO McDonald's Chris Kempczinski mengatakan bahwa “banyak pasar” di Timur Tengah “melihat dampak nyata terhadap bisnis akibat perang dan informasi yang salah” yang mempengaruhi rantai makanan cepat saji AS. Dia menambahkan: “Ini membuat frustrasi dan tidak berdasar.”

Kempczinski tidak memberikan rincian, termasuk berapa banyak penjualan yang terkena dampak negatif. Namun demikian “Di setiap negara tempat kami beroperasi, termasuk negara-negara Muslim, McDonald's bangga diwakili oleh pemilik lokal yang bekerja tanpa kenal lelah untuk melayani dan mendukung komunitas mereka sambil mempekerjakan ribuan warganya.”

Komentarnya muncul hanya beberapa bulan setelah McDonald's di Israel menawarkan diskon kepada tentara, pasukan keamanan dan pihak lain sejak serangan 7 Oktober oleh aktivis Hamas di Israel.

Banyak operator McDonald's di wilayah tersebut dengan cepat menjauhkan diri dari tindakan operator Israel tersebut. Kelompok konsesi di Kuwait, Pakistan dan negara-negara lain mengeluarkan pernyataan yang mengatakan mereka tidak berbagi kepemilikan dengan konsesi Israel. Beberapa dari pemegang konsesi ini mengindikasikan bahwa mereka memberikan sumbangan keuangan untuk membantu warga Gaza.

Perdebatan berkisar pada model waralaba McDonald's, di mana restoran yang dimiliki dan dioperasikan secara independen membuat keputusan terpisah dari perusahaan. Pelanggan mungkin tidak menyadari perbedaannya dan percaya bahwa tindakan yang diambil di satu lokasi selalu disetujui secara resmi oleh McDonald's Corporation atau mencerminkan posisi lokasi lain.

Sebagian besar lokasi McDonald's dikelola oleh operator waralaba lokal. Operator-operator ini beroperasi dalam berbagai cara sebagai perusahaan independen: mereka menetapkan upah dan harga, dan jika dirasa tepat, mereka membuat pernyataan atau menyumbang sesuai kebijaksanaan mereka. Pendekatan ini telah membantu menjadikan McDonald's sebagai fenomena global. Dengan lebih dari 40.000 lokasi di seluruh dunia, termasuk hampir 27.000 di luar AS, pada tahun 2022. Namun hal ini berarti bahwa perusahaan tidak dapat mendikte bagaimana masing-masing operator merespons suatu krisis, baik atau buruk.

READ  Delegasi Hamas tiba di Moskow untuk melakukan pembicaraan - Kementerian Luar Negeri

McDonald's diperkirakan akan melaporkan pendapatannya akhir bulan ini, ketika perusahaan tersebut dapat mengungkapkan lebih banyak tentang masalah yang disebutkan oleh Kempczinski.

Pada bulan Desember 2023, Starbucks melontarkan komentar tentang orang-orang yang memprotes perusahaan tersebut dan mengganggu tokonya karena perang antara Israel dan Hamas.

“Kami melihat para pengunjuk rasa terpengaruh oleh representasi keliru di media sosial tentang apa yang kami perjuangkan,” kata CEO Starbucks Laxman Narasimhan dalam suratnya kepada karyawan dan pelanggan.

“Kota-kota di seluruh dunia – termasuk di sini di Amerika Utara – mengalami peningkatan protes. Banyak toko kami yang mengalami insiden vandalisme. Kami telah bekerja sama dengan pihak berwenang setempat untuk memastikan keselamatan karyawan dan pelanggan kami.”

Danielle Weiner-Brunner dari CNN berkontribusi pada laporan ini.