April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Cara menggunakan kunci sandi alih-alih kata sandi untuk masuk ke akun Google Anda

Cara menggunakan kunci sandi alih-alih kata sandi untuk masuk ke akun Google Anda

Kata sandi selalu menjadi kejahatan yang diperlukan, membiarkan Anda memilih antara menggunakan kata sandi yang terlalu sederhana (sehingga Anda dapat dengan mudah mengingatnya) atau kata sandi yang cukup tidak jelas untuk aman tetapi cukup rumit sehingga memerlukan pengelola kata sandi.

Hingga saat ini, cara terbaik untuk menjaga keamanan akun Anda adalah dengan membagikan kata sandi dengan autentikasi dua faktor (2FA). Namun sekarang, Google menawarkan opsi lain: gunakan kunci sandi—kredensial aman yang terkait dengan PIN atau autentikasi biometrik yang sudah digunakan perangkat Anda. Kunci sandi hanya ada di perangkat Anda, bukan di cloud, yang membuatnya lebih aman.

Ingin mencobanya? Begini caranya.

Saat ini, Anda dapat membuat kunci sandi di Perangkat apa pun yang kompatibel, termasuk laptop/desktop Windows 10, macOS Ventura (atau lebih baru) yang menjalankan Chrome 109, Safari 16, Edge 109 atau lebih baru. Jika Anda menyiapkan kunci sandi di ponsel atau tablet, ponsel atau tablet harus menjalankan iOS 16 atau Android 9 (atau lebih baru). Anda juga dapat menggunakannya dengan sakelar keamanan perangkat keras apa pun yang mendukung protokol FIDO2.

Anda juga harus mengaktifkan kunci layar, dan jika ingin menggunakan ponsel untuk masuk ke perangkat lain, seperti laptop, Bluetooth juga harus diaktifkan.

Terakhir, jika Anda memiliki akun Google Workspace melalui sekolah atau perusahaan, Anda tidak akan dapat menyiapkan kunci sandi untuk akun tersebut. (Namun, Anda dapat menggunakannya untuk akun Google pribadi apa pun.)

Perangkat Android Anda mungkin didaftarkan secara otomatis untuk mendapatkan kunci sandi.

Anda dapat menghapus perangkat dari daftar kunci sandi Anda – jika kunci sandi tersebut adalah yang Anda buat.

READ  Anda dapat membeli Cadillac V-Series 400 tenaga kuda dengan harga lebih murah dari Honda Accord

Anda hanya dapat menghapus kunci sandi yang telah Anda buat.

Jika kunci sandi dibuat secara otomatis oleh Google, Anda tidak dapat menghapusnya — sebagai gantinya, Anda harus mengeluarkan perangkat itu dari akun.

Ya. Jika mau, Anda dapat kembali menggunakan kata sandi dan 2FA seperti sebelumnya. (Catatan: Kunci sandi akan tetap menjadi bagian dari akun; tidak akan digunakan.)